UNTUK INDONESIA
25 Kuliner Khas Malang yang Bikin Ketagihan
Kota Malang Jawa Timur memiliki ragam kuliner dengan cira rasa yang bikin ketagihan. Berikut 25 makanan khas wilayah berjuluk Kota Apel itu.
Rawon. (Foto: Instagram/@rakaaryuda100)

Jakarta - Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, Malang yang populer dengan sebutan kota apel menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bukan hanya terkenal pariwisatanya yang begitu memukau, ternyata wisata kuliner khas Malang wajib dicicipi juga karena mampu membuat lidah bergoyang saking lezatanya.

Mulai dari bakso, nasi goreng, sate, cwie mie, hingga camilan ringan, semua ada di sana. 

Berikut Tagar informasikan 25 makanan khas Malang yang membuat lidah pecinta kuliner bakal ketagihan.

1. Cwie Mie

Cwie mieCwie mie. (Foto: Instagram/@all_en_w)

Sejarah datangnya cwie mie di Malang berasal dari etnis Tionghoa. Sekilas mie ini menyerupai seperti mie ayam biasa.

Namun, pada kenyataanya, sangatlah berbeda. Cwie mie merupakan daging ayam yang disajikan lebih halus dan sudah dicampur dengan cacar, kuah, dan taburan bawang.

2. Bakso Malang

Bakso MalangBakso Malang. (Foto: Instagram/@bakso_indonesia)

Terbuat dari bahan utama daging sapi, bakso Malang merupakan salah satu makanan yang tak bisa dilewatkan bila sedang berkunjung ke Malang.

Dengan kenyalnya pentol dan gurihnya kuah kaldu sapi, dicampur dengan mie, bihun, taoge, tahu, sehingga mampu membangkitkan nafsu makan, bahkan saat pagi hari.

3. Orem-orem

Orem-oremOrem-orem. (Foto: Instagram/@resep_masakan_mudah)

Beda halnya dengan masakan yang satu ini, masakan yang mulai menjamur di Malang sejak tahun 80-an. Merupakan hidangan berkuah yang menyajikan irisan tempe goreng yang sudah dibumbui bersama ayam goreng.

Cita rasanya, sekilas hampir mirip dengan sayur lodeh. Namun, makanan ini disajikan dengan kuah kaldu ayam yang sangat kental mampu mengenyangkan perut yang kosong di pagi hari.

4. Bakso Bakar

Bakso bakarBakso bakar. (Foto: Instagram/@soloculinery)

Bakso bakar ini sama seperti pada bakso-bakso yang dijumpai di Malang, hanya bedanya bakso ini dilumuri dengan saus, kecap dan rempah-rempah.

Sehingga, ketika dibakar, bakso ini akan mengeluarkan aroma yang begitu menggoda membuat perut kian lapar.

5. Es Angsle

Es angsleEs angsle. (Foto: pikdo.net)

Kalau tadi sudah membahas mengani makanan yang gurih dan renyah, kini saatnya membahas yang manis-manis. Angsle merupakan minuman khas Malang yang berupa wedang hangat.

Minuman ini berisikan roti, kacang tanah, dan kacang hijau di dalamnya. Sehingga, sangat pas untuk dihidangkan sebagai makanan penutup layak disantap pagi maupun malam hari.

6.  Es Durian Dampo

Es durian dampoEs durian dampo. (Foto: resepnusantara.id)

Malang terkenal dengan buah apelnya yang begitu manis. Namun untuk makanan penutup yang satu ini bukanlah apel yang digunakan.

Melainkan berbahan dasar durian yang dicampur dengan susu kental, sirup, dan es batu yang membuat rasanya semakin menggelegar. Sehingga minuman ini sangat pas untuk dijadikan pilihan utama saat cuaca sedang panas-panasnya karena mampu menyegarkan tubuh.

7.  Nasi Goreng Mawut

Nasi Goreng MawutNasi Goreng Mawut. (Foto: Instagram/@tsaniwismono)

Nasi Goreng Mawut yang lebih dikenal dengan sego goreng mawut ini merupakan makanan khas Malang yang merupakan olahan nasi goreng yang dicampur dengan mie goreng serta bahan-bahan lainnya.

Sehingga, memiliki cita rasa yang begitu menggoda dan memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmatnya.

8. Tahu Lontong Lonceng

Tahu Lontong LoncengTahu Lontong Lonceng. (Foto: Instagram/@sbykulinerinfo)

Makanan khas yang satu ini memang ada sejak tahun 1935 hingga sekarang. Dan menjadi salah satu kuliner legendaris di Kota Malang.

Dengan siraman bumbu kacang yang memiliki kandungan rasa manis kecap, gurih kacang, dan sedikit sambal petis tersebut terasa begitu menyatu dengan tahu serta telur yang digoreng menggunakan tingkat kematangan yang pas.

