UNTUK INDONESIA
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
Sejumlah warganet mengungkit video ceramah lama Ustaz Abdul Somad soal haramnya permainan catur dan domino yang sempat viral di dunia maya.
Ustadz Abdul Somad memberikan keterangan kepada wartawan usai memberikan kajian tausiyah di Gedung KPK, Jakarta, Selasa, 19 November 2019. Ustadz Abdul Somad mengisi tausiyah bertemakan integritas yang menceritakan soal hubungan antara Allah SWT dengan manusia. (Foto: Antara/Reno Esnir)

Jakarta - Nama Ustaz Abdul Somad alias UAS kembali diperbincangkan di jagat media sosial, usai mengisi tausiah bertema integritas di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sejumlah warganet mengungkit video ceramah lama soal haramnya permainan catur dan domino yang sempat viral di dunia maya.

Dalam video ceramah yang diunggah laman YouTube Tausiah Islami tersebut, UAS terlihat membacakan pertanyaan dalam sesi tanya jawab bersama jamaah pengajian.

Salah satu pertanyaan yang muncul adalah mengenai hukum bermain catur dan domino. Abdul Somad mengatakan, bermain catur atau domino merupakan kegiatan mubazir waktu.

"Maaf ustaz, boleh enggak mau main domino, untuk mengisi (waktu) luang, biasanya saat (perayaan) 17 Agustus," kata UAS membacakan pertanyaan dalam selembar kertas.

Sebelum mantap menjawab, Abdul Somad sudah menyangka bahwa rekaman video jawabannya bakal 'berbahaya' di masa yang akan datang.

Tapi pada akhirnya, pendakwah asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara itu tetap menjawab dengan mengutip mazhab Imam Hanafi.

"Ini, rekaman ini berbahaya ini," Kata UAS. "Nah, dalam mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur, alasannya dua, pertama melalaikan salat, yang kedua menghilangkan waktu berhari-hari," kata dia melanjutkan.

Video lama yang diunggah tanggal 26 Juli 2017 itu kembali ramai menjadi perbincangan warganet tidak lama usai UAS mengisi pengajian di gedung KPK pada Selasa, 19 November 2019.

Sejumlah netizen membanjiri kolom komentar unggahan dengan pernyataan menohok soal ucapan Ustaz Abdul Somad. Sebagian lain, memilih tak ambil pusing dengan isi ceramah tersebut.

"Simpel az,,yg haram itu ada diotak kita,, kalau kita lalai gegara main musik main catur main domino atau sebagainya bahkan ngumpul ngumpul bgadang yg membuat lalai sholat subuh itu haram,,,tapi kalo slama ingat ada waktu shalat walau dia main catur main musik ngumpul ngumpul sah sah aja gak ada haramnya koq,,,gitu aza merepot mikirkan," tulis akun Ahmad Rafii.

Sementara sejumlah netizen penghuni media sosial Twitter mengemukakan keberatannya atas pendapat UAS tentang hukum permainan catur dalam Islam.

"Main catur itu HARAM. Begitulah kata orang yg tidak pernah belajar ttg strategi," kata akun @AWChuz.

"Kalopun maen catur pake taruhan, tentu bukan caturnya yg haram kan?," cuit akun @Iron_Dizan. []

Berita terkait
UAS dan 3 Ustaz Berpenghasilan Fantastis di YouTube
Ustaz Abdul Somad (UAS) tidak hanyak kondang di dunia nyata, di dunia maya pun ia terkenal melalui akun YouTube pribadinya. Berapa penghasilannya?
Apakah Ustaz Abdul Somad Berbahaya?
Ustaz Abdul Somad (UAS) memiliki banyak pengikut. Tak sedikit pula daerah yang menolak kehadirannya. Ada apa dengannya? Apa ia berbahaya?
Festival Band Selawat Buktikan Musik-Sastra Tidak Haram
Festival Band Selawat yang terselenggara di Yogyakarta menegaskan, apabila ada yang memandang musik-sastra haram, itu adalah anggapan yang keliru.
0
Unggah Foto Syur Tara Basro Terancam 6 Tahun Penjara
Menggunggah foto seksi di media sosial, artis Tara Basro terancam hukuman 6 tahun penjara, juga denda yang tak sedikit.