UNTUK INDONESIA
Tujuh Tips Berlibur Hemat ala Backpacker
Rencana berlibur seringkali gagal karena budget yang minim, namun tips berlibur ala backpacker cocok untuk dicoba.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/Rawpixel)

Jakarta - Berlibur merupakan aktivitas terbaik untuk melepas penat sejenak. Tetapi, terkadang hal itu menjadi tertunda karena kendala biaya. 

Dengan faktor ekonomi yang pas-pasan, kerap kali rencana untuk berlibur jadi tertunda. Hal itu karena khawatir akan mengganggu kondisi keuangan yang sudah dipersiapkan untuk kebutuhan lain.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar rencana liburan dapat terlaksana tanpa harus mengganggu keuangan. Gaya liburan hemat tersebut biasa dikenal dengan istilah backpacker

Berikut Tagar rangkumkan 7 tips hemat berlibur ala backpacker.

1. Rencanakan Liburan Jauh Hari

Sebelum berlibur, ada baiknya untuk menentukan 'hari baik' buat berlibur. Pilihlah libur yang jatuh pada hari Jumat atau Senin agar durasi berlibur bisa lebih panjang. Dengan begitu, schedule untuk mengunjungi lokasi-lokasi wisata dapat lebih beragam.

Usahakan juga jadwal liburan tersebut tidak bersamaan dengan libur panjang anak sekolah. Karena biasanya, biaya dan jumlah hotel murah saat musim libur anak sekolah jauh lebih mahal dan terbatas.

KalenderIlustrasi. (Foto: Pixabay)

2. Memilih Destinasi Wisata

Sebagai pelancong hemat atau backpacker, tidak ada salahnya memilih destinasi wisata yang eksotis atau menjadikan luar negeri sebagai lokasi berpelesir. Apalagi, tiket pesawat ke beberapa kota di luar negeri justru lebih murah daripada penerbangan domestik, seperti Kuala Lumpur, Penang, dan Phuket.

Namun, jika hendak berpergian ke luar negeri, pastikan kamu memahami budaya masyarakat di negara tujuan kamu. Usahakan juga memahami bahasa negara tersebut atau minimal mampu berbahasa Inggris.

WisataIlustrasi. (Foto: Pixabay)

3. Transportasi

Ada beberapa saran untuk memilih moda transportasi yang akan kamu pilih untuk pergi dan pulang dari tempat berlibur. Bagi kamu yang tinggal dan akan berlibur di daerah Jawa, maka moda transportasi darat seperti bus dan kereta api bisa menjadi pilihan yang paling rasional.

Sementara, jika kamu harus pergi dengan menggunakan pesawat terbang, pilihlah maskapai murah (low cost carrier), sehingga biaya perjalanan lebih hemat. Ada baiknya juga untuk mencari tahu sejarah dan standar keamanan, sebelum memilih maskapai penerbangan yang hendak kamu gunakan.

PenerbanganIlustrasi. (Foto: Pixabay)

4. Konsumsi

Sebagai backpacker, jangan pernah sekalipun berharap akan menyantap hidangan hotel mewah atau restoran. Risetlah menu makanan hemat di tempat tujuan wisata yang akan kamu kunjungi. Pastikan juga makanan tersebut tidak membuat alergi.

Bagi Muslim Traveller, mencari makanan halal di luar negeri juga tidak terlalu sulit. Saat ini, sudah banyak produsen makanan yang mencantumkan label halal.

MakananIlustrasi. (Foto: Pixabay/Rita E.)

5. Penginapan

Sama seperti makanan, jangan pernah membayangkan menginap di hotel mewah. Pilihlah motel atau indekost harian, sehingga biaya liburan dapat lebih hemat.

Jangan lupa manfaatkan aplikasi pencarian hotel untuk mengetahui harga penginapan murah di daerah wisata yang hendak kamu datangi.

Selain itu, mencari tahu layanan dan fasilitas hotel juga dapat diketahui dari review yang diberikan kepada penginapan tersebut. Pintarlah menimbang antara fasilitas yang diberikan dengan harga yang hendak dibayar.

MotelIlustrasi. (Foto: Pixabay)

6. Tempat Wisata

Ada ungkapan bijak yang mengatakan 'sekali tepuk dua lalat'. Ungkapan itu sangat cocok dengan cara berlibur backpacker. Pilihlah daerah yang memiliki banyak destinasi wisata, terutama lokasi wisata murah. Wisata alam dan wisata urban bisa menjadi pilihan.  

Jangan terjebak dengan glorifikasi kota wisata yang hanya menawarkan aspek instagramable. Ingat, kamu akan berlibur, bukan memamerkan liburan kamu kepada orang lain.

BerliburIlustrasi. (Foto: Pixabay/thatsphotography)

7. Oleh-Oleh

Membawa buah tangan dari tempat liburan sudah seperti kewajiban bagi seluruh pelancong. Sebagai backpacker, ada baiknya memilih oleh-oleh yang seragam agar lebih hemat

Pilihlah oleh-oleh yang berkesan seperti kain dan makanan khas daerah wisata. Memilih gantungan kunci atau gelang juga dapat menjadi solusi oleh-oleh backpacker.

SuvenirIlustrasi. (Foto: Pixabay/Pexels)

Baca juga:

Berita terkait
8 Tips Nyaman Menyusui Si Kecil saat Liburan ke Luar Kota
Mempersiapkan segala sesuatu agar menyusui saat bepergian berjalan lancar.
Perbedaan Begpacker dan Backpacker
Backpacker sejati tidak pernah meminta-minta kepada orang lain yang dapat meresahkan warga setempat.
Liburan di Yogyakarta, Kunjungi Lima Wisata Barunya
Yogyakarta selalu melekat di hati, daya tariknya tak pernah berhenti menghipnotis wisnus dan wisman, banyak yang bilang bikin kangen.
0
Bunuh Sales, Pasutri di Surabaya Diancam Hukuman Mati
Pasutri dan tiga rekannya terancam hukuman penjara seumur hidup dan hukuman mati setelah melakukan pembunuhan berencana.