Ciri khas lain makanan ini ialah, dalam satu piring tahu lontong disertakan toge dalam jumlah lebih banyak, mentimun, kerupuk dan disajikan tanpa kentang.

9. Rujak Cingur

Rujak CingurRujak Cingur. (Foto: craftlog)

Salah satu makanan khas Jawa Timur yang juga bisa ditemukan saat berwisata di Kota Malang ialah rujak cingur. Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar cingur alias irisan mulut sapi yang dimasak dengan direbus dan diberi bumbu agar aromanya kian sedap.

Cara penyajiannya pun dengan cara disusun di piring dicampur dengan sayur-mayur, tahu, tempe, dan beberapa buah seperti mentimun dan nenas.

Kemudian, rujak disiram dengan bumbu petis yang kental dan khas. Sehingga, akan memberi cita rasa yang begitu nikmat.

10. Putu Lanang Celakat

Putu lanang celakatPutu lanang celakat. (Foto: pusakapusaka.com)

Putu merupakan salah satu jajanan favorit yang bisa ditemukan di Kota Malang. Makanan ini merupakan kuliner yang terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah kemudian dikukus hingga matang.

Disajikan di atas daun pisang dengan taburan parutan kelapa yang gurih, sehingga memiliki cita rasa yang sangat lezat.

11. Ronde Titoni

Ronde titoniRonde titoni. (Foto: Instagram/mariahalim)

Makanan ini terdiri dari air jahe, dilengkapi dengan berbagai isian kolang-kaling, potongan roti tawar, kacang tanah, dan moci tepung beras.

Memiliki cita rasa tiada duanya, kuliner ini sangat pas dinikmati pada waktu malam hari.

12. Soto Geprak

Soto geprakSoto geprak. (Foto: Instagram/@yulindanunggalaa)

Soto Geprak Mbah Djo merupakan salah satu warisan wisata kuliner khas Malang. Dengan menggunakan racikan bumbu-bumbu tradisional yang berkualitas, sehingga mampu menghasilkan cita rasa yang begitu menggugah selera.

Sayangnya, meski dijuluki kuliner malam, soto ini selalu ludes di sore hari. Laris manis dan selalu dirindukan banyak orang yang berkunjung ke Kota Malang begitulah soto geprak.

13.  Nasi Pecel Kawi

Nasi pecel kawiNasi pecel kawi. (Foto: Instagram/@gotravelly)

Saatnya beranjak ke menu makanan tradisional di Malang yang juga menjadi andalan wisata kota ini. Kuliner ini merupakan hidangan yang terdiri dari nasi putih, sayuran, lauk pauk, dan disiram dengan bumbu kacang yang lezat serta dihidangkan bersama rempeyek yang gurih dan renyah.

Sehingga, mampu memiliki cita rasa yang lezat dan sangat pas dinikmati pada waktu pagi hari maupun siang hari.

14. Rawon Nguling

RawonRawon. (Foto: Instagram/@rakaaryuda100)

Makanan ini merupakan kuliner khas yang dimiliki kota Malang yang sudah sangat terkenal dan mudah didapat di berbagai tempat makan.

Diracik dengan bumbu-bumbu tradisional, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, serai, ketumbar, cabe, dan minyak nabati.

Dengan kuahnya yang tidak terlalu pekat, serta tidak mengandung banyak lemak, sehingga mampu menghadirkan cita rasa rawon yang begitu lezat.

15. Sate Landak

Sate landakSate landak. (Foto: Instagram/@raja.makan0

Kuliner yang satu ini memang terdengar sedikit ekstrem. Bagaimana tidak, mendengar namanya saja pasti sudah membayangkan hewan yang cukup mengerikan.

Namun, daging dari hewan berduri tajam ini memiliki protein tinggi. Mempunyai tekstur daging yang halus, sehingga olahan dari landak ini mempunyai cita rasa lezat dan tak kalah lezat dari sate-sate jenis lainnya.

16. Mie Gajah Mada

Mie gajah madaMie gajah mada. (Foto: Instagram/@mariahalim)

Di Malang, tempat makan yang menyajikan menu hidangan mie sebagai primadonanya telah ada sejak zaman dahulu. Pamor dari Mie Gajah Mada masih cemerlang hingga saat ini. Terletak di kawasan wilayah Pecinan di Malang, tempat ini tak pernah sepi pembeli. Salah satu menu andalannya ialah mie ayam jamur.

Hidangan ini terdiri dari semangkuk mie dengan campuran daun selada, suwir ayam, topping jamur kancing, serta wonton (siomai basah) dan tak lupa taburan bawang goreng serta daun bawang.

Meskipun kuliner ini tergolong sederhana, tetapi cita rasanya begitu sangat memikat lidah.

17. Bakpao Boldy

Bakpao BoldyBakpao boldy. (Foto: Instagram/@yulindanunggalaa)

Makanan ini memiliki ciri khas berwarna putih, bersih, dan berstektur lembut. Diracik dengan olahan bahan-bahan nomer satu dan dikerjakan tangan-tangan kreatif.

