UNTUK INDONESIA
Tips Melindungi Kulit dari Polusi Jakarta
Saat ini polusi udara kerap menjadi masalah besar di lingkungan perkotaan. Khususnya di Jakarta. Lalu bagaimana cara merawatnya?
Ilustrasi wanita. (Foto: pixabay)

Jakarta - Kualitas udara di Jakarta menempati peringkat tertinggi dan terburuk di dunia. Polusi mengandung radikal bebas dan agresor lain yang bisa menembus ke dalam lapisan kulit. Selain itu, mengandung efek sinar UV A dan UV B.

Akibatnya, menimbulkan kerusakan kulit dalam jangka waktu yang lama dan penggelapan sel kulit dari dalam.

Untuk mengatasi itu semua, Tagar rangkumkan dari berbagai sumber lima tips merawat kulit dari serangan polusi.

1. Rutin Merawat Kulit

Hal pertama yang bisa dilakukan ialah dengan teratur membersihkan kulit, terutama di wajah. Pilihlah produk perawatan kulit yang berkualitas dan mengandung bahan-bahan alami.

Pastikan selalu menggunakan produk yang tidak membuat kulit kering, selain itu selalu aplikasikan pelembab, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Konsumsi Buah-buahan dan sayuran

Guna mencegah penuaan dini akibat polusi udara, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. 

Misalnya anggur merah, teh, kiwi, brokoli, tomat, mangga, jeruk, wortel, kacang-kacangan, bayam, asparagus, blueberry, serta sayuran hijau.

3. Memilih Makanan dengan Gizi Seimbang

Dengan mengonsumsi makanan yang gizinya seimbang, kulit membutuh asupan protein, vitamin E, omega 3, dan mineral untuk mempertahankan kesehatannya.

4. Minum Air Putih

Sama halnya seperti buah dan sayur, minum air putih merupakan kebutuhan vital yang tidak bisa dilewatkan, karena hampir 70 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Maka dari itu air memegang peranan penting dalam mendukung kerja organ-organ tubuh dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Sehingga akan merangsang regenerasi kulit yang lebih sehat.

5. Menggunakan Tabir Surya

Kulit kamu membutuhkan perlindungan sinar UV untuk membantu mengurangi risiko kanker kulit dan tanda-tanda penuaan dini. Bisa memilih tabir surya yang mengandung zinc atau titanium dioxide yang dapat menghalangi penyerapan ultraviolet pada kulit. []

Berita terkait
Manfaat Tidur Tanpa Busana Bagi Kesehatan dan Pasangan
Rata-rata orang tidur dengan pakaian lengkap. Namun, tahukah Anda banyak manfaat kesehatan yang diperoleh ketika tidur tanpa busana?
Asupan yang Baik Jaga Kesehatan Paru Saat Polusi Udara
Lima asupan bergizi yang baik untuk menjaga kesehatan organ paru pada saat kita di kelilingi polusi udara berat.
Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaat Bagi Kesehatan
Puasa Senin Kamis membawa pengaruh positif bagi kesehatan tubuh. Puasa ini membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik.
0
2 Pemuda di Langkat Tewas Terbakar Usai Menabrak Truk
Sekujur tubuh mereka hangus terbakar, setelah sepeda motor Honda Verza BK 4534 PBF yang mereka tunggangi terbakar pasca menabrak truk.