UNTUK INDONESIA
Thareq Habibie Selalu Pakai Penutup Mata, Ini Alasannya
Thareq Kemal Habibie, putra dari Presiden ketiga RI BJ Habibie selalu memakai penutup mata 'bajak laut'. Apa alasannya memakai penutup mata?
Thareq Kemal Habibie, putera Presiden ketiga RI BJ Habibie, bersiap memberikan keterangan pers terkait kondisi kesehatan ayahnya, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta, Selasa, 10 September 2019. (Foto: Antara/ Galih Pradipta)

Jakarta - Thareq Kemal Habibie, putra dari Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie selalu memakai penutup mata saat memberikan keterangan kepada publik terkait ayahnya. Penutup mata 'bajak laut' yang disematkan di mata kanannya, lantas membuat publik bertanya-tanya ada apa dengan mata Thareq.

"Saya itu kan sebetulnya diabetes. Diabetes itu mengakibatkan saya jadi glaukoma," ucap Thareq di kediamannya di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 14 September 2019.

Ia menuturkan glaukoma menyerang mata kananya sejak tiga tahun yang lalu. Akhirnya, membuat sel-sel mata kanannya hancur 100 persen. Meski menyerang mata kanan, menurut Thareq glaukoma tidak menyerang mata kirinya.

"Glaukoma adalah di mana di mata terjadi perubahan tekanan. Kalau tekanannya membesar, ini mata kiri saya masih bagus, tekanannya kira-kira 13. Mata sini [kanan] sudah 25," ujarnya.

Untuk membantu penglihatan mata kiri lebih fokus, maka Thareq memutuskan menutup mata kanan dengan penutup mata dan membiarkan mata kiri terbuka.

"Kalau saya buka, saya tidak melihat apa-apa. Cahaya pun tidak kelihatan, tapi bentuk matanya benar. Saya melihat orang tuh jadi lebih burem kalau dibuka seperti ini," kata Thareq.

Thareq Kemal HabibiePresiden Joko Widodo (tengah) didampingi putra almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie (kanan) dan Thareq Kemal Habibie (kiri) berdoa saat melayat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. (Foto: Antara/Handout/Biro Pers-Kris)

Donor Kornea

Sebenarnya, kata dia, kedua orang tuanya berencana untuk mendonorkan kornea mata untuknya. Misalnya, kornea mata milik ibunya, Ainun Habibie sudah direncanakan akan diberikan pada dia.

Namun saat meninggal pada 22 Mei 2010, kornea mata ibunya tidak sempat diambil. "Waktu Ibu saya meninggal di Jerman, karena saking buru-buru jadi belum sempat diambil," tuturnya.

Menurut Thareq, hal itu kembali terjadi saat ayahnya meninggal pada 11 September 2019. Meski telah membicarakan donor kornea mata sebelum meninggal, ketika waktunya tiba donor tidak bisa dilakukan.

"Kalau bapak saya, setelah dinyatakan meninggal, kita langsung dibawa ke kamar jenasah, dimandikan dan dibawa ke rumah. Terus banyak orang langsung datang berbelasungkawa. Jadi enggak mungkin," ucapnya.

Jadi, menurut dia tidak benar telah dilakukan operasi donor kornea mata dari ayahnya untuk dia. "Saya enggak ngerti, kenapa dan siapa sih yang suka buat hoaks seperti itu? Apa sih gunanya?" ujar putra bungsu BJ Habibie tersebut. []

Berita terkait
Ketegaran Thareq Kemal Habibie
Sosok Thareq Kemal Habibie mencuri perhatian publik usai tampil tegar mengumumkan meninggalnya sang ayah, Bacharuddin Jusuf Habibie.
Penjelasan Thareq Habibie Soal Meninggalnya BJ Habibie
Thareq Kemal putra kedua Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) jelaskan ayahnya yang meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, pada 18.15.
Tiga Pernyataan Ilham Habibie Saat Pemakaman Ayahnya
Ilham Akbar Habibie menyampaikan tiga pernyataan penting saat prosesi pemakaman ayahnya, BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.
0
Bocah 4 Tahun di Pamekasan Tewas Mengapung di Bak Mandi
Bocah berusia empat tahun di Pamekasan tewas mengapung di bak kamar mandi rumahnya.