UNTUK INDONESIA
Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaat Bagi Kesehatan
Puasa Senin Kamis membawa pengaruh positif bagi kesehatan tubuh. Puasa ini membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik.
Ilustrasi anak kecil salat. (Foto: pixabay)

Jakarta - Puasa Senin Kamis membawa pengaruh positif bagi kesehatan tubuh. Selain menenteramkan dan mendekakan diri kepada Allah SWT, puasa Senin Kamis membuat sirkulasi dan metabolisme tubuh menjadi lebih. 

Hukum Puasa Senin-Kamis

Puasa Senin-Kamis hukumnya sunah. Dalam fikih Manhaji ditegaskan, dalil sunahnya puasa Senin-Kamis adalah berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- يَتَحَرَّى صَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam selalu menjaga Puasa Senin Kamis (HR. Tirmidzi dan Ahmad; shahih lighairihi).

Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu memasukkan puasa Senin-Kamis dalam puasa sunah yang disepakati para ulama.

“Puasa-puasa sunnah yang disepakati para ulama antara lain,” kata Syaikh Wahbah Az Zuhaili. “Puasa hari Senin dan Kamis setiap pekan berdasarkan perkataan Usamah bin Zaid: Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam biasa puasa pada hari Senin dan Kamis. Suatu ketika beliau ditanya tentang hal itu lalu beliau bersabda: ‘Sesungguhnya amal-amal manusia dibeberkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis.”

Berikut manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan

1. Mengatasi berbagai kondisi medis

Manfaat puasa Senin Kamis akan lebih bermanfaat apabila dibarengi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya. Pada akhirnya, hal ini bisa membantu memperbaiki masalah radang usus besar, sendi, psoriasis hingga eksim.

2. Membuat jantung lebih sehat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa minimal sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalankan puasa sama sekali. Penelitian lain mengungkapkan, puasa bisa mengurangi resistensi insulin yang menyebabkan diabetes.

Namun demikian, temuan terkait manfaat puasa ini perlu dilakukan penelitian lanjutan. Menjaga kesehatan jantung yang utama adalah olahraga dan menjaga pola makan.

3. Menjaga berat badan tetap ideal

Meski manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan bisa menurunkan berat badan, hal penting yang harus diperhatikan adalah ketika waktunya berbuka Anda tetap harus mengontrol asupan agar berat badan tidak kembali naik.

Saat tubuh tidak mendapatkan asupan makan karena sedang menjalankan puasa, pembakaran lemak di dalam tubuh diperlukan untuk menghasilkan energi. Karena lemak sudah terbakar maka hal itu dapat mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Dampak lanjutannya, penurunan berat badan membuat tekanan darah dan diabetes menjadi terkendali.

4. Menjaga daya ingat tetap optimal

Sebuah penelitian mengungkapkan manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan mengakibatkan tekanan oksidatif ringan dan dapat membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA.

Selain puasa, diet tinggi lemak seperti keto juga dipercaya dapat melindungi otak dari potensi Alzheimer dan Parkinson. Seseorang yang menerapkan metode diet seperti ini menunjukkan peningkatan kemampuan daya ingat dan dinilai lebih fokus.

5. Mengurangi risiko terjadi diabetes tipe 2

Penurunan fungsi insulin merupakan salah satu faktor pemicu diabetes tipe 2. Guna mengatasi hal ini, beberapa pakar menyarankan untuk melakukan puasa untuk mengurangi resistensi insulin.

Mereka yang menjalankan puasa dengan rutin, penurunan kadar gula darah menurun hingga 5-6 persen. Hal itu menunjukkan bahwa manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan dapat melindungi ginjal dari kerusakan, salah satu komplikasi penyakit diabetes.

6. Mengoptimalkan fungsi usus

Manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan berikutnya adalah memengaruhi mikroba usus komplek pada mereka yang bertubuh gemuk dan membantu mikroba usus untuk mengolah energi lebih banyak dari makanan.

