UNTUK INDONESIA
Transportasi di Pulau Jawa Akan Diubah ke Mobil Listrik
Wacana penggunaan mobil listrik untuk transportasi umum khususnya bus di sejumlah wilayah di Pulau Jawa bergulir.
Ilustrasi bus (Foto: Facebook/ Transjakarta Mania).

Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meluncurkan wacana penggunaan mobil listrik untuk transportasi umum khususnya bus di sejumlah wilayah di Pulau Jawa dan ibu kota baru Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Moeldoko mengaku berkoordinasi juga dengan kepala daerah di sejumlah wilayah di Pulau Jawa untuk menggunakan bus listrik buatan Mobil Anak Bangsa (MAB). Hal itu sesuai dengan komitmennya mendirikan MAB. 

"Ini kami sedang berkomunikasi dengan wali kota di berbagai daerah. Wali Kota Bekasi, Bogor, Batu, semuanya sudah respons untuk bisa mengubah angkutan umumnya. Sedang disiapkan di MAB, kami akan luncurkan segera," kata Moeldoko saat menghadiri Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Jakarta, Rabu, 4 September 2019.

Pengisian ListrikSimulasi pengisian daya listrik di kendaraan listrik (Foto: Tagar/Thio Pahlevi)

Saat ini, kata Moeldoko, pabrikan kendaraan telah lebih dahulu memulai pengembangan teknologi pada tahapan hybrid. Akan tetapi, untuk bus listrik, Moeldoko menilai bisa langsung melangkah ke teknologi full electric.

"Roadmap-nya itu melalui hybrid, berikutnya plug-in hybrid, baru murni mobil listrik. Mungkin untuk mobil pribadi ya. Tapi untuk bus, untuk transportasi (umum) itu enggak perlu," ujar Moeldoko.

Dia beranggapan transportasi umum tak harus melewati tahapan hybrid atau pun plug-in hybrid terlebih dahulu, maka bisa langsung ke full electric.

"Untuk apa? (hybrid dan plug-in hybrid) Sudah bisa langsung. Saya bisa buktikan bahwa bisa loncat untuk mobil listrik murni. Itu tidak melalui hybrid dan plug-in," ucap Moeldoko.

Baca juga:

Berita terkait
Soal Mobil Listrik, Ini Bukti Dukungan PLN
PLN punya bukti seirama dengan fokus pemerintah menyiapkan infrastruktur pendukung mobil listrik. Apa saja rencana PLN?
Kendaraan Ibu Kota Baru, Moeldoko: Harus Mobil Listrik
Moeldoko mendorong upaya menekan polusi udara di ibu kota baru menggunakan mobil listrik sebagai alat transportasi.
Sulap VW Kodok Jadi Mobil Listrik, Segini Biayanya
Baterai menjadi komponen termahal untuk mengubah mobil kuno menjadi listrik. Untuk menyulap VW kodok menjadi mesin listrik butuh dana Rp 60-80 juta
0
Pengayuh Becak di Bantaeng Sukses Sarjanakan Anak
Kisah Bakri seorang pengayuh becak di Bantaeng, Sulawesi Selatan, berhasil menguliahkan anaknya hingga lulus. Ini cerita perjuangannya.