Inilah 5 Keunggulan Membeli Mobil Secara Kredit

Bagi kebanyakan orang, menabung untuk membeli mobil secara tunai bisa memakan waktu sangat lama.
Mobil (Foto: Tagar/Freepik/Xb100)

Jakarta - Bagi sebagian besar orang, membeli mobil secara tunai mungkin mustahil. Mengeluarkan puluhan hingga ratusan juta rupiah bukan perkara mudah.

Kalau dana tidak mencukupi, hanya fasilitas kredit dari bank atau perusahaan leasing solusinya. Selain alasan praktis itu, ada pula beragam manfaat membeli mobil secara kredit. Antara lain.


Anda bisa mencicil mobil itu

Artinya, alih-alih ada pengeluaran sangat besar dalam satu waktu (lump sum), Anda menyebar pengeluaran itu menjadi sekian bulan selama sekian tahun. Secara psikologis, cara ini menjanjikan kenyamanan karena terasa ringan.


Masih ada uang tunai yang bisa diputar

Katakanlah Anda punya tabungan Rp 30 juta, lalu mengambil fasilitas kredit mobil dengan DP Rp 15 juta dan bunga sebesar 2,75 persen. Kalau Anda menginvestasikan sisa uang yang Anda miliki itu ke dalam instrumen investasi dengan potensi imbal balik sebesar 6 persen, keuntungan itu bisa menggantikan beban bunga dari pinjaman kredit mobil tersebut.


Anda bisa menikmati insentif dari pemerintah.

Untuk menggenjot industri otomotif, pemerintah terkadang memberikan beragam insentif menarik bagi mereka yang membeli mobil secara kredit. Salah satunya, relaksasi DP sebagai peraturan turunan dari relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), yang mulai diterapkan pada 1 Maret 2021


Anda bisa meningkatkan skor kredit

Tiap kali Anda mengambil fasilitas kredit, kelancaran pelunasannya diberi skor, yang disimpan di Bank Indonesia. Skor itu disebut skor kredit.


Bisa langsung memiliki mobil walau dana terbatas

Bagi kebanyakan orang, menabung untuk membeli mobil secara tunai bisa memakan waktu sangat lama. Apalagi kalau Anda kesulitan menyisihkan dana karena keterbatasan sumber pemasukan.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Membeli Mobil dari Uang Tabungan Secara Cash
Anda bisa menjual barang di rumah yang mungkin sudah tidak anda pakai, namun masih layak digunakan orang lain.
5 Tips Agar Mobil Hemat Bahan Bakar
Selain pemeliharaan, ternyata gaya berkendara juga bisa memengaruhi penggunaan bahan bakar.
Agar Tenang dalam Mengemudi Mobil, Terapkan Tips Ini
Salah satu kunci agar tenang dalam mengemudi mobil adalah mengatur posisi duduk, misalnya terkait ketinggian dashboard dan jok.
0
Inilah 5 Keunggulan Membeli Mobil Secara Kredit
Bagi kebanyakan orang, menabung untuk membeli mobil secara tunai bisa memakan waktu sangat lama.