UNTUK INDONESIA
Tips Menghilangkan Keriput di Wajah Secara Alami
Bertambahnya usia tak bisa dihindari setiap orang. Konsekuensi dari setiap perubahan pun tak bisa dilawan. Salah satunya, keriput.
Wajah Keriput. (Foto: pixabay)

Jakarta - Bertambahnya usia tak bisa dihindari setiap orang. Konsekuensi dari setiap perubahan pun tak bisa dilawan. Salah satunya adalah wajah mulai menunjukkan garis-garis halus atau lebih akrab dengan keriput.

Sebenarnya hal ini bukan masalah yang serius, karena terjadi secara normal, seiring bertambahnya usia. Namun banyak orang yang ingin terus terlihat muda di usianya yang sudah mulai tua. Tak jarang mereka pun merasa sangat terganggu dengan kulit keriput.

Kerutan tersebut disebabkan jaringan ikat kolagen dan elastin pada kulit akan berkurang, sehingga elastisitas dan fleksibilitas pada kulit pun juga akan berkurang.

Tapi, hal itu tak perlu dikhawatirkan lagi, karena Tagar akan membagikan tips menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa terapkan di rumah:

1. Tidur Terlentang

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang pertama adalah dengan tidur terlentang. Menurut penelitian, tidur dengan posisi menyamping akan mempercepat timbulnya kerutan oleh karena adanya tekanan pada kulit wajah yang terkena bantal dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, tidur dengan posisi terlentang lebih dianjurkan untuk mencegah kerutan.

2. Jangan Terlalu Sering Cuci Wajah

Menjaga kebersihan wajah memang penting, tapi tidak harus berlebihan. Sebab, dengan terlalu sering membersihkan wajah, apalagi dengan produk yang mengandung kimia akan membuat kulit wajah menjadi lebih kering dan teriritasi, terutama saat menggunakan sabun pembersih wajah yang bersifat mengeringkan. Alangkah baiknya, membersihkan wajah dengan air hangat, satu kali dalam sehari.

3. Makan Makanan yang Mengandung Antioksidan

Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah-buahan berries, green tea, dan yoghurt, menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami.

Kandungan antioksidan pada makanan tersebut dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga mengurangi timbulkan kerutan dan pigmentasi hitam di kulit wajah.

4. Masker Pisang

Pisang mengandung minyak dan vitamin alami yang dapat meningkatkan kesehatan kulit secara alami. Bahkan, menghilangkan kerutan di wajah, para ahli merekomendasikan menggunakan pasta pisang sebagai masker wajah.

Cara membuat masker pisang sama halnya dengan masker alami lainnya, cukup menghaluskan seperempat pisang hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta pisang secara tipis di kulit wajah dan biarkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

5. Lemon & Madu

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang sederhana dengan air perasan lemon dan madu. Caranya, oleskanlah satu lapis jus lemon yang dicampur dengan madu di wajah, dan biarkan selama 10 menit untuk mengencangkan kulit kemudian membilasnya. Kulit akan terasa segar dan harum.

Ini berkat madu yang mengandung humektan yang menjaga kelembapan dalam sel-sel kulit, sementara lemon dapat meningkatkan produksi kolagen. []

Berita terkait
Tips Menggunakan Eyeliner Sesuai Bentuk Mata
Namun, perlu diketahui, memakai eyeliner tidak bisa sembarangan, harus disesuaikan dengan bentuk mata.
Tips Make Up untuk Pemilik Bentuk Wajah Bulat
Bentuk wajah seperti wajah bulat, juga menjadi salah satu masalah bagi sebagian kaum hawa dalam berpenampilan.
Darius Sinathrya Bagi Tips Mendidik Anak di Era Gadget
Pasangan selebriti Donna Agnesia dan Darius Sinathrya. Mereka memiliki tips tersendiri mendidik anak ditengah kecanggihan teknologi.
0
Kasus Ikan Asin Galih-Fairus Siap Ke Meja Hijau
Berkas kasus 'ikan asin' oleh tiga tersangka Galih Ginanjar, Pablo Benua, dan Rey Utami saat ini telah P21 atau lengkap untuk disidangkan.