7. Gula darah lebih rendah

Manfaat puasa Senin Kamis lainnya adalah kemampuannya menjaga kadar gula tetap stabil. Sebuah penelitian mengungkapkan mereka yang berpuasa lemak tubuh, ukuran pinggang dan tekanan darah lebih rendah.

8. Mengatasi kecanduan

Terlepas dari manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan, pada dasarnya puasa memberi kesempatan pada tubuh untuk menghentikan sementara kebiasaan sehari-hari yang kurang baik. Dengan begitu, puasa membantu tubuh dalam mengurangi kecanduan terhadap jenis makanan dan minuman tertentu.

Oleh karena itu, manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan biasanya datang dari minimnya konsumsi kafein dan gula yang berasal dari makanan manis.

9. Menurunkan risiko serangan jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan bisa menurunkan risiko serangan jantung lebih rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik mereka yang berpuasa mengalami penurunan. Penurunan tekanan darah sistolik mengurangi tekanan pada arteri sekaligus risiko serangan jantung.

10. Membuat lebih bahagia

Manfaat puasa Senin Kamis yang jarang disadari adalah bisa membuat Anda lebih bahagia. Saat puasa, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang lebih tinggi. Hal inilah yang dapat meningkatkan konsentrasi dan rasa bahagia.

11. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Pertumbuhan sel abnormal merupakan tanda dari kanker. Meski penyakit ini masuk dalam kategori sulit disembuhkan, efek buruknya bisa dikurangi dengan puasa. Meski begitu, klaim terhadap penelitian ini masih sebatas dilakukan pada hewan dan model sel tertentu.

Namun, hasil penelitian lainnya menunjukkan penderita kanker yang berpuasa 8-10 jam jelang pengobatan secara utin tidak merasakan adanya gangguan pencernaan, lemas, atau rasa pegal.

12. Mencegah penuaan dini

Bagi Anda yang ingin terlihat bugar dan tidak ingin menunjukkan tanda penuaan dini, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat puasa Senin Kamis. Sebuah penelitian menyatakan, puasa bisa memperlambat proses penuaan sekaligus mencegah potensi munculnya penyakit pada usia lanjut.

Mereka yang rutin melakukan puasa dalam jeda waktu tertentu cenderung tidak menunjukkan tanda penuaan dini dan terlihat lebih bugar.

Nah, itulah manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Pada dasarnya, puasa Senin Kamis memiliki pola yang sama dengan diet puasa (intermittent fasting).

Persamaan konsep puasa Senin Kamis dan intermittent fasting yaitu konsep 5:2 (lima hari tidak berpuasa dan dua berpuasa). 

Hal penting lain yang juga harus diperhatikan adalah asupan saat berbuka. Anda harus membatasi asupan kalori yang dikonsumsi sekitar 500-600 kalori.

Niat Puasa Senin-Kamis

Dalam hadis, tidak ditemukan bagaimana lafadz niat puasa Senin-Kamis. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat beliau biasa mengerjakan amal dengan niat tanpa dilafalkan.

Dalam fikih Islam wa Adilatuhu dijelaskan, semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah hati. Melafalkan niat bukanlah syarat, namun jumhur ulama berpendapat hukumnya sunah dengan maksud membantu hati dalam menghadirkan niat. 

Sedangkan menurut mazhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak bersumber dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Lafadz niat puasa Senin adalah sebagai berikut

(Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Artinya: saya niat puasa sunah hari Senin, sunah karena Allah Ta’ala

Lafadz niat puasa Kamis adalah sebagai berikut

(Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Artinya: saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Ta’ala.

Baca juga:

Berita terkait
0
Unik Peragaan Busana di Kulon Progo
Peragaan busana biasanya dilakukan di gedung-gedung mewah, namun di Kulon Progo peragaan busana diselenggarakan di kebun teh.