UNTUK INDONESIA
Tips Membersihkan Sepatu Putih Agar Tetap Kinclong
Membersihkan sepatu putih memang sulit, tetapi ada cara mudah dan praktis yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda tersebut.
Ilustrasi Sepatu Putih. (Foto: Pixabay/mrwrightxx10)

Jakarta - Membersihkan sepatu putih memang tidak mudah. Apalagi ketika sepatu yang dikenakan itu terkena noda yang membandel yang bisa membuat otak pusing memikirkan cara menghilangkan kotoran itu. 

Jangan khawatir, ini bukan kendala yang besar dan masih bisa dicarikan solusinya. Berikut Tagar akan memberikan tips membersihkan noda yang menempel di sepatu putih agar terlihat kinclong kembali. 

1. Menggunakan Pasta Gigi dan Sikat

Menjaga sepatu putih agar tetap cemerlang dan kinclong, salah satu caranya dengan memakai pasta gigi. Cukup dengan mengoleskannya secara merata di setiap permukaan sepatu. Kemudian, tunggu selama 4 hingga 5 jam, lalu bilas dengan air hangat. 

Pasta gigi dan sikat juga bisa menghapus noda yang menempel pada sepatu putih. Caranya dengan mengoleskan dan menyikatnya secara perlahan. Selanjutnya, bersihkan menggunakan lap atau handuk yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Lalu lihat hasilnya, bekas pasta gigi dan noda tersebut hilang. 

2. Menggunakan Soda Kue dan Cuka

Campurkan soda dan cuka dengan air panas masing-masing sebanyak 1 sendok makan ke dalam mangkuk. Aduk campuran tersebut hingga membentuk seperti pasta kental.

Kemudian, gosokan ke permukaan sepatu dengan sikat gigi dan diamkan selama 3 hingga 4 jam. Setelah itu, jemur sepatu tersebut di bawah sinar matahari supaya pasta soda kue itu mengering. Bila sudah mengering, lapisan pasta soda kue itu bisa dicungkil dengan menggunakan kuku.

3. Sampo dan Sabun Pencuci Piring

Noda minyak yang menempel di sepatu putih bisa dihilangkan dengan cara mencucinya dengan sampo. Jangan lupa gunakan sikat gigi untuk membersihkan noda itu, lalu bilas dengan air hangat dan lihat hasilnya minyak yang melekat di sepatu putih sudah terangkat dan tidak membekas. 

Sabun pencuci piring juga bisa menjadi salah satu cara membersihkan kotoran dan minyak yang melekat pada sepatu putih Anda. Caranya, hanya mengoleskannya saja dan gosok secara perlahan dengan spons atau kain hingga bersih. 

4. Penghapus

Mungkin cara ini terlihat aneh, tetapi siapa sangka penghapus ternyata bisa membersihkan sepatu putih hingga berkilau, terutama yang berbahan suede. Dengan menggosokan penghapus melawan arah dari noda supaya sepatu putih tersebut terlihat lebih bersih dan berkilau. 

Cara ini bisa digunakan jika noda yang menempel pada sepatu putih itu tidak terlalu banyak. Solusi ini salah satu langkah praktis dan mudah dilakukan supaya sepatu putih yang dikenakan selalu terlihat berkilap sepanjang hari. []

Baca juga:

Berita terkait
Empat Tips Cegah Penyebaran Virus Corona
Penyebaran Virus Corona sangat meresahkan masyarakat Indonesia, bagaimana trik menghadapinya? Berikut Tagar rangkumkan.
Tips Merawat Bibir Agar Tetap Merah Merona
Menggunakan lipstik berbagai warna menjadi salah satu cara yang dilakukan kaum hawa untuk membuat bibir tampak sempurna.
Tips Makeup Natural dan Tahan Lama
Tips agar makeup bisa tahan lama yang bisa dilakukan dirumah.
0
Survey: Warga DKI Khawatir Politik Uang Cawagub
Menurut hasil survei LKSP, sebanyak 68 persen warga DKI trauma adanya politik uang terkait pemilihan perangkat daerah yang ditangani DPRD.