UNTUK INDONESIA
Tiga Kuliner Indonesia Favorit Orang Asing
Tiga masakan favorit tersebut adalah sate ayam, nasi goreng kampung, gado-gado, dan kerupuk udang.
Nasi Goreng. (Foto: Instagram/@kedaigoeska)

Jakarta - Aslida Rahardjo telah 20 tahun hidup di banyak negara. Dia menuturkan tiga masakan favorit para rekannya yang merupakan warga negara asing (WNA).

Aslida, istri dari mantan Duta Besar Indonesia untuk China Sugeng Rahardjo, itu berpendapat tiga masakan favorit tersebut adalah sate ayam, nasi goreng kampung, gado-gado, dan kerupuk udang.


Tiga hidangan itu adalah sate ayam, nasi goreng kampung dan gado-gado. Tapi mereka suka sekali dengan nasi goreng.


"Tiga hidangan itu adalah sate ayam, nasi goreng kampung dan gado-gado. Tapi mereka suka sekali dengan nasi goreng," kata Aslida seusai peluncuran buku "Resep Masakan Indonesia di 5 Benua" di Jakarta, Minggu (22/9/2019), dikutip dari Antara, Senin, 23 September 2019.

Menurut dia, banyak rekan yang menyukai nasi goreng tradisional Indonesia karena cita rasanya berbeda dengan nasi goreng khas China yang cenderung asin dan berwarna kemerahan.

"Karena kecapnya Indonesia itu rasanya berbeda sekali. Kecap kita enggak ada di tempat lain, rasanya manis dan gurih. Itu yang membedakan dan jadi favorit teman-teman di luar negeri," ujar Aslida.

Namun, selain hidangan utama, kehadiran kerupuk udang juga menjadi pelengkap yang ditunggu-tunggu dalam masakan mantan diplomat muda di KBRI Wina, Austria itu.

"Lucunya, mereka juga suka sekali dengan kerupuk udang, atau mereka biasa sebut dengan shrimp crackers sebagai pelengkap yang sederhana tapi enak," kata dia. [] 

Berita terkait
25 Kuliner Khas Malang yang Bikin Ketagihan
Kota Malang Jawa Timur memiliki ragam kuliner dengan cira rasa yang bikin ketagihan. Berikut 25 makanan khas wilayah berjuluk Kota Apel itu.
Sejarah Onde-Onde Berasal dari Tiongkok
Kue onde-onde memiliki rasa yang enak dan lezat dengan bentuk bulat ditaburi wijen ditambah kacang hijau jadi ciri khas. Ini sejarahnya.
Lima Kuliner Pedas Menggugah Selera
Selain dikenal sebagai surga dunia, Indonesia juga identik dengan kuliner yang mempunyai cita rasa nikmat dan juga pedas.
0
UAS Mengundurkan Diri Sebagai PNS di UIN Suska Riau
UAS resmi mengundurkan diri sebagai PNS di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska), Pekanbaru, Riau.