Bakpao boldy memiliki cita rasa yang begitu sangat khas dan unik.

18. Nasi Bakmoy

Nasi bakmoyNasi bakmoy. (Foto: Instagram/@gotravelly)

Nasi Bakmoy merupakan nasi digenangi kuah cokelat dari kaldu ayam yang ditaburi potongan daging ayam dan taburan daun bawang goreng.

Sehingga, makanan ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan wajib untuk dicoba saat berkunjung ke Kota Malang.

19. Nasi Jagung

Nasi jagungNasi jagung. (Foto: Instagram/@andrianidyandra.sarilemon)

Wisata kuliner khas Malang lainnya yang wajib kamu coba ialah nasi jagung. Makanan ini merupakan campuran beras dengan jagung giling yang ditanak bersama.

Disajikan bersama urap-urap, sambal goreng tahu, ikan asin goreng, dan bakwan jagung, sehingga sangat pas dinikmati untuk menu sarapan pagi.

20. Tempe Mendol

Tempe mendolTempe mendol. (Foto: Instagram/@endahsari_83)

Mendol merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tempe kedelai yang berbentuk blok (mendol). Kuliner ini biasanya disajikan sabagai lauk ataupun dimakan langsung sebagai menu utama.

Memiliki tekstur yang padat, rata-rata makanan ini bisa dijumpai di warung nasi pecel.

21. Tahu Campur

Tahu campurTahu campur. (Foto/@indra_iant)

Tahu campur merupakan kuliner malam di Malang yang biasanya dijual pedagang kaki lima yang berkeliling. Biasanya, mereka mulai menjajakan tahu campur mulai pukul 7 malam hingga tengah malam.

Makanan ini sangat berbeda dengan tahu tek maupun tahu gejrot, dengan menggunakan campuran petis yang di masukan ke dalam kuahnya, sehingga memiliki rasa yang lezat tiada duanya.

22. Sate Kelinci

Sate kelinciSate kelinci. (Foto: Instagram/@ummurafid)

Terletak di Batu, Malang, makanan ini merupakan kuliner yang berbahan dasar daging kelinci. Dengan menggunakan bumbu-bumbu tradisional, sehingga memiliki cita rasa yang nikmat.

Daging ini mempunyai tekstur yang empuk seperti daging ayam. Selain enak, kabarnya daging ini bisa menyembuhkan penyakit asma.

23.  Ketan Bubuk

Ketan bubukKetan bubuk. (Foto: Instagram/@edo_tsakazawa0

Makanan ini biasanya disajikan dengan beragam topping yang menggugah selera dan kekinian. Mulai dari cokelat, susu vanilla, keju, kacang, hingga selai buah-buahan.

Durian merupakan salah satu rasa favorit karena menggunakan durian asli dengan daging yang tebal. Sehingga mampu memberikan sensasi rasa yang begitu sangat nikmat.

24. Burger Buto

Burger butoBurger buto. (Foto: Instagram/@petualangkuliner.id)

Kuliner ini merupakan makanan yang unik. Burger di sini dijual dengan berbagai ukuran dari mulai ukuran mini hingga besar dengan bentuk memanjang. Itulah kenapa makanan ini dinamakan Burger Buto.

Dilengkapi dengan aneka isian berupa daging sapi, ayam, sayuran, selada segar, tomat, saus mayonaise spesial dan rajangan bawang bombay yang crunchy dan segar. Sehingga mempunyai cita rasa yang begitu mantap.

25. Bubur Ayam

Bubur ayamBubur ayam. (Foto: Instagram/@bubur_ayam_rahayu)

Kuliner ini sangat dikenal seantero Kota Malang berkat kelezatan rasanya yang pekat dengan paduan kuah kaldu yang begitu sempurna.

Selain itu, tekstur bubur ini sangat lembut. Dengan paduan taburan topping ayam suwirnya yang melimpah, sehingga menjadikannya menu favorit di pagi hari. []

Berita terkait
Sensasi Sup Ubi Tompong Kuliner Legendaris di Bantaeng
Warung sup ubi Tante Muming atau lebih dikenal dengan sup ubi Tompong adalah salah satu kuliner legendaris di Bantaeng, Sulawesi Selatan.
Barobbo, Kuliner Primadona dari Makassar
Salah satu yang makanan yang wajib dicoba adalah Barobbo, satu jenis penganan tradisional berbahan dasar jagung khas kota Makassar.
Enam Kuliner Maknyoss Asal Surabaya
Surabaya merupakan kota yang indah. Selain terkenal dengan sebutan kota pahlawan, kota ini juga memiliki beraneka ragam khas makanan.
0
Alasan Driver Ojol Aksi Mogok Makan di Yogyakarta
Sejumlah driver ojek online (ojol) dari Go Car dan Grab Car menggelar aksi mogok makan sejak Selasa, 22 Oktober 2019.