UNTUK INDONESIA
Tips Bersihkan Rumah dari Virus Corona
Dalam masa pandemik virus corona Covid-19 membersihkan rumah adalah suatu keharusan dalam upaya mencegah penyebaran infeksi.
Ilustrasi - Perkakas dalam membersihkan rumah. (Foto: Antara/Pixabay)

Jakarta - Dalam masa pandemik virus corona Covid-19 membersihkan rumah adalah suatu keharusan dalam upaya mencegah penyebaran infeksi. Cuma beberapa menit membesihkan rumah tapi manfaatnya luar biasa bagi seluruh anggota keluarga.

Para ahli kesehatan, seperti dilansir situs New York Times, dikutip dari Antara, Selasa, 31 Maret 2020, menyarankan kita membersihkan rumah setiap hari, apalagi pada masa wabah corona seperti sekarang ini.

Dalam membersihkan rumah sebaiknya menggunakan lap ditambah produk yang menjanjikan membunuh 99.9 persen kuman dan bakteri. Jika tidak ada bisa gunakan air dengan sabun.

Berikut tipsnya

Gunakan beberapa tetes sabun pada delapan ons air. Meskipun sabun dan air tidak akan membunuh semua kuman, tapi keduanya efektif menghilangkan virus corona baru dari permukaan benda. 

Bersihkan semua area rumah, terutama di titik yang terdapat jutaan sidik jari setiap hari, antara lain pegangan pintu, saklar, pintu lemari es dan mikrowave, laci, remote televisi, meja, area toilet dan pegangan keran air. 

"Tapi cuci tangan Anda ketika sampai di rumah, dan cobalah untuk membersihkan beberapa area yang sangat sering tersentuh tangan," kata Dr. Kryssie Woods, ahli epidemiologi di Mount Sinai West in New York

Saat membersihkan rumah disarankan memakai sarung tangan, tapi tidak praktis. Pastikan mencuci tangan sebelum dan sesudah kita membersihkan rumah. 

Apabila kita menggunakan sarung tangan dalam membersihkan rumah, maka kita harus mencuci sarung tangan tersebut sesudah digunakan membersihkan rumah menggunakan air dan sabun, keringkan dan simpan sarung tangan. Setelah itu, cuci tangan kita. 

Satu hal lagi, ketika kita sampai di rumah, lepas sepatu, dan segera cuci tangan selama 20 detik mengggunakan sabun di bawah air mengalir.[]

Berita terkait
Cara Bersihkan Laptop di Tengah Wabah Coronavirus
Laptop menjadi perangkat kerja baik di kantor dan rumah. Dalam kondisi sekarang ini kita dituntut kerja dari rumah. Jangan ada virus di rumah kita.
4 Cara Bersihkan Ponsel Agar Tidak Tertular Flu
Ponsel adalah barang paling kotor yang dijumpai setiap hari. Smartphone lebih kotor 10 kali lipat daripada kursi toilet duduk.
Masa Corona, 5 Tips Cegah Gemuk Saat Kerja di Rumah
Bekerja dari rumah akibat virus Corona, bisa mengubah pola makan menjadi meningkat dan berdampak pada kenaikan berat badan.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya