Tiga Bidang Kerja Sama Pemkab Bantul dan PT AP I Bandara YIA

Pemkab Bantul dan PT AP I Bandara YIA Kulon Progo menjalin kerja sama tiga bidang, yakni pariwisata, Kominfo serta Koperasi dan UMKM.
Penandatanganan MoU ditandatangani oleh PTS General Manager YIA Agus Pandu Purnama (kanan) dan PLT Bupati Bantul Budi Wibowo (kiri). (Foto: Istimewa)

Kulon Progo – PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta Internasional Airport (YIA) dan Pemkab Bantul menjalin kerja sama yang ditandai dengan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Senin, 2 November 2020. Penandatanganan MoU yang digelar di Kantor Administrasi Angkasa Pura I YIA ini ditandatangani oleh PTS General Manager YIA Agus Pandu Purnama dan PLT Bupati Bantul Budi Wibowo.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara PT AP I (Persero) YIA dengan tiga dinas yang ada di Pemkab Bantul. Ketiga dinas tersebut yakni Dinas Pariwisata, Dinas Komunikasi dan Informasi dan Dinas Koperasi dan UMKM. 

Kerja sama ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan potensi pariwisata, mengoptimalkan pengembangan publikasi untuk media informasi serta meningkatkan pengembangan operasi dan usaha, kecil dan menengah untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:

PTS General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama menyampaikan bahwa Keberadaan YIA adalah peluang besar bagi Masyarakat. “PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Internasional Yogyakarta akan selalu mendukung dan selalu terbuka dalam mengembangkan sektor perekonomian dan pariwisata di daerah Yogyakarta dan sekitarnya,” katanya.

Dia berharap dengan kerja sama ini dapat meningkatkan efektivitas pemberdayaan koperasi dan UMKM di Kabupaten Bantul, serta mampu meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam mengembangkan media informasi baik di sektor pariwisata maupun sektor lainnya.

MoU dan kerja sama ini akan memberikan manfaat yang besar bagi Pemkab Bantul, serta sebagai perwujudan BUMN tentu Angkasa Pura I mempunyai tanggung jawab hadir untuk memberi sebagai agen pembangunan.

PLT Bupati Bantul Budi Wibowo mengungkapkan, keberadaan Bandara Internasional Yogyakarta sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan serta membangun potensi besar sumber daya daerah dan sumber daya manusia Kabupaten Bantul agar dapat lebih maju.

“Harapannya dengan adanya MoU dan kerja sama ini akan memberikan manfaat yang besar bagi Pemkab Bantul, serta sebagai perwujudan BUMN tentu Angkasa Pura I mempunyai tanggung jawab hadir untuk memberi sebagai agen pembangunan,” ungkapnya.

Baca Juga:

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo juga merencanakan untuk kerja sama jangka panjang antara PT Angkasa Pura I (Persero) dengan pemerintahan Kabupaten Bantul terutama Dinas Pariwisata. “Rencana jangka panjang ke depannya yaitu adanya pertunjukan-pertunjukkan seni diadakan di bandara Internasional Yogyakarta,” ungkapnya.

Sebenarnya kerja samma PT Angkasa Pura I (Persero) YIA dengan Pemkan Bantul sudah terjalin sejak 2019. Kerja sama ini merupakan bentuk implementasi dalam rangka mengembangkan sarana Informasi publikasi pengembangan potensi sektor pariwisata dan mendukung pengembangan koperasi dan UMKM. []

Berita terkait
Tindak Tegas Main Layangan di KKOP Bandara YIA - Adisutjipto
PT AP I siap menindak tegas yang menerbangkan layangan, balon udara, drone di kawasan KKOP Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan YIA Kulon Progo.
Menteri PPN/Bappenas Apresiasi Bandara YIA Kulon Progo
Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa mengapreasi pembangunan Bandara YIA Kulon Progo, Yogyakarta. Keberadaan bandara mampu mendorong ekonomi.
Asyik, Warga Terdampak Bandara YIA Dapat 53 Unit Rusus
Kementerian PUPR membangun sebanyak 53 unit rumah khusus (Rusus) untuk masyarakat terdampak pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA).
0
Carlo Ancelotti Tinggalkan Everton Kembali ke Real Madrid
Carlo Ancelotti telah meninggalkan Everton untuk menjadi pelatih kepala di Real Madrid untuk kedua kalinya