UNTUK INDONESIA
Underpass Terpanjang di Indonesia Beroperasi
Underpass di bawah Bandara YIA Kulon Progo, Yogyakarta yang terpanjang di Indonesia diujicobakan beroperasi Jumat 24 Januari 2020.
Underpass terpanjang di Indonesia yang berada di bawah Bandara YIA di Kulon Progo akan diujicobakan pada Jumat 23 Januari 2020. (Foto: Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Underpass di Kulon Progo yang terpanjang di Indonesia, untuk pertama kalinya, akan diujicoba Jumat 24 Januari 2020 pagi. Masyarakat diperkenankan melintas underpass sepanjang 1,4 kilometer yang terletak di bawah Yogyakarta International Airport (YIA) di Kapanewon Temon, Kulon Progo, Yogyakarta ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo Lucius Bowo Pristiyanto mengatakan berbagai persiapan untuk uji coba sudah dilakukan, salah satunya terkait dengan pengamanan. Pihaknya akan menempatkan sembilan personel, yang akan melakukan pengendalian dan pengamanan lalu lintas di underpass tersebut.

Penempatan personel ini sebagai bentuk sosialisasi lapangan pada masyarakat, terhadap jalur baru maupun rambu-rambu baru. Dalam uji coba masyarakat boleh melintas namun tidak diperkenankan berhenti di jalan underpass. "Kalau hal baru seperti underpass tersebut, masyarakat butuh diarahkan," ujar Bowo di Kulon Progo Kamis 23 Januari 2020.

Bowo mengatakan personel dari Dinas Perhubungan ini ditempatkan di pintu underpass baik di sisi sebelah timur atau barat. Durasi waktu penempatan personel ini, akan bergantung pada kemampuan masyarakat untuk membaca rambu-rambu sekaligus ketaatan berkendarannya.

Kalau hal baru seperti underpass tersebut, masyarakat butuh diarahkan.

Sebelumnya, Pejabat Pembuat Komitmen dari Satuan Kerja Pembangunan Jalan Nasional Wilayah Provinsi DIY Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M. Sidik Hidayat mengatakan uji coba pemakaian underpass tersebut tidak memiliki batasan waktu.

Namun ada kemungkinan, underpass tersebut ditutup di masa mendatang, jika ternyata ada evaluasi yang mengharuskan ditutup. "Dalam uji coba nantinya, underpass tersebut akan dipantau kondisi lalu lintasnya, baru kemudian dievaluasi," ucap M.Sidik Hidayat usai sosialisasi Underpass kepada masyarakat di Pendopo Kapanewon Temon.

Sidik mengatakan masyarakat yang hendak melintasi underpass ini, harus menaati rambu-rambu lalu lintas yang ada di sana. Tidak hanya rambu lalu lintas, di dalam underpass terpanjang di Indonesia tersebut juga dipasang CCTV sebagai antisipasi tindakan kriminal yang mungkin saja bisa terjadi.

CCTV underpass ini, nantinya akan dihubungkan dengan bandara agar mempermudah koordinasi. Hasil uji coba underpass akan terus dievaluasi agar underpass dapat digunakan dengan baik. "Berkoordinasi dengan pihak pengelola Bandara YIA sudah dilakukan melalui pimpinan proyek," ujarnya. []

Baca Juga:


Berita terkait
Underpass di Kulon Progo Tergenang Jadi Kolam Renang
Underpass Kulur di Kulon Progo kerap tergenang karena drainase buruk. Hal ini dimanfaatkan warga untuk mandi dan berenang seperti objek wisata.
PUPR Selesaikan Dua Underpass di Yogyakarta
Kementerian PUPR Segera meresmikan dua underpass di Yogyakarta, yaitu underpass Kentungan dan underpass New Yogyakarta.
Kapan Underpass Kentungan Yogyakarta Beroperasi?
Proyek underpass Kentungan Sleman, Yogyakarta senilai Rp 110 miliar sudah molor pekerjaannya. Kemacetan di Yogyakarta belum terurai.
0
Pasien Suspek Corona asal Sibolga Meninggal di Medan
Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 asal Kota Sibolga meninggal dunia di Rumah Sakit Martha Friska Medan.