UNTUK INDONESIA
Valverde Waswas Barca Sulit Menang di Laga Tandang
Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mulai waswas karena tim sulit menang saat bermain di laga tandang. Terakhir, Barca kalah 0-2 oleh Granada.
Kapten Barcelona Lionel Messi tampak kecewa setelah mengalami kekalahan 0-2 dari Granada di La Liga Spanyol di Stadion Nuevo Los Carmenes, Minggu 22 September 2019 dini hari WIB. (Foto: marca.com)

Jakarta - Barcelona hanya mampu meraih tujuh poin dari lima pertandingan. Ini jelas pencapaian sangat buruk bagi juara bertahan La Liga Spanyol. Pelatih Ernesto Valverde pun mulai waswas karena Barca sulit menang di laga tandang. 

Kekalahan 0-2 dari tuan rumah Granada di Stadion Nuevo Los Carmenes, Minggu 22 September 2019 dini hari WIB, menjadi pukulan telak bagi Barca. Bagaimana tidak, Granada berstatus tim promosi. Namun Granada melakukan start gemilang di kompetisi. Mereka meraih 10 poin dari lima pertandingan sehingga bisa bertengger di puncak klasemen. 

Sebaliknya, langkah Barca tertatih-tatih. Kekalahan dari Granada menjadikan mereka tertahan di peringkat delapan dengan poin tujuh. 

Bahkan di laga tersebut, gawang Blaugrana sudah kebobolan lewat gol cepat Ramon Azeez. Tak disangka Barca bisa kemasukan saat laga baru berjalan dua menit. Selanjutnya Vadillo mencetak gol dari titik penalti yang memantapkan kemenangan tuan rumah.

Saya mulai cemas karena kami tak bisa meraih hasil bagus di pertandingan tandang. Saat empat pertandingan tandang tak bisa dimenangkan berarti ada yang tidak beres 

Hasil itu kian mengukuhkan bila Barca tak pernah di laga tandang. Dari tiga pertandingan away, mereka dikalahkan Athletic Bilbao 0-1 dan bermain imbang 2-2 melawan Osasuna. Terakhir, Lionel Messi dkk kalah dari Granada. Di Liga Champions, Barca juga hanya imbang 0-0 melawan tuan rumah Borussia Dortmund

Ini merupakan rekor terburuk Barca saat mengawali kompetisi sejak 25 tahun lalu. Pada musim 1994-95, Barca juga hanya mampu meraih tujuh poin. 

Tak heran bila Valverde merasa cemas dan waswas. Barca seolah lupa bagaimana menang di kandang lawan. Tak hanya itu, dirinya juga mengritik kedisiplinan pemain. Valverde membeberkan perilaku beberapa pemain yang selalu datang terlambat saat tim menjalani laga tandang.

"Saya mulai cemas karena kami tak bisa meraih hasil bagus di pertandingan tandang. Saat empat pertandingan tandang tak bisa dimenangkan berarti ada yang tidak beres," kata Valverde. 

"Ada pemain yang selalu datang terlambat saat tandang. Namun kami memang tidak bermain bagus. Kami mampu mendominasi, tetapi kami tak bisa mencetak gol. Kami juga tak punya kesempatan membalikkan keadaan," kata dia lagi. 

Menurut Valverde ini merupakan awal tidak bagus bagi Barca. Dirinya juga menyatakan bertanggung jawab atas kekalahan tersebut. 

"Ini bukan statistik yang bagus bagi kami. Ini tidak seperti apa yang kami lakukan selama beberapa musim terakhir," ujarnya. 

"Terus terang yang menjadi aktor adalah pemain. Tetapi pada akhirnya pelatih yang bertanggung jawab. Kami juga harus melakukan pembenahan agar tim bisa lebih baik di laga berikutnya," ucap Valverde. []

Berita terkait
Barca Kalahkan Valencia, Ansu Kembali Curi Perhatian
Pemain muda Barcelona Ansu Fati kembali menjadi bintang saat mengalahkan Valencia 5-2 di pertandingan La Liga, Minggu 15 September 2019.
Habiskan Rp 4,3 Triliun, Tapi Barca Masih Panggil Fati
Barcelna mengeluarkan dana besar untuk membeli pemain. Namun pelatih Ernesto Valverde malah mengandalkan pemain dari tim yunior, Ansu Fati.
Lionel Messi, 30 Menit Tak Berdampak Bagi Barcelona
Kapten Barcelona Lionel Messi hanya bermain 30 menit saat melawan Borussia Dortmund di Liga Champions. Ini penampilan pertama Messi setelah pulih.
0
Ambisi PSS Sleman Lepaskan Momok Laga Kandang
PSS Sleman ingin lepas momok sulit menang di laga kandang saat menjamu Kalteng Putra di Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Jumat 18 Oktober 2019.