Tips Investasi Emas dari Ustaz Yusuf Mansyur

Emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan semata, tapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan.
Ustaz Yusuf Mansyur. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Memiliki penghasilan yang tetap bukan berarti masa depan Anda sudah terjamin. Solusi untuk menjamin masa depan tersebut ada satu hal yang harus Anda lakukan sedini mungkin, yaitu investasi.

Apapun jenis investasinya itu sangat penting Anda lakukan meskipun sudah berpenghasilan tetap. Adapun jenis investasi yang bisa dipilih yaitu investasi saham, deposito, tanah, emas hingga barang-barang antik sekalipun.

Emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan semata, tapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Karena, emas adalah barang yang cenderung memiliki harga naik dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, pada saat masa pandemi covid-19 emas mengalami kenaikan yang signifikan. Karena kenaikannya yang melonjak banyak orang mencoba berinvestasi pada emas tersebut. Namun, tak jarang harapan tak sesuai realita, agar hal itu tidak terjadi pada Anda sekalian.

Ustaz Yusuf Mansyur membagikan tips investasi emas bagi pemula yang bisa diikuti dan dimulai dari sekarang.

Berikut ada tips investasi emas bagi pemula ala ustad Yusuf Mansyur.


1. Tentukan tujuan investasi emas

Sebelum terjun pada investasi emas, pastikan Anda tahu apa tujuan utama Anda berinvestasi. Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui tujuan dengan baik. Banyak tujuan yang bisa ditarget dari berinvestasi pada emas seperti untuk tabungan masa tua, tabungan pernikahan, tabungan biaya anak hingga pendidikan.

Jika sudah menentukan tujuan, Anda bisa mengira-ngira berapa besaran emas yang akan Anda investasikan setiap bulannya. Itulah cara sederhana investasi pada emas dengan mudah.


2. Pantau perkembangan harga emas

Cara investasi emas berikutnya adalah terus memantau perkembangan harga emas. Caranya tidak sulit kok. Sudah banyak situs-situs yang menampilkan harga emas setiap harinya. Pada paltform tokopedia saja sudah tersedia perkembangan emas secara berkala.

Apa sih tujuan memantau perkembangan emas? Emas dikenal sebagai alat investasi stabil namun kadang juga bisa turun harga secara drastis. Dengan memantaunya, Anda bisa mengetahui kapan harus menjual dan kapan waktu yang tepat untuk membeli.


3. Beli emas di tempat terpercaya

Membeli emas haruslah di toko terpercaya, Anda tak boleh membeli di sembarang tempat apalagi tergiur karena iming-iming harga lebih murah. Toko emas yang resmi yakni menjual emas dengan menyertakan surat menjual resmi dan terpercaya.

Salah satu tempat yang dapat kami rekomendasikan adalah PT. Anta,. Anda bisa membelinya pada gerai offline atau situs online yang resmi. Selain itu, Anda juga bisa beli di PT. Pegadaian. Keduanya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sehingga sangat terpercaya.


4. Simpan emas ditempat yang aman

Selanjutnya cara investasi yang aman dan mudah diterapkan oleh pemula adalah menyimpan emas ditempat yang aman. Tempat aman yang bisa Anda gunakan adalah brankas atau safety box. Jika Anda tidak memiliki keduanya, pastikan saja tempat Anda sudah sangat aman untuk menyimpan emas.

Tentu saja memperhatikan tempat menyimpan emas yang aman agar terhindar dari pencurian.


5. Fokus masa depan

Anda harus memahami bahwa investasi merupakan tabungan untuk masa depan. Untuk masa jangkanya bisa pendek, sedang dan lama.

Ingat, investasi emas berbeda dengan jual beli yang mencari keuntungan secara singkat. Karena itu investasilah sesuai tujuan awal. Jangan terburu-buru menjualnya tanpa ada perhitungan terlebih dahulu.

Nah, itu dia cara investasi emas yang mudah bisa Anda ikuti, tips tersebut dari ustad yusuf mansyur yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi. []

(Vidiana Lihayati)


Baca Juga 

Berita terkait
Investasi Emas Atau Tanah, Mana Yang Lebih Baik ?
Semua jenis Investasi pasti ada kekurangan dan kelebihannya.
Mau Investasi Emas Secara Online? Ini Tips Paling Aman
Saat ini masyarakat di berbagai negara dimudahkan dengan adanya investasi emas secara online. Begini tips paling aman yang harus kamu ikuti.
Potensi dan Resiko Berinvestasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak
Dalam berinvestasi emas, Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk menjualnya agar untung yang didapatkan maksimal.
0
Tips Investasi Emas dari Ustaz Yusuf Mansyur
Emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan semata, tapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan.