UNTUK INDONESIA
Tips Merawat Hewan Agar Tidak Terinfeksi Covid-19
Ada beberapa pesan Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana agar hewan terhindar dari virus corona Covid-19.
Petugas Dinas Kelautan Peternakan dan Perikanan (DKPP) DKI Jakarta memberikan vaksin rabies untuk kucing peliharaan korban banjir di Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu, 26 Februari 2020. (Foto: Antara/Fakhri Hermansyah)

Mataram - Beredarnya laporan hewan peliharaan dan sejumlah koleksi hewan di kebun binatang Amerika Serikat yang terinfeksi virus corona atau Covid-19, mengharuskan para pemilik hewan untuk lebih waspada dalam berinteraksi dan merawat hewan peliharaan.

Menanggapi laporan tersebut, Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana meminta masyarakat untuk tidak berlebihan dalam merespons isu penularan Covid-19 pada hewan. 

Bahkan, jika ada dugaan pemilik hewan sedang batuk atau flu, gunakan masker.

Menurutnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar pemilik hewan bisa tetap aman saat berinteraksi dengan peliharaan kesayangan. Salah satunya dengan menghindari area-area tubuh tertentu pada hewan.

Baca juga: Hewan yang Diduga Membawa Virus Corona

"Pada beberapa hewan yang menjilat, untuk daerah sekitar mulut, hidung, serta daerah tempat kotoran hewan sebaiknya tidak tersentuh tangan," kata Deni kepada Tagar, Rabu, 29 April 2020.

Selain itu, sering mencuci tangan juga menjadi faktor penting untuk terhindar dari virus corona atau Covid-19, khususnya saat hendak dan setelah memberi makan pada hewan peliharaan.

"Sebelum dan sesudah memberi makan hewan tetap harus mencuci tangan dengan sabun. Bahkan, jika ada dugaan pemilik hewan sedang batuk atau flu, gunakan masker," ujarnya.

Dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB itu juga meminta para pemilik hewan, untuk aktif mengonsultasikan kesehatan hewannya dengan dokter klinik hewan, apabila peliharaannya menunjukan gejala sakit.

"Misalnya seperti hewan tidak nafsu makan, minumnya berkurang, dan terlihat lemah," katanya.

Baca juga: IPB Jelaskan Gejala Hewan Terinfeksi Virus Corona

Terakhir, dia juga menyarankan kepada pemilik hewan untuk menempatkan peliharaannya di dalam kandang. Terlebih jika ada dugaan pemilik maupun keluarga dari pemilik terpapar virus Covid-19.

"Jika ada dugaan kemungkinan pemilik hewan atau anggota keluarga terpapar Covid-19, sebaiknya hewannya tetap dikandangkan dan tidak dilepasliarkan untuk mencegah hewan berkeliaran di luar," ucapnya.

Sebelumnya, laporan yang beredar di media massa menunjukan sejumlah hewan terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona, di antaranya seekor anjing di Hong Kong, kucing di Belgia, harimau di Kebun Binatang Bronx, dan terbaru dua ekor kucing di New York.

Meski begitu, Departemen Pertanian serta Pusat Pengedalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menegaskan sejauh ini belum ada bukti hewan peliharaan dapat menularkan virus corona kepada manusia.

Namun, CDC menyarankan masyarakat untuk mengisolasi sementara hewan peliharaan sembari menunggu hasil penelitian terkait penularan Covid-19 pada hewan. Selain itu, CDC juga meminta para pemilik hewan untuk membatasai kontak serta rajin mencuci tangan setelah memegang hewan sebagai langkah pencegahan. []

Berita terkait
Virus Corona, Hindari Makan Daging Hewan Liar
Warga diimbau untuk menghindari mengkonsumsi daging dari jenis hewan liar dan buas karena diduga menjadi penular virus corona baru.
Kata Dokter Soal Khasiat Hewan Pembawa Virus Corona
Kelelawar diduga sebagai hewan penyebab virus Corona. Di sisi lain, banyak warga percaya mengonsumsi hewan itu sebagai obat. Begini kata dokter.
Virus Corona dan 5 Jenis Penyakit Disebabkan Hewan
Virus corona memang sangat berdampak pada kematian, namun ada beberapa binatang yang bisa menimbulkan virus mematikan bagi manusia.
0
Tips Merawat Hewan Agar Tidak Terinfeksi Covid-19
Ada beberapa pesan Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana agar hewan terhindar dari virus corona Covid-19.