UNTUK INDONESIA
Penjelasan Thareq Habibie Soal Meninggalnya BJ Habibie
Thareq Kemal putra kedua Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) jelaskan ayahnya yang meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, pada 18.15.
Presiden ke-3 RI BJ Habibie berziarah ke makam istrinya, Hasri Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Rabu (5/6/2019). (Foto : Antara/Rivan Awal Lingga)

Jakarta - Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu, 11 September 2019.

Kabar meninggalnya Habibie, dijelaskan langsung oleh putra kedua Habibie, Thareq Kemal yang memang menemani Habibie ketika menjalani perawatan.

"Innalillahiwainnailaihirojiun," ucap Thareq di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.

"Sampai titik terakhir saya masih ada di situ tapi hari ini pada 11 September 2019, 18.05, Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie, sudah meninggal," tuturnya.

Tanpa basa basi, Thareq membeberkan alasan Habibie meninggal dunia yang telah menjalani perawatan intensif di Cardiac Intensive Care Unit, Paviliun Kartika sejak 1 September 2019.

"Karena sudah menua dan memakan usia. Kemarin saya katakan bahwa gagal jantung yang mengakibatkan penurunan itu, kalau memang organ-organ itu degenerasi melemah, menjadi tidak kuat lagi, maka tadi jam 18.05, jantungnya dengan sendiri menyerah," kata dia.

Thareq tidak menyalahkan Tim Dokter Kepresidenan (TDK) atas meninggalnya Habibie. Karena, menurut dia TDK sudah membuat tempