TAGAR.id, Jakarta – Chief Operating Officer (COO) Tokopedia Melissa Siska Juminto berhasil meraih The Most Extraordinary Women Business Leaders 2022 oleh SWA.
Adapun beberapa deretan nama lainnya seperti, Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Connie Ang, CEO Danone Indonesia, FM Venusiana R, Direktur Consumer Service, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, dan Dian Siswarini, President Director & CEO, PT XL Axiata Tbk.
The Most Extraordinary Women Business Leaders 2022 adalah penghargaan yang dinobatkan kepada 18 pemimpin wanita melalui proses pemilihan yang berlangsung dalam 3 tahap.
Tahap pertama, penjaringan daftar kandidat melalui desk research dengan kriteria seperti, selama kepemimpinannya membuat langkah-langkah terobosan yang berdampak signifikan terhadap kinerja perusahaan, baik untuk jangka pendek maupun panjang.
Dengan inisiatif ini kami berharap Nakama dapat memiliki pengalaman bekerja dari rumah yang lebih menyenangkan dan produktif dengan memprioritaskan kesehatannya masing-masing.
Kemudian, perusahaan yang dipimpin menjalankan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) serta menjunjung aspek keberlanjutan bisnis. Tahap kedua, wawancara tertulis dan tahap ketiga, penilaian dewan juri.
Dari penilaian tersebut, Melissa meraih nilai kedua tertinggi dari 18 Most Extraordinary Women Business Leaders lainnya, mengingat Melissa sudah banyak melakukan terobosan terbaru bersama Tokopedia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama para UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.
- Baca Juga: Sambut Hari Air dan Earth Hour Maret 2022, Tokopedia Bagi 5 Tips Hemat Air dan Energi
- Baca Juga: Gojek-Tokopedia (GoTo) Segera Melantai di Bursa Efek Indoneia
Diakuinya, banyak UMKM yang merasakan dampak negatif pembatasan aktivitas masyarakat. Namun, mereka juga menyaksikan UMKM yang mengalihkan bisnisnya secara online dengan memanfaatkan platform digital seperti marketplace.
Menjawab tantangan tersebut, Tokopedia meluncurkan berbagai inisiatif guna mendukung UMKM lokal. Salah satunya, inisiatif #JagaEkonomiIndonesia bekerjasama dengan pemerintah di tahun 2020. Mereka juga menggandeng penyelenggara acara untuk menggelar event yang biasanya offline menjadi online, seperti Big Bad Wolf, Market Museum, dan Jakcloth.
“Sebagai salah satu pemimpin di Tokopedia, fokus saya hanyalah bagaimana membantu lebih banyak pengusaha di Indonesia [untuk] mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan bagaimana memberikan akses produk yang lebih baik kepada masyarakat Indonesia di mana pun berada,” ujar Melissa.
Tak hanya itu, untuk menjaga kesehatan serta kesejahteraan Nakama (karyawan Tokopedia), kata Melissa, Tokopedia juga menyediakan sejumlah platform antara lain Nakama Wellbeing, dimana karyawan dapat berkonsultasi dengan psikologi untuk membantu meningkatkan motivasi serta menjaga kesehatan fisik dan mental. Ada juga program Work Fun Home yang berupaya membuat karyawan memiliki pengalaman bekerja dari rumah yang menyenangkan dan produktif.
“Dengan inisiatif ini kami berharap Nakama dapat memiliki pengalaman bekerja dari rumah yang lebih menyenangkan dan produktif dengan memprioritaskan kesehatannya masing-masing. Karena Tokopedia percaya kesuksesan strategi selalu dimulai dengan orangnya dan hasil bisnis selalu merupakan hasil dari tim di dalamnya,” kata Melissa menegaskan.
Tentang Melissa Siska Juminto

Sebelum bergabung ke Tokopedia Melissa sempat mendirikan perusahaan rintisan di bidang fashion tetapi tak berhasil. Namun, kegagalan menjadi entrepreneur tak menghalanginya mengukir prestasi sebagai eksekutif jempolan. Itu semua tentunya bersandar pada prinsip kepemimpinan yang dimilikinya.
- Baca Juga: Layanan Fulfillment ‘Dilayani Tokopedia’ Diluncurkan! Perdekat Pegiat Usaha Lokal dengan Masyarakat
- Baca Juga: Tokopedia Bantu UMKM di Indonesia Melalui Inisiatif Hyperlocal
Dalam menjalankan perannya sebagai COO Tokopedia. Ia merupakan tipikal pemimpin yang jika menggunakan kacamata sang pemikir tentang leadership John C Maxwell percaya pada ‘Hukum Keteladanan’ dan ‘Hukum Pertumbuhan Eksplosif’.
Nah, sejak masuk ke Tokopedia ia belajar bahwa kepemimpinan itu harus dijalankan dengan aksi serta keteladanan. Begitu pula, ‘seorang pemimpin harus mau melayani dan memfasilitasi anggota tim untuk berkembang bahkan menjadi lebih baik dari pada dirinya sendiri dan dapat melahirkan pemimpin baru.’ []