Tips Hindari Penipuan Lowongan Kerja Perusahaan Teknologi Catut Tokopedia

Head of Recruitment Tokopedia, Lita Rosalia, menyampaikan beberapa tips agar terhindar dari penipuan lowongan pekerjaan atas nama Tokopedia.
Tips Hindari Penipuan Lowongan Kerja Perusahaan Teknologi Catut Tokopedia. (Foto: Tagar/Tokopedia)

TAGAR.id, Jakarta - Penipuan lowongan pekerjaan kerap terjadi. Head of Recruitment Tokopedia, Lita Rosalia, menyampaikan beberapa tips agar terhindar dari penipuan lowongan pekerjaan khususnya yang mengatasnamakan Tokopedia.

1. Pastikan Posisi Ada di Kanal Resmi

 Jika menerima tawaran pekerjaan yang mengatasnamakan Tokopedia, pastikan posisi yang ditawarkan ada di kanal resmi Tokopedia, seperti website https://www.tokopedia.com/careers/, Instagram @InsideTokopedia atau LinkedIn Tokopedia (https://id.linkedin.com/company/pt--tokopedia).

2. Perhatikan Alamat Pengirim Email 

“Tokopedia hanya akan mengirimkan email dari domain @tokopedia.com. Harap waspada apabila menerima email dari domain lain, seperti @tokopedia.co.id, @gmail.com dan lain-lain karena itu pasti bukan dari Tokopedia,” tegas Lita.

3. Hati-hati Link Phising 

Saat menerima pesan dari perekrut, baik melalui email, SMS, WhatsApp atau kanal lainnya, berhati-hati lah terhadap link penipuan atau phising. 

“Jangan asal klik link yang diterima melalui pesan dari perekrut yang mengatasnamakan Tokopedia. Pastikan dahulu perekrut adalah betul dari pihak Tokopedia,” jelas Lita.

4. Curigai Jika Ada Pungutan 

Tokopedia tidak pernah memungut biaya apapun selama proses rekrutmen. 

“Hati-hati jika ada pihak yang mengatasnamakan Tokopedia dan meminta biaya saat proses perekrutan. Proses rekrutmen di Tokopedia 100 persen gratis,” kata Lita.

5. Penawaran Gaji Pasti lewat Email Resmi 

Tokopedia tidak pernah mencantumkan nominal gaji saat menawarkan pekerjaan, apalagi lewat pesan singkat. 

“Penawaran gaji hanya akan disampaikan saat kandidat lulus dari berbagai tahapan seleksi. Surat penawaran juga akan diberikan lewat email resmi dengan domain @tokopedia.com,” tambah Lita.

Apabila melihat atau menerima penawaran kerja yang mengatasnamakan Tokopedia namun mencurigakan, masyarakat dapat melaporkan melalui [email protected] []


Berita terkait
WN Jepang Buronan Penipuan Bantuan Covid-19 Ditangkap di Lampung
Mitsuhiro Taniguchi, 47 tahun, berhasil dibekuk pada Selasa, 7 Juni 2022, malam, di Desa Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung
Tips Agar Tak Jadi Korban Penipuan Aplikasi Kencan Online
Maraknya penipuan di aplikasi kencan online bukan hal baru lagi. Tapi, masih saja memakan banyak korban dan menyusahkan pihak lain.
Kasus Penipuan Robot Trading Fahrenheit Diduga Libatkan Publik Figur, Siapa?
Diduga ada keterlibatan sejumlah publik figur yang hadir mengisi acara galla dinner Fahrenheit bulan Januari 2022 lalu di Bali.