Pengamat: Deklarasi Dukung Ganjar Strategi Marketing PDIP

Pengamat Politik Rumah Politik Indonesia, Gerry Hukubun mengatakan bisa jadi deklarsi dukung Ganjar merupakan strategi marketing PDIP untuk 2024.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Tagar/Dok Pemprov Jateng)

Jakarta - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno mengomentari gerakan relawan Sahabat Ganjar yang melakukan deklarasi dukungan di 34 provinsi untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Yang sekarang kita butuhkan kesejukan untuk mengatasi persoalan-persoalan besar, konsentrasi pada penanganan pandemi. Kita jangan terlalu genit bermain-main dengan aksesoris kekuasaan," kata Hendrawan, Senin, 23 Agustus 2021.

Menanggapi hal tersebut Pengamat Politik Rumah Politik Indonesia, Gerry Hukubun mengatakan apa yang menjadi statement Hendrawan menjadi hal yang sangat wajar dalam kader, mengingat Ganjar sebagai kader PDIP dan mungkin saja pada saat situasi tersebut Hendrawan dimintai pendapat, jadi tidak bisa dikatakan bahwa apa yang disampaikan Hendrawan mewakili partai.


Saya membaca ini dengan dua kemungkinan, yang pertama ini memang betul ada upaya bagaimana membentuk popularitas yang menuju elektabilitas Mba Puan dalam membangun popularitas dan yang kedua bisa jadi ini adalah strategi marketing yang dimana saya melihat di Indonesia ini masih ada di posisi feeling voters.


Gerry HukubunGerry Hukubun saat diwawancarai Cory Olivia di kanal YouTube Tagar TV. (Foto: Tagar/Azzahrah)

“Saya masih melihat hal itu masih statement pribadi tetapi terlepas dari itu sekarang, memang terjadi semacam persaingan dua fraksi di dalam PDIP artinya ada dari kubu mba Puan dan Pak Ganjar,” ujar Gerry dalam wawancara di kanal YouTube Tagar TV, Rabu, 25 Agustus 2021.

Menurut Gerry yang melihat persaingan yang terjadi secara tidak langsung tersebut adalah kita masyarakat indonesia yang berada di luar partai. 

Apapun yang terjadi adalah PDIP sendiri akan memilih Puan Maharani atau Ganjar Pranowo dua-duanya tetap akan mewakili PDIP, secara tidak langsung ini merupakan branding atau teknik untuk meningkatkan popularitas dari PDIP menjelang PilPres 2024.

“Saya membaca ini dengan dua kemungkinan, yang pertama ini memang betul ada upaya bagaimana membentuk popularitas yang menuju elektabilitas Mba Puan dalam membangun popularitas dan yang kedua bisa jadi ini adalah strategi marketing yang dimana saya melihat di Indonesia ini masih ada di posisi feeling voters”, ujar Gerry.

Sebelumnya, elemen relawan bernama Sahabat Ganjar mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024. Deklarasi dilakukan secara virtual dengan melibatkan relawan dari 34 provinsi. 

Ketua Umum Sahabat Ganjar Leni Handayani mengatakan pihaknya akan mulai mempromosikan Ganjar ke publik. la menyebut Sahabat Ganjar akan mensosialisasikan kegiatan dan pencapaian Ganjar selama menjadi penjabat publik. 

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)

Berita terkait
CISA: PSI-PDIP Tak Perlu Gunakan Hak Interpelasi pada Anies
Pengamat Politik dari Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) mengatakan PSI dan PDIP tak perlu menggunakan hak interpelasi kepada Anies.
Megawati Ingatkan Kader PDIP Tinggalkan Zona Nyaman
Penyataan itu diungkapkan Megawati dalam upacara bendera Peringatan HUT ke-76 RI, Selasa, 17 Agustus 2021.
Ribuan kader PDIP Jalani Upacara Virtual HUT RI ke-76
Hasto Kristiyanto menegaskan, peserta upacara HUT RI menghadirkan sebanyak 17 orang, 8 orang petugas upacara, dan 45 bendera.
0
Pengamat: Deklarasi Dukung Ganjar Strategi Marketing PDIP
Pengamat Politik Rumah Politik Indonesia, Gerry Hukubun mengatakan bisa jadi deklarsi dukung Ganjar merupakan strategi marketing PDIP untuk 2024.