Tips Berinvestasi Emas untuk Pemula

Banyak yang sudah mulai menekuni investasi ini karena harga emas selalu naik dari hari ke hari
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Investasi emas bukan merupakan hal baru lagi dikalangan masyarakat, banyak yang sudah mulai menekuni investasi ini karena harga emas selalu naik dari hari ke hari. Bagi para pemula mungkin mengalami kesulitan dalam investasi emas, berikut 5 tips investasi emas untuk kamu si pemula.


1. Tempat membeli emas

Sangatlah penting menentukan tempat membeli emas yang baik. Belilah emas di toko yang memiliki reputasi yang jelas. Hal ini berguna untuk memberikan rasa aman dan kualitas yang baik. Perhatikan juga harga jual kembali di toko tersebut, jangan sampai harga jual kembali turun drastis. Hindari membeli emas dengan harga sama sesuai yang tercantum di surat. Untuk rekomendasi yang terjamin dan bersertifikat, pilihlah PT. Antam atau Pegadaian.


2. Pilih emas batangan, bukan Perhiasan

Jika Anda memang ingin melakukan cara investasi emas via pembelian langsung di toko, prioritaskan untuk memilih emas batang dan bukan emas perhiasan. Umumnya, ada biaya desain atau pengerjaan yang cukup tinggi di kisaran 10-15 persen. Otomatis, harga pembelian emas perhiasaan menjadi lebih mahal. Ini kecuali Anda ingin cara menabung emas yang sekaligus untuk menunjang penampilan. Selain itu, penting diingat biaya desain/pengerjaan itu tidak akan dihitung saat Anda menjual kembali.


3. Pastikan tempat penyimpanan memadai

Lantaran emas mudah dipindahkan serta dibawa, kamu harus memastikan punya kawasan penyimpanan memadai. Hal ini penting guna menghindari risiko kehilangan maupun dicuri. Pertimbangkan kawasan semacam apa yg aman menyimpan investasi kamu. Contoh, kamu mampu menyewa kawasan penyimpanan di Pegadaian atau bank, maupun menyediakan brankas logam sendiri di rumah.


4. Pilih cara investasi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ada dua cara investasi emas yang dapat Anda pilih, yaitu online dan fisik. Anda dapat memilih berinvestasi dengan cara langsung membeli emas di butik atau toko emas terpercaya atau melalui berbagai marketplace yang saat ini memang sudah banyak yang menyediakan investasi emas, seperti Tokopedia.

Setiap pilihan yang Anda ambil tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing yang sudah Anda pahami berdasarkan uraian sebelumnya. Apapun cara yang Anda pilih, investasi adalah cara mengelola keuangan agar masa depan Anda lebih terjamin.


5. Cek Harga Emas Secara Berkala

Harga emas memang cenderung naik bila dilihat dari grafik tahunan. Namun harga emas bisa dia naik turun setiap harinya. Karena itu, kamu perlu melakukan pemantauan terhadap harga emas secara berkala. Memantau harga emas sangat penting dilakukan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian emas. Sebaiknya kamu membeli emas ketika harganya sedang turun.

Sebelum membeli emasi, kamu bisa cek harga emas harian di situs resmi Bukit Emas Antam, Pegadaian, atau Marketplace toko emas yang terpercaya. Biasanya kamu akan mendapatkan informasi harga emas per gram, setengah gram, lima gram, hingga 100 gram. Jangan lupa cek juga berita ekonomi terkini khusus tentang emas, karena harga emas dalam negeri umumnya dipengaruhi oleh harga emas dunia. []

(Anfasya Qurratul Aini)


Baca Juga

Berita terkait
Cek di Sini! Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Hari Ini
arga emas antam dan harga emas UBS hari ini di pegadaian, Selasa 23 November 2021 sama-sama bertahan dari harga kemarin. Berikut selengkapnya.
Cara Menabung Emas di Pegadaian
Cara menabung emas di Pegadaian sangat mudah diterapkan siapa saja, baik pelajar, mahasiswa, maupun karyawan.
Begini Cara Menabung Emas di Tokopedia
Selain aman dan terpercaya, Anda juga bisa mulai membeli dan menjual emas hanya dengan bermodalkan Rp5 ribu.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.