Tips Membeli Mobil Dengan Proses Cepat di Dealer

Sebelum membeli mobil, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal agar tidak salah membeli maupun ditipu oleh penjual.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Membeli mobil bukan seperti membeli baju di toko. Mobil dapat menjadi aset dan pengeluarannya pun tidak sedikit. Maka sebelum membelinya Anda perlu mempersiapkan beberapa hal agar tidak salah membeli maupun ditipu oleh penjual.

Membeli mobil di dealer atau toko resminya lebih menjanjikan dan Anda dapat menanyakan banyak hal secara langsung dengan penjualnya hingga melakukan test drive. Selain itu, dapat menghindari kesalahpahaman produk atau dokumen pembelian.

Bekali diri Anda dengan tips berikut ini sebelum membeli mobil impian Anda.


1. Pastikan Anda mengetahui daftar harga mobil

Anda juga bisa mencarinya melalui situs web pabrikannya, situs web mobil, atau mencarinya di majalah otomotif mingguan.


2. Ketahui fitur mobil yang paling Anda inginkan

Sebisa mungkin hindari membeli mobil dengan spesifikasi rendah karena harganya lebih murah. Karena mobil murah dengan spesifikasi rendah belum tentu memuaskan. Jadi cari model yang benar-benar Anda inginkan dengan harga diskon.


3. Bandingkan antar toko dealer

Kunjungi banyak situs web untuk membandingkan harga mobil pada masing-masing dealer. Dengan begitu Anda dapat melihat apakah ada di antara dealer itu yang memiliki harga atau tambahan yang lebih baik untuk mobil yang sama.


4. Sebelum melakukan tukar tambah, ketahui dulu nilainya

Cara untuk menjual mobil bekas yang menguntungkan adalah langsung datangi dealer merk mobil yang sama. Hal ini untuk mengurangi biaya tambahan saat menjualnya dengan perantara orang ketiga.

Untuk kisaran harga mobil Anda dapat melihat di situs jual beli mobil. Jadi Anda tidak aka nasal mematok harga saat menjualnya.

Keuntungan dari tukat tambah ini adalah semakin sedikit pembayaran yang Anda keluarkan untuk mendapatkan mobil baru.


5. Lakukan test drive mobil

Test drive merupakan hal wajib yang perlu dilakukan saat membeli mobil. Lakukan hal ini setelah meminta izin kepada sales person (penjual) saat hendak melakukan test drive menurut Mitsubishi Motor:

  • Tentukan rute test drive

Cara untuk melakukan test drive bukan hanya dijalankan beberapa menit di dalam gedung dealer, namun lakukan seperti mengendarai mobil sungguhan. Apabila diizinkan di bawa keluar sesaat, Anda bisa mencoba berkendara ke jalanan menanjak, turunan, belokan tajam, lalu lintas padat, jalan terbuka, dan sebagainya.

  • Ketahui fungsi dasar mobil

Anda tidak dapat menilai mobil itu nyaman dan aman apabila tidak mengetahui fungsinya. Seperti di awal tadi, penting untuk mengetahui spesifikasi yang Anda inginkan sehingga saat test drive mendapatkan kecocokannya.

  • Pelajari teknologi tekini pada mobil

Setiap tahun pasti ada keluaran baru dengan kelebihan yang tidak terdapat pada mobil jenis sebelumnya. Mungkin di mobil keluaran baru dan lama sama-sama memiliki spesifikasi yang Anda inginkan, namun penjual kerap menawarkan mobil keluaran baru dengan fitur baru dan harga yang ditawarkan hanya beda tipis. Anda bisa mempertimbangkan tawaran ini jika sesuai dengan kebutuhan.

  • Pelajari sistem keselamatan di mobil

Saat berkendara yang penumpang inginkan adalah keselamatan dan kenyamanan hingga sampai tujuan. Sebisa mungkin menghindari dari kecelakaan lalu lintas atau hal yang tidak diingkan lainnya.

Maka saat test drive coba segala fitur seperti kamera mundur, blind spot monitor, rear cross traffic alert, dan masih banyak lagi. Selain itu, lakukan teknik dasar mengemudi seperti memarkirkan mobil, mundur, berbelok, hingga mengerem dadakan.

  • Mencoba sebagai penumpang

Keselamatan bukan hanya untuk pengemudi, namun bagi penumpang juga. Anda bisa mencoba duduk di bangku belakang dan di samping pengemudi. Dengarkan apakah mobil memiliki fungsi peredam kejut dan kebisingan dan bagaimana keamanan saat dibawa di jalan tol atau jalan terjal. []

(Sekar Aqillah Indraswari)

Baca Juga:


Berita terkait
Masih Ragu? Inilah 5 Keunggulan Membeli Mobil secara Tunai
Kalau kredit mobil Anda dinyatakan gagal bayar, bank atau perusahaan leasing dapat menyita mobil itu untuk dijual kembali.
Inilah 5 Keunggulan Membeli Mobil Secara Kredit
Bagi kebanyakan orang, menabung untuk membeli mobil secara tunai bisa memakan waktu sangat lama.
3 Kesalahan Membeli Mobil yang Harus Dihindari
Biaya kendaraan itu penting, tetapi yang sering diabaikan adalah semua biaya perawatan dan asuransi mobil jangka panjang.
0
BRI Danareksa Sekuritas Jadi Penjamin Emisi Efek Obligasi PT Indonesia Infrastructure Finance
Jadi penjamin emisi Obligasi Indonesia Infrastructure (IIF) Rp 500 miliar BRI Danareksa Sekuritas optimistis obligasi akan terserap dengan baik