UNTUK INDONESIA
Ustaz Abdul Somad Batal Isi Ceramah di Pematangsiantar
Ustad Abdul Somad batal mengisi tausiah di Kota Pematangsiantar. Rencananya, UAS akan hadir di Masjid Raya, Minggu 25 Agustus 2019.
Ustaz Abdul Somad menggelar konferensi pers berkaitan kontroversi ceramah \\'salib jin kafir\\' di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2019. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Pematangsiantar - Ustaz Abdul Somad (UAS) batal mengisi tausiah di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Rencananya UAS akan hadir pada perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah, Minggu, 25 Agustus 2019, di Masjid Raya, Kelurahan Timbang Galung, Siantar Barat.

Ketua panitia Natsir Armaya Siregar menyampaikan pembatalan karena padatnya kegiatan UAS di Kota Medan pada hari yang bersamaan, Minggu, 25 Agustus 2019.

"Kemarin perhitungan dari Kota Perdagangan di Simalungun ke Siantar dapat ditempuh sekitar 20 menit. Setelah dilakukan pengecekan kembali, ternyata perjalanan memakan waktu 1 jam akibat rusaknya jalan. Karena UAS pada malam pukul 20.00 WIB akan beranjak ke Medan maka ceramah yang di Siantar batal," kata Armaya kepada Tagar, Sabtu, 24 Agustus 2019.

Baca juga: UAS, Selamat Datang di Siantar, Kota Paling Toleran

Awalnya UAS melakukan road show di beberapa Kota di Sumut. Oleh panitia perayaan Tahun Baru Islam di Siantar, mengajukan undangan dan meminta UAS agar mengisi tausiah sebelum beranjak menuju Kota Medan.

"UAS kemarin sedang road show di beberapa Kota di Sumut seperti Batu Bara, Medan dan Perdagangan, Kabupaten Simalungun. Di Siantar memang tidak ada jadwal, namun beberapa waktu lalu UAS kita undang isi ceramah selama 30 menit," tuturnya.

Armaya menyampaikan tidak ada hal yang lain soal pembatalan ceramah UAS. Hal itu dilakukan melihat padatnya jadwal UAS sebab harus menuju Kota Medan yang sudah terlebih dahulu teragendakan.

"Tidak ada (alasan) yang lain. Karena di Siantar memang tidak ada agenda sebelumnya. Namun karena kemarin UAS bersedia mengisi ceramah di Siantar pada Minggu sekitar pukul 4 sore, maka kita agendakan UAS ceramah sekitar 30 menit. Dan akhirnya batal sebab waktu tidak memungkinkan karena padatnya jadwal UAS. Tidak ada (alasan) yang lain," ujar Armaya. []


Berita terkait
Umat Katolik dan Kristen di Aceh Tidak Dendam pada UAS
Pemuka Agama Katolik di Aceh, Baron F Pandiangan menanggapi santai terkait isi ceramah Ustaz Abdul Somad.
Para Ulama Menilai Kasus UAS Salah Alamat
Para ulama menilai kasus Ustaz Abdul Somad salah alamat. Menurut pandangan Islam tidak ada yang berhak mengkritisi dakwah UAS.
Sandiaga Uno Minta Jangan Membesar-besarkan Kasus UAS
Sandiaga Uno meminta teduhkan dan sejukkan suasana dalam kasus UAS.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.