UNTUK INDONESIA
Vicky Prasetyo Cerita Detik-detik Pertama Masuk Penjara
Kepada Raffi Ahmad, Vicky Prasetyo menceritakan detik-detik pertama saat ia masuk penjara.
Vicky Prasetyo. (Foto: Instagram/vickyprasetyo777)

Jakarta - Artis dan presenter Vicky Prasetyo telah bebas dari Rumah Tahanan (Rutan) Salemba pada 17 September 2020 menyusul pengajuan penangguhan penahanan oleh kuasa hukumnya dikabulkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Kepada Raffi Ahmad, Vicky membeberkan detik-detik pertama saat ia masuk penjara.

Vicky Prasetyo mengatakan, ia sempat menjalani isolasi sebelum benar-benar masuk sebagai tahanan di Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Menurutnya, situasi di tengah pandemi mengharuskan kepada para tahanan baru untuk dikarantina terlebih dulu sebelum disatukan bersama warga binaan lain yang lebih dulu ada di dalam rumah tahanan.

Saat ia tiba di Rutan Salemba, ia di masukkan ke ruang Mapenaling alias masa pengenalan lingkungan, dan dikumpulkan bersama seratus lebih tahanan lain. Meski berada di satu tempat bersama orang banyak, Vicky mengaku tidak berdesak-desakan lantaran ruangan terbilang cukup besar.

"Begitu masuk, pas Maghrib, masuk ke dalam mapenaling, itu dicampur semua, itu kalau enggak salah ada 134 orang. Dalam satu ruangan itu, ya sudah," kata Vicky kepada Raffi Ahmad, dikutip Tagar dari video YouTube Rans Entertainment, Minggu, 20 September 2020.

Masa isolasi, kata Vicky, dijalani oara tahanan baru seperti dirinya dalam waktu 4 hingga 21 hari lamanya. Kebijakan itu dilakukan demi menghindari penularan virus corona (Covid-19) dari luar lingkungan Rutan, kepada para warga binaan yang telah lebih dulu berada di dalam.

"Karena untuk kepentingan kesehatan. Jangan sampai digabungin dulu nih sama warga binaan yang lain sebelum diketahui dia imunnya baik, dia tidak reaktif (corona), dia tidak sakit, dia tidak apa," kata Vicky.

Vicky PrasetyoVicky Prasetyo. (Foto: Instagram/vickyprasetyo777)

Setelah masa isolasi selesai, kata Vicky, tahanan baru seperti dirinya kemudian dipindahkan untuk masuk ke dalam Rumah Tahanan dan digabungkan bersama narapidana lain. Saat itu, ia merasakan kepasrahan yang begitu rupa mengingat harus menjalani penahanan dan menginggalkan anak-anaknya.

"Pas begitu masuk, 'Ya Allah, kembali lagi ke penjara'," kata dia.

Vicky Prasetyo resmi menjadi tahanan Kejaksaan Jakarta Selatan sejak 7 Juli 2020 lalu. Ia ditahan di rumah tahanan (rutan) Salemba, Jakarta Pusat, usai dilaporkan mantan istrinya Angel Lelga atas tuduhan pencemaran nama baik.

Kasus bermula sewaktu Vicky Prasetyo melakukan penggerebekan ke kediaman Angel Lelga pada 19 November 2018 silam. Saat itu, pedangdut yang masih berstatus sebagai istri sahnya, dituding oleh Vicky telah berselingkuh dan melakukan perzinahan dengan seorang pria bernama Fiki Alman.

Tidak terima dengan tuduhan tersebut, Angel Lelga melaporkan balik Vicky Prasetyo ke kepolisian atas tuduhan pencemaran baik dan pengrusakan properti milik orang lain. Laporan dilayangkan pada 21 Desember 2018.

Berita terkait
Dituding Lakukan Pelecehan, Woojin Ambil Jalur Hukum
Woojin eks Stray Kids membantah segala cerita tentang skandal pelecehan seksual yang mengarahkan tuduhan kepadanya.
Widi Mulia Temani Sidang Kasus Narkoba Dwi Sasono
Aktor Dwi Sasono kembali menjalani sidang kedua kasus narkoba secara online dengan ditemani sang istri, Widi Mulia.
Polemik "Anjay", Ivan Lanin: Tak Ada Kata Terlarang
Pengamat Bahasa Indonesia, Ivan Lanin, menilai polemik pelarangan kata Anjay tidak memiliki manfaat dan hanya menjadi ajang buang-buang waktu.
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.