UNTUK INDONESIA
Undian Liga Europa, Roma di Grup Mudah, AC Milan Waspada
Undian Liga Europa sudah dilakukan pada Jumat, 2 Oktober 2020. AS Roma berada di grup mudah. Sedangkan AC Milan bakal bekerja keras di grup berat.
UEFA melaksanakan undian Liga Europa di Nyon, Jumat, 2 Oktober 2020. AS Roma yang masuk Pot 1 berada di grup mudah. Sedangkan AC Milan bakal bekerja keras karena berada di grup berat. (Foto: UEFA)

Jakarta - AS Roma berada di grup mudah di Liga Europa. Dari hasil undian yang dilakukan UEFA di Nyon, Swiss, Jumat, 2 Oktober 2020, Roma masuk Grup A. Sedangkan AC Milan yang berada di Grup H sudah harus berjibaku menghadapi lawan-lawannya. 

Roma yang tak perlu melalui babak kualifikasi karena menduduki peringkat 5 klasemen Serie A Italia cukup beruntung dengan hasil undian. Roma yang berada di Pot 1 bersaing dengan BSC Young Boys (Swiss), CFR Cluj (Rumania) dan CSKA Sofia (Bulgaria). 

Baik Cluj maupun CSKA Sofia pernah menjadi lawan Giallorossi di kompetisi Eropa. Sebaliknya Young Boys merupakan lawan pertama Roma yang musim lalu mencapai 16 besar setelah dikalahkan Sevilla yang kemudian menjadi juara Liga Europa. 

Sementara, Milan yang harus bersusah-payah sebelum menyingkirkan Rio Ave lewat adu penalti berada di grup maut. Bergabung di Grup H, Rossoneri bersaing ketat dengan Celtic (Skotlandia), Sparta Praha (Rep. Ceko), dan Lille (Prancis). 

Arsenal dan Tottenham di Grup Ringan

Tim-tim papan atas Liga Premier Inggris, Arsenal dan Tottenham Hotspur kemungkinan masih bisa menghadapi lawan-lawannya karena masuk grup ringan. Arsenal yang berada di Grup B akan menghadapi Rapid Wien (Austria), Molde (Norwegia) dan rival dari Inggris Raya, Dundalk (Republik Irlandia).

Sedangkan di Grup J, Tottenham akan menghadapi Ludogorets (Bulgaria), LASK Linz (Austria) dan Royal Antwerp (Belgia). Tim-tim itu diperkirakan bisa dilewati klub London Utara ini. 

Pertandingan pertama fase grup Liga Europa digelar pada 22 Oktober 2020. Final dilaksanakan pada 26 Mei 2021 di Stadion Gdansk, Polandia. Final kembali digelar di stadion klub Lechia Gdansk yang diperkuat bintang Indonesia Egy Maulana Vikri. 

Stadion Gdansk seharusnya menjadi tempat final Liga Europa 2020. Namun karena pandemi Covid-19, final dipindahkan ke Jerman.

Undian grup Liga Europa 2020-21:
Grup A: 
AS Roma (Italia); BSC Young Boys (Swiss); CFR Cluj (Romania); CSKA Sofia (Bulgaria)
Grup B: Arsenal (Inggris); Rapid Wien (Austria); Molde (Norwegia); Dundalk (Rep. Irlandia)
Grup C: Bayer Leverkusen (Jerman); Slavia Praha (Rep. Ceko); Hapoel Be'er Sheva (Israel); OGC Nice (Prancis)
Grup D: Benfica (Portugal); Standard Liege (Belgia); Rangers (Skotlandia); Lech Poznan (Polandia)
Grup E: PSV Eindhoven (Belanda); PAOK Thessaloniki (Yunani); Granada (Spanyol); Omonia (Siprus)
Grup F: Napoli (Italia); Real Sociedad (Spanyol); AZ Alkmaar (Belanda); Rijeka (Kroasia)
Grup G: Braga (Portugal); Leicester City (Inggris); AEK Athens (Yunani); Zorya Luhansk (Ukraina)
Grup H: Celtic (Skotlandia); Sparta Praha (Rep. Ceko); AC Milan (Italia); Lille (Prancis)
Grup I: Villarreal (Spanyol); Qarabag (Azerbaijan); Maccabi Tel Aviv (Israel); Sivasspor (Turki)
Grup J: Tottenham Hotspur (Inggris); Ludogorets (Bulgaria); LASK Linz (Austria); Royal Antwerp (Belgia)
Grup K: CSKA Moskow (Rusia); Dinamo Zagreb (Kroasia); Feyenoord (Belanda); Wolfsberger (Austria)
Grup L: KAA Gent (Belgia); Red Star Belgrade (Serbia); TSG Hoffenheim (Jerman); Slovan Liberec (Rep. Ceko) []

Berita terkait
Tottenham Diselamatkan Kane dan Ndombele di Liga Europa
Tottenham Hotspur dipaksa bekerja keras oleh Lokomotiv Plovdiv di laga kualifikasi Liga Europa. Tottenham diselamatkan Harry Kane dan Ndombele.
Dinyatakan Kalah 3-0, AS Roma Ajukan Banding
AS Roma akan ajukan banding atas hukuman kalah 3-0 karena kesalahan administrasi. Roma dihukum karena turunkan pemain tidak sah, Amadou Diawara
AC Milan Tak Rugi, Ibrahimovic Masih Oke
AC Milan tak rugi mengandalkan striker gaek Zlatan Ibrahimovic yang masih oke. Dirinya mencetak brace saat Milan menang atas Bologna.
0
Soal Survey Indikator, DPR: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah
Anis menegaskan bahwa ketidakberhasilan pemerintah mencapai target-target ekonominya menjadi catatan tidak baik terhadap kinerja pemerintah.