Jakarta - Presiden Joko Widodo kerap melakukan blusukan dengan mengenakan busana kasual. Untuk menunjang mobilitasnya, Jokowi memilih sepatu berjenis sneakers.

Sneakers yang dikenakan dari beragam merek, tetapi kebanyakan berasal dari produk dalam negeri. Dalam pemakaiannya, sneakers tersebut dipadupadankan dengan celana panjang hitam serta kaus atau kemeja berwarna putih.

Tidak hanya dalam situasi santai saja, sneakers yang dipakai Jokowi kerap dipakai dalam situasi kenegaraan. Sehingga Mbah Jan Ethes itu kerap mencuri perhatian publik.

Berikut deretan sneakers keren yang pernah dikenakan Jokowi.

1. Nike LunarEpic Low Flyknit 2

Sepatu sneakers keluaran Nike itu dikenakan saat kunjungan kerja ke Tasikmalaya dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Jumat, 9 Juni 2017. Dia terlihat tampil percaya diri mengenakan sepatu abu-abu dipadukan dengan baju kemeja putih lengan panjang serta celana jeans biru panjang.

Adapun sneakers seharga Rp 2 juta-an itu diketahui pilihan sang istri, Iriana, dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

2. Van Metallica

Mbah dari Jan Ethes ini salah seorang penggemar berat band heavy metal Metallica. Tidak heran jika dia menggunakan salah satu aksesoris band asal Los Angeles, Amerika Serikat itu, yakni Vans Sk8-Hi Reissue Metallica.

Sneakers seharga Rp 2,4 Juta itu digunakan saat dia melakukan touring dengan mengendarai motor chopper miliknya di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu, 8 April 2018.

Penampilanya jadi terlihat sangar, karena dia memadukan sneakersnya itu dengan celana panjang jeans biru dengan jaket custom "peta Indonesia" buatan Nevertoolavish.

Sneakers Van MetallicaSneakers Van Metallica dipakai Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

3. Adidas Yeezy 350 Beluga v2

Orang nomor satu di Indonesia ini kemudian terlihat memakai sepatu sneakers hasil kolaborasi Adidas dengan rapper Kenya West. Hal itu terlihat digunakan beberapa kali, yaitu jalan santai saat kunjungan kerja ke Selandia Baru. Selain itu, saat bertemu dengan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto di kebun Raya Bogor pada Sabtu, 24 Maret 2018. Sepatu sneakers yang dikenakannya dibanderol dengan harga Rp 5 juta-an.

Jokowi memakai sneakers Adidas YeezyJokowi memakai sneakers Adidas Yeezy 350 Beluga v2. (Foto: Dok. Biro Setpres)

4. Adidas NMRD R2

Selain Yeezy, Jokowi juga pernah memakai produk Adidas lainnya, yaitu NMRD R2. Sepatu ini digunakannya pertama kali ketika acara XYZ Day 2018 di Istana Bogor, Jabar pada Rabu, 18 Juli 2018.

Selain itu, pernah dipakai juga saat libur lebaran bersama keluarga serta cucunya, jan Ethes, di kawasan Bogor. Terakhir, dia terlihat mengenakan sneakers seharga Rp 1,8 juta-an ini saat bertemu dengan pelari dalam Asian Games, Zohri.

5. Nike Rhoses One

Sneakers yang satu ini sama seperti Adidas NMRD R2, Jokowi menggenakannya untuk acara santai dan bergaya kasual.

Jokowi pernah terlihat mengenakan sepatu sneakers tersebut saat meresmikan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta pada 2 Januari 2018. Sneakers ternama itu dipadukan dengan celana panjang hitam dan kaus panjang.

Selain itu, Jokowi mengenakannya saat gelaran Piala Presiden 2018, dia mengenakan sepatu tersebut dengan memadukannya dengan jeans biru dan jersey Indonesia.

6. Saint Barkley

Tidak hanya sepatu sneakers impor yang digunakan ayah dari pengusaha Sang Pisang ini, tapi juga produk dalam negeri, yakni sneakers Saint Barkley.

Sneakers Saint Barkley terlihat digunakan Jokowi saat pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di Kemayoran, Jakarta, Kamis, 19 April 2018. Sneakers seharga Rp 380 ribu itu dipadukan dengan celana hitam dan jaket custom Peta Indonesia Nevertoolvish.

Jokowi memegang sepatu merek Saint Barkley.Jokowi memegang sepatu merek Saint Barkley. (Biro Pers Setpres/Intan)

7. Nah Project

Selain brand Saint Barkley, Jokowi pernah terlihat mengenakan sneakers lokal, yaitu Nah Project. Sneakers ini digunakan saat acara We The Fest 2018 dan jamuan makan malam bersama pimpinan partai koalisi di Istana Bogor, Jabar pada Senin, 23 Juli 2018.

Sneakers yang dinamai Yoga FlexKnit v2.0 itu dibanderol seharga Rp 415 ribu itu merupakan produk baru dari Nah Project dan dikenakan pertama kali oleh Jokowi.

Jokowi memakai sneakers Nah ProjectJokowi memakai sneakers Nah Project. (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan/Agus Suparto)

Baca juga: Foto: Masa Tenang Ma'ruf Amin Tanpa Sarungan