UNTUK INDONESIA
Barca Kalahkan Valencia, Ansu Kembali Curi Perhatian
Pemain muda Barcelona Ansu Fati kembali menjadi bintang saat mengalahkan Valencia 5-2 di pertandingan La Liga, Minggu 15 September 2019.
Pemain muda Barcelona Ansu Fati (kanan) kembali menjadi bintang saat mengalahkan Valencia 5-2 di pertandingan La Liga, Minggu 15 September 2019 dini hari WIB. (Foto: marca.com)

Jakarta - Bintang muda Barcelona Anssumane Fati kembali mencuri perhatian. Dirinya mencetak gol dan membuat assist saat Barca mengalahkan Valencia 5-2 di pertandinganLa Liga Spanyol, Minggu 15 September 2019 dini hari WIB. 

Barca untuk sejenak bisa melupakan Lionel Messi yang masih belum bisa dimainkan. Kini, klub mulai diyakinkan bila Messi sudah pergi sudah ada Ansu yang menggantikan. 

Pada laga sebelumnya melawan Osasuna, Ansu juga mencetak gol. Meski gagal membawa Barca menang karena ditahan 2-2, namun Ansu menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah klub. Dia memecahkan rekor Bojan Krkic. 

Ansu akan mendapat banyak sorotan. Apa yang kami lakukan adalah menjaganya agar kaki dia tetap menginjak tanah. Tugas kami adalah melindungi pemain

Di laga melawan Valencia, Ansu kembali menjadi bintang. Tak heran saat ditarik keluar di babak kedua, pemain Guinea Bissau ini mendapat standing ovation dari suporter. 

Dirinya pun kembali mengungguli Messi. Bila sang kapten butuh 13 pertandingan untuk mencetak dua gol di tahun pertama bersama Barca, sebaliknya Ansu hanya memerlukan tiga gol untuk melakukannya. 

Pemain yang masih berusia 16 ini mencetak gol cepat di pertandingan itu. Ansu membuka kemenangan Barca saat pertandingan baru berjalan dua menit. 

Hanya berselang lima menit, Ansu membuat assist yang dituntaskan gelandang Frenkie de Jong. Ini juga menjadi gol pertama pemain asal Belanda ini. 

Valencia sempat memperkecil ketinggalannya saat Kevin Gameiro mencetak gol menit 27. Skor 2-1 bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak kedua, Barca sudah tak terbendung. Bek Gerard Pique mencetak gol menit 51. Selanjutnya, striker Luis Suarez yang masuk menggantikan Ansu di menit 60 memborong dua gol. Suarez mencetak gol menit 61 dan 82. 

Valencia hanya mampu menambah satu gol saat injury time. Gol kedua Los Che dihasilkan Maximiliano Gomez yang menjadikan skor akhir 5-2 untuk Barca. 

Performa gemilang Ansu membuat dirinya menjadi harapan baru Barca. Namun pelatih Ernesto Valverde tak ingin pemainnya terlena. Dirinya juga tak merencanakan Ansu mendapat tanggung jawab lebih besar dan langsung menjadi tulang punggung tim. 

"Ansu akan mendapat banyak sorotan. Apa yang kami lakukan adalah menjaganya agar kaki dia tetap menginjak tanah. Tugas kami adalah melindungi pemain," kata Valverde. 

Meski demikian, dia mengakui bila performa Ansu memang luar biasa. Sang pemain juga terlihat matang di usianya yang akan 17 tahun pada Oktober mendatang. 

"Tak disangkal bila Ansu pemain yang istimewa. Dia terlihat matang di usianya yang masih muda. Kami menyaksikan penampilan dia (saat melawan Valencia) dan itu juga yang kami saksikan saat latihan," ujarnya. 

"Sungguh tidak normal mencetak gol lewat satu sentuhan dan kemudian membuat assist dengan dua sentuhan. Tetapi anak itu masih terus berkembang," kata Valverde lagi. 

Kemenangan atas Valencia menjadikan Barca naik ke peringkat empat dengan poin tujuh. Terpaut dua poin dari pimpinan klasemen Atletico Madrid yang menelan kekalahan pertama musim ini. Atletico ditaklukkan Real Sociedad 2-0. []

Berita terkait
Barcelona Waswas, Messi Gagal Tampil Lawan Valencia
Barcelona masih belum bisa menurunkan Lionel Messi saat melawan Valencia di La Liga Spanyol, Minggu 15 September 2019 dini hari WIB.
Griezmann Bawa Barcelona Berpesta Tanpa Messi
Striker Antoine Griezmann membawa Barcelona meraih kemenangan 5-2 atas Real Betis di La Liga Spanyol, Senin 26 Agustus 2019 dini hari WIB.
Ansu Fati Pecahkan Rekor Gol, Barca Masih Tersendat
Bintang muda Barcelona Anssumane Fati menjadi pemain termuda klub yang mencetak gol saat menghadapi Osasuna, Sabtu 31 Agustus 2019.
0
Man United Gagal Menang, Lallana Selamatkan Liverpool
Manchester United kembali gagal menang setelah ditahan Liverpool 1-1 di laga Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu 21 Oktober 2019.