Tips Mencatok Rambut Curly Lebih Tahan Lama

Mencatok rambut dengan model curly memang sulit untuk mempertahankan hasilnya. Walaupun sudah berjam-jam menggunakan catokan. Berikut tipsnya.
Ilustrasi - Rambut curly (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Mencatok rambut dengan model curly memang sulit untuk mempertahankan hasilnya. Walaupun sudah berjam-jam menggunakan catokan, tidak menjamin hasilnya akan lebih lama. Model rambut curly atau yang lebih dikenal keriting gantung banyak disukai wanita karena terkesan feminim.

Selain membuat rambut lebih kelihatan proporsional, model rambut ini juga membuat kesan lebih bervolume dan lebat. Mocel rambut curly ini sering kali tidak bertahan lama apalagi ketika banyak beraktivitas. Sebaiknya, simak beberapa tips penting agar hasil curly lebih tahan lama.


1. Hindari pemakaian kondisioner

Hal yang paling utama agar hasil curly sempurna dan tahan lama adalah hindari pemakaian kondisioner. Rambut yang dicuci dua hari sebelumnya, usahakan menggunakan shampo yang tidak mengandung kondisioner. Karena rambut akan lebih lurus dan sulit dibentuk ketika menggunakan kondisioner yang berlebihan.


2. Menggunakan mousse

Sebelum menggunakan catokan, alangkah baiknya menggunakan mousse terlebih dahulu untuk menjadikan hasil rambut curly-nya tahan lama. 

Gunakan mousse secukupnya pada rambut yang masih lembab, lalu pijat dari akar hingga ujung rambut kemudian blow dry. Pilihlah mousse dengan label volumizing agar rambut tampak lebih mengembang dan tahan lama.


3. Menggunakan Hair Clip

Saat rambut sedang di gulung dengan culling iron, lepaskan kemudian gulung dan jepit menggunakan jepit rambut. Jangan terlalu sering menyentuh hasil curly dengan tangan, sebab hal tersebut akan membuat rambut lebih cepat untuk lurus kembali.


4. Hindari penggunaan hair spray

Untuk mendapatkan hasil yang tahan lama, hindari pemakaian hairspray. Kandungan polimer yang terdapat pada hairspray membuat rambut ikal akan semakin jatuh dan lurus. Kalian bisa menyemprotkan dry texturizing spray sebagi gantinya agar hasil lebih tahan lama.


5. Jangan menyisir rambut

Setelah semua selesai, dianjurkan untuk tidak menyisir rambut, lebih baik didiamkan saja atau sebagai gantinya, kalian bisa menggunakan jari-jari tangan kalian untuk menata rambut agar lebih rapi dan teratur. Proses menyisir rambut hanya akan membuat bentuk rambut kembali seperti semula.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
Fakta dan Cara Membuat Masker Rambut dari Kopi
Kopi selain dapat dinikmati dengan seduhan air panas ditambah gula dan susu ternyata juga dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Ini caranya.
Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat
ewarnai rambut merupakan hal saat ini sudah lumrah dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi anak muda. Berikut cara merawat rambut agar sehat.
6 Cara Merawat Rambut Rontok, Bisa Dilakukan di Rumah
Ada banyak cara yang dapat membantu Anda membuat rambut Anda kuat dan mencegah kerontokan rambut.
0
Tips Mencatok Rambut Curly Lebih Tahan Lama
Mencatok rambut dengan model curly memang sulit untuk mempertahankan hasilnya. Walaupun sudah berjam-jam menggunakan catokan. Berikut tipsnya.