UNTUK INDONESIA
Tips Mengatasi Patah Hati Saat Putus dengan Pacar
Patah hati kerap membuat dunia berasa berakhir, segala cara pasti dilakukan supaya perasaan itu hilang.
Patah hati. (Foto: pixabay)

Jakarta - Patah hati bisa membuat dunia berasa berakhir, hingga segala cara juga pasti dilakukan untuk menghilangkan perasaan tersebut. 

Move On tentu menjadi hal yang sangat sulit atau mustahil dilakukan. Jangan khawatir, kini para psikolog telah menemukan cara untuk mengobati sakitnya patah hati. 

Seperti dr Guy Winch yang sekaligus penulis How To Fix A broken Heart pernah berpengalaman menangani permasalahan tersebut. 

Patah HatiPatah hati. (Foto: pixabay)

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menangani patah hati: 

1. Sugesti Pikiran dengan Dia Melanggar Komitmen

Memang saat hubungan berakhir akan sering terngiang suara, membaca pesan-pesan lama, serta melihat foto-foto yang mengabadikan momen indah bersamanya.

Untuk itu, Winch memberikan solusi dengan perlu memahami mengapa perpisahan itu terjadi atau mendengarkan alasan pasangan atas perpisahan tersebut.

Jika hubungan berakhir tanpa alasan yang jelas, jangan salahkan mantan dan tidak perlu memaksa untuk kembali bersama.

Justru, ia menyarankan untuk menghargai diri sendiri dengan memberi sugesti pada pikiran bahwa pasangan kamu telah melanggar komitmen. Dengan begitu patah hati akan hilang dan bisa menjalani hidup yang indah.

2. Blokir Semua Media Sosial

Kemungkinan yang terjadi saat mengalami perpisahan dengan kekasih adalah menguntit mantan melalui media sosial.

Hati akan cemburu, ketika menemukan sesuatu yang tidak ingin dilihat. Hal itu membuat perasaan semakin sulit melupakan sang mantan.

Winch memberikan solusi dengan memblokir semua akun media sosial milik mantan kekasih. Dengan keputusan itu akan membantu kamu untuk membatasi akses bersamanya.

Tentu dengan langkah tersebut bisa mempersempit luang untuk menyakiti diri sendiri karena membuka luka lama.

3. Pahami Bahwa Itu Wajar

Terkadang saat mengalami patah hati, menangis adalah cara yang paling sering dilakukan .

Hal itu, kata Winch akan menganggu mental. Tetapi, jangan sampai kehilangan akal, karena hormon stres kortisol dalam tubuh memiliki peran besar dalam perilaku yang tidak menentu.

Rasa sakit secara emosional, akibat perpisahan akan memicu tubuh memproduksi kortisol yang tinggi dan menekan sistem kekebalan tubuh.

Winch menyarankan kamu untuk memperbaiki masalah tersebut dengan pemahaman bahwa itu normal.

4. Anggap Dia Orang Terbaik

Putus dari pasangan tentu membuat Anda harus memaksa diri untuk mengingat hal buruk dalam hubungan tersebut. Tetapi, bukan berarti harus meyakinkan diri sendiri bahwa mereka sebenarnya adalah orang yang mengerikan.

Sebagai gantinya, Winch mengatakan obati patah hati yang terbaik adalah dengan mengingatkan diri sendiri tentang kekurangan dalam hubungan tersebut. Tetapi yang terpenting, Jangan mengingat lagi hal-hal indah dalam hubungan yang telah kandas.

Tetapi, ingatlah mantan kekasih itu adalah orang yang tidak sempurna. Langkah tersebut menjadi salah satu cara agar tidak khawatir menemukan orang baru yang mampu mengisi dan mengobati hati.

5. Jangan Pergi ke Tempat Kenangan Bersama Mantan

Menarik diri dari tempat-tempat kenangan bersama sama mantan, mungkin terdengar sebagai solusi yang tepat. Tetapi, ini hanya bisa membuat hati menjadi lebih buruk ke depannya.

Winch mengatakan itu bukanlah hal yang paling efektif, justru ia menyarankan untuk "membersihkan" kenangan itu dengan membuat kenangan baru di tempat tersebut, seperti membawa teman merayakan hal baru di tempat itu. 

Dengan menciptakan momen baru, tentu bisa menyingkirkan kenangan buruk tersebut. Jadi, ketika tidak sengaja melihat tempat yang penuh kenangan bersamanya, buatlah rencana untuk pergi bersenang-senang bersama sahabat di tempat tersebut.[]

Baca juga:

Berita terkait
Tips Agar Tetap Fokus Mengendarai Mobil
Aktivitas mengemudi mobil membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kurang fokus bisa terjadi kecelakaan.
Enam Tips Memperpanjang Umur
Masalah umur seseorang tidak dapat diprediksi. Sebagai manusia, hanya bisa menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar sepanjang hari.
Tips Memilih Busana ke Kantor agar Tampil Modis
Tips Memilih Busana ke Kantor agar Tampil Modis.
0
Mahfud MD Jadi Menko Polhukam, Meleset dari Survei
Mahfud MD menjadi Menko Polhukam di Kabinet Jokowi. Sebelumnya, survei menunjuk ia figur tepat menjadi jaksa agung.