5 Mitos Tentang Memulai Bisnis yang Paling Sering Didengar

Pekerjaan sebagai seorang pengusaha sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini terlebih lagi dikalangan kaum milenial.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Memulai bisnis bukan untuk mereka yang penakut. Karena untuk menjadi seorang pengusaha Anda harus berani mengambik risiko dan kegigihan dalam menjalaninya terebih lagi saat baru memulai.

Pekerjaan sebagai seorang pengusaha sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini terlebih lagi dikalangan kaum milenial. Selain karena dapat menjadi salah satu cara pengembangan diri, menjadi seorang pengusaha juga membawa banyak manfaat untuk orang lain, salah satunya membuka lapangan pekerjaan.

Seiring dengan ramainya yang berlomba-lomba memulai bisnis, muncul beberapa mitos tentang memulai bisnis. Sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis, simak lima mitos tentang memulai bisnis yang perlu Anda hindari karena tidak sepenuhnya benar.


1. Anda harus tahu apa yang Anda lakukan

Anda sebenarnya tidak perlu tahu persis apa yang Anda lakukan untuk memulai. Waktu telah membuktikannya terus menerus. Dari Magellan, Einstein, Madame Curie, Steve Jobs dan seterusnya, tidak pernah ada rencana pasti untuk masa depan. Biarkan rasa ingin tahu Anda mengalahkan mitos bahwa Anda harus tahu persis apa yang Anda lakukan untuk memulai. Kuncinya adalah jangan takut untuk memulai.


2. Anda harus memiliki rencana bisnis yang lengkap

Tidak perlu rencana bisnis yang kompleks, yang nantinya justru akan mempersulit Anda. Sesuatu yang sederhana yang secara efektif menguraikan misi, visi, dan upaya pemasaran Anda dengan beberapa ukuran data tentang bagaimana Anda mengukur kesuksesan Anda dan Anda harus melakukannya dengan baik. Jangan terjebak dalam kelumpuhan analisis rencana bisnis yang akhirnya justru Anda tidak memulainya.


3. Anda harus mulai pada waktu yang tepat

Ini merupakan mitos yang paling umum didengar. Satu-satunya waktu yang tepat adalah memulai secepatnya. Faktanya, banyak pengusaha telah memulai bisnis mereka pada saat-saat terburuk dalam sejarah, dan kemungkinan terburuk dalam kehidupan pribadi mereka.

Microsoft didirikan pada tahun 1975 menjelang akhir resesi dan kemudian bergabung kembali pada tahun 1981, tepat ketika resesi tahun 1980-an dimulai. Ini adalah dua waktu yang mengerikan untuk memulai bisnis, tetapi itu tidak menghentikan kesuksesan Microsoft. Anda mungkin tidak akan pernah menemukan waktu yang tepat, itulah mengapa Anda harus mulai sekarang.


4. Anda harus memiliki banyak uang untuk memulai

Ada banyak cara untuk memulai bisnis tanpa banyak modal. Salah satu cara terbaik untuk menyanggah mitos ini sendiri adalah dengan mulai menguji mikro produk atau layanan Anda baik secara sampingan atau dalam jumlah kecil untuk menskalakan pertumbuhan Anda secara bertahap. Terkadang tingkat pertumbuhan yang lambat dan stabil justru dapat membantu Anda menstabilkan dan mendapatkan pondasi bisnis yang kokoh.


5. Anda harus bekerja 24/7

Pengusaha cenderung bekerja berjam-jam hampir setiap hari, ini adalah tindakan yang salah. Jika Anda memaksa diri Anda bekerja setiap saat, Anda akan jatuh sakit dan tidak sehat, hal itu akan mempengaruhi kesuksesan Anda. Anda tidak perlu bekerja 24/7 untuk menjalankan bisnis yang sukses. Meskipun Anda harus bekerja keras, dan pasti akan ada periode kerja yang sangat intens, Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan tidur yang baik, makanan yang baik, banyak bergerak, dan terkadang bersenang-senang. Kewirausahaan adalah kerja keras, tetapi juga harus menyenangkan. []

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga:



Berita terkait
5 Tips Keuangan yang Bisa Diikuti untuk Memulai Bisnis
Bisnis pun menjadi salah satu hal yang dapat dipikirkan di tahun ini. Berikut langkah-langkah membangun bisnis.
Wajib Tahu! 4 Tips Langkah Bikin Ide Bisnis Jadi Nyata
Ide bisnis terkadang menjadi hambatan seseorang untuk memulai usaha. Helga Angelina emaparkan 4 tips untuk mewujudkan ide bisnis menjadi nyata.
5 Kelebihan Bisnis Online
Ada banyak cara agar dapat memiliki penghasilan yang besar, salah satunya adalah dengan bisnis online.
0
LaNyalla Minta Pemerintah Serius Berantas Pungli
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah serius memberantas pungutan liar (pungli). Simak ulasannya berikut ini.