Tingkat Persetujuan Kepemimpinan Amerika Serikat Kembali Naik

Persetujuan untuk kepemimpinan Amerika Serikat (AS) kembali naik dalam enam bulan pertama pemerintahan Presiden Joe Biden
Foto bersama para pemimpin G7 di pantai Carbis Bay Hotel di Carbis Bay, St. Ives, Cornwall, Inggris, 11 Juni 2021 (Foto: voaindonesia.com - AP Photo/Patrick Semansky, Pool)

Jakarta – Persetujuan untuk kepemimpinan Amerika Serikat (AS) kembali naik dalam enam bulan pertama pemerintahan Presiden Joe Biden. Ini bedasarkan hasil survei Gallup terhadap orang-orang di hampir 50 negara. Kenaikan terjadi setelah persetujuan rata-rata kepemimpinan Amerika di 108 negara di mana Gallup melakukan survei mencapai rekor terendah 30 persen pada tahun 2020, tahun terakhir pemerintahan Presiden Donald Trump.

Gallup, perusahaan analitik yang berbasis di Washington, D.C., mengatakan data 2021 belum lengkap, tetapi di 46 negara di mana data tersedia pada awal Agustus, persetujuan untuk kepemimpinan Amerika naik hingga 49 persen. Jumlah persetujuan turun di tiga negara, dari 18 persen menjadi 13 persen di Rusia, dari 20 persen menjadi 16 persen di Serbia dan dari 54 persen menjadi 50 persen di Benin.

Persetujuan untuk kepemimpinan Amerika naik tajam pada 2021 dari tahun 2020 di beberapa negara Eropa, naik 52% di Portugis 45% di Belanda dan 41% di Swedia. Persetujuan kepemimpinan Amerika juga melonjak dari 17% menjadi 55% di Kanada, dan naik dua digit di Jerman, Italia, Prancis, dan Jepang.

presiden joe bidenPresiden AS, Joe Biden, berbicara di luar Gedung Putih di Washington, Jumat, 8 Oktober 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Gallup menunjuk pada pendekatan Amerika yang berbeda untuk terlibat dengan dunia di bawah pemerintahan Trump dan Biden. Trump mempromosikan kebijakan "Dahulukan Amerika", sedangkan Biden berusaha untuk bekerja sama lebih erat dengan negara lain.

“Kata-kata dan tindakan ini kemungkinan meyakinkan banyak sekutu lama Amerika dan komunitas internasional pada umumnya dan membantu menjelaskan lonjakan tingkat persetujuan di sebagian besar dari 46 negara dan wilayah yang disurvei hingga paruh pertama 2021,” kata Gallup.

Bahkan dengan peringkat persetujuan yang lebih tinggi, Amerika masih berada di urutan kedua di beberapa wilayah jika dibandingkan dengan beberapa rekannya. Ketika Gallup bertanya apakah orang menyetujui kepemimpinan Amerika, Jerman, China, dan Rusia, Jerman menempati peringkat pertama di antara responden di Eropa, Asia, dan negara-negara di benua Amerika. Amerika Serikat menempati peringkat pertama hanya di Afrika, dengan persetujuan 53%, tepat di atas Jerman dengan 49% (ka/ab)/voaindonesia.com. []

Popularitas Biden Anjlok Karena Krisis Afghanistan Hanya Sementara

Kekecewaan Terhadap Presiden Joe Biden Meningkat

Trump Serang Biden Isyaratkan Akan Calonkan Diri Lagi 2024

Biden Akan Buru Pelaku Serangan Bom di Kabul

Berita terkait
Popularitas Biden Anjlok Karena Krisis Afghanistan Hanya Sementara
Apakah opini publik akan merugikan kepresidenan Biden dan prospek Partai Demokrat, terutama menjelang pemilihan sela pada November 2022
0
Tingkat Persetujuan Kepemimpinan Amerika Serikat Kembali Naik
Persetujuan untuk kepemimpinan Amerika Serikat (AS) kembali naik dalam enam bulan pertama pemerintahan Presiden Joe Biden