Tiga Mekanisme Penyaluran BST oleh Kantor Pos Cibinong

Kepala Kantor Pos Cibinong Yudi Hernawan, menjelaskan mekanisme penyaluran BST yang dilaksanakan di wilayahnya.
Pengambilan BST di Kantor Pos Cibinong. (Foto:Tagar/Tantri)

Cibinong – Kepala Kantor Pos Cibinong Yudi Hernawan menyampaikan bahwa total penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di Wilayahnya hingga Minggu, 2 Mei 2021 telah mencapai 103.685 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Jumlah tersebut sudah termasuk data susulan sebanyak 21.246 KPM yang tersebar di beberapa kecamatan. Data susulan tersebut, paling banyak berasal dari Kecamatan Gunung Putri dan Cibinong yang sebelumnya berasal dari data penerima Bansos.

Yang lebih prioritas lagi untuk door to door adalah bagi KPM yang benar-benar tidak bisa datang ke tempat pengambilan contohnya yang sedang sakit, lansia atau yang sedang isolasi mandiri.

“Untuk persentase penyaluran (BST) kita kurang lebih sudah mencapai 93% sampai posisi tanggal 2 Mei 2021,” tutur Yudi dihadapan wartawan Senin, 3 Mei 2021 di Cibinong.

Yudi HernawanKepala Kantor Pos Cibinong Yudi Hernawan. (Foto:Tagar/Tantri)

Yudi menjelaskan, mekanisme penyaluran BST yang dilaksanakan oleh Kantor Pos Cibinong sendiri ada tiga, pertama secara komunitas atas permintaan masyarakat, RT RW, desa, juga kecamatan setempat.

“Kemudian pola door to door. Untuk pola door to door ini kita juga sempat diskusi dengan pusat. Diprioritaskan semua door to door yang belum mengambil di komunitas. Tetapi yang lebih prioritas lagi untuk door to door adalah bagi KPM yang benar-benar tidak bisa datang ke tempat pengambilan contohnya yang sedang sakit, lansia atau yang sedang isolasi mandiri,” tegasnya.

Sementara yang ketiga dibayarkan di loket-loket Kantor Pos Cabang. Tetapi waktunya terbatas disesuaikan dengan jam dinas kantor pos terkait. Bagi yang belum maka didatangi satu persatu sampai malam hari oleh petugas Pos. Intinya, untuk memastikan seluruh KPM bisa menerima penyaluran dana BST dengan data-data yang ada.

Bantuan Sosial TunaiPenyaluran Bantuan Sosial Tunai di kantor pos Cibinong. (Foto:Tagar/Tantri)

Mengenai batas penyaluran, Kepala Kantor Pos Cibinong Yudi Hernawan menyatakan belum ada pemberitahuan dari pusat. Tetapi ia menyebut biasanya H-3 sebelum lebaran sudah ada pemberitahuan tanggal untuk closing.

“Untuk tenaga kantor pos Cibinong memiliki 241 petugas termasuk outsourcing kabupaten. Untuk satu tim bisa 2 sampai 3 desa yang dikunjungi petugas untuk dibagikan BST per harinya,” sebut Yudi. []

Berita terkait
BST dari Kemensos Tidak Dipotong Sepeserpun Oleh Pihak Manapun
Kepala Kantor Pos Cibinong Yudi Hernawan menegaskan bahwa penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tidak dipotong sepeserpun oleh pihak manapun.
Perjuangan Petugas Pos Bagikan BST, Menginap Seminggu Sampai Ada yang tertular Covid
Kepala Kantor Pos Cibinong Yudi Hernawan mengatakan, Cibinong masuk zona hitam, petugas pos yang menyalurkan BST sampai ada yang positif 18 orang.
Ketika Presiden Jokowi Acungkan Dua Jempol untuk Tri Rismaharini
Jokowi mengacungkan dua jempol untuk Menteri Sosial Tri Rismaharini ketika jadi Wali Kota Surabaya wujudkan Pengolah Sampah menjadi Energi listrik.
0
Mengenang Kembali Sejarah Hari Lahir Pancasila
Sejarah hari lahirnya Pancasila ditandai oleh pidato Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945, Bung Karno berpidato dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai.