UNTUK INDONESIA
Kapan Underpass Kentungan Yogyakarta Beroperasi?
Proyek underpass Kentungan Sleman, Yogyakarta senilai Rp 110 miliar sudah molor pekerjaannya. Kemacetan di Yogyakarta belum terurai.
Suasana arus lalu lintas di sekitar pembangunan underpass Kentungan di perempatan Jalan Kaliurang-Ringroad Utara, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. (Foto: Tagar/Agung Raharjo)

Yogyakarta - Penyelesaian proyek pembangunan underpass di perempatan Kentungan, Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta molor. Sesuai kontrak harusnya selesai Desember 2019, namun sudah berganti tahun proyek senilai Rp 110 miliar tersebut belum selesai.

Dampaknya, proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Jawa Tengah ini membuat kemacetan arus lalu lintas di Yogyakarta belum terurai.

Wakil Ketua DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Huda Tri Yudiana menyebutkan masalah pembangunan underpass di Kentungan bukan soal penyedia jasa semata, yang menjadi kewenangan pemerintah pusat. Namun kondisinya menyangkut kepentingan masyarakat Yogyakarta. 

"Dampak bagi masyarakat, kemacetan yang belum terurai. Itu menghambat kegiatan ekonomi," katanya di Gedung DPRD DIY, Kamis 8 Januari 2020.

Huda mengatakan pembangunannya mestinya sudah selesai pada Desember 2019. Namun ia mengakui kewenangan dan anggaran proyek pembangunan ranah pemerintah pusat. "Sudah mundur dari jadwal yang seharusnya. Kalau mundur kan sesuai mekanisme sudah aturannya (denda). Itu sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat," ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan seharusnya awal 2020 underpass Kentungan sudah bisa beroperasi. Namun faktanya sampai saat ini pembangunan belum selesai. "Pekerjaan ternyata ada hambatan, kita berharap rekanan atau kontraktor bisa segera menyelesaikan," katanya.

Menurut Aji, hambatan yang muncul kemungkinan karena faktor cuaca. Pembangunan underpass sulit dilaksanakan jika sering turun hujan. "Bikin underpass itu kan susah kalau hujan, jika infrastruktur belum selesai kan jadi masalah, tidak bisa bekerja. Tapi mudah-mudahan infrastruktur pembuangan sudah selesai, ya. Jadi, bisa berlanjut pengerjaannya," ungkapnya.

Pekerjaan ternyata ada hambatan, kita berharap rekanan atau kontraktor bisa segera menyelesaikan.

Aji mendorong pembangunan harus selesai segera diselesaikan, agar lebih nyaman dalam berlalu lintas. "Sekarang orang di sana menjadi agak tidak crowded karena sudah tahu dan menghindari. Tapi kalau di situ dihindari, maka kemacetannya di tempat lain," ujar dia.

Terkait kepastian waktu penyelesaian, Aji mengatakan akan melakukan komunikasi dengan Satuan Kerja (Satker). Harapannya, paling lambat Maret 2020 sudah rampung. "Ya, di triwulan pertama ini sebenarnya, Maret paling tidak, harapannya begitu," katanya.

Sekedar informasi underpass Kentungan berada di perempatan Jalan Kaliurang-Ring Road Utara, Kabupaten Sleman dengan panjang 900 meter. Underpass ini terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) dua lajur sepanjang 224 meter, jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 386 meter dan 288 meter. Nilai proyek ini 110 miliar, dikerjakan kontraktor PT Istaka Karya (Persero). []

Baca Juga:

Berita terkait
Kapan Underpass Terpanjang di Indonesia Diresmikan?
Underpass di bawah Bandara YIA di Kulon Progo rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Underpass ini merupakan yang terpang di Indonesia.
Mobil Bule Jatuh ke Galian Proyek Underpass Sleman
Peristiwa nahas menimpa rombongan WNA yang sedang melintas di jalur ring road utara, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.
Kementerian PUPR, Tahun 2018 Bangun 174 Jembatan dan 18 Flyover-Underpass
Kementerian PUPR, tahun 2018 bangun 174 jembatan dan 18 flyover-underpass. “Kehadiran infrastruktur jembatan, flyover dan underpas dibuat indah dengan memasukkan elemen budaya lokal,” jelas Basuki Hadimuljono.
0
Membuat Film Menggunakan Ponsel Terkendala Memori
Pembuatan film saat ini sudah bisa menggunakan smartphone. Hanya saja terkendala pada penyimpanan ponsel atau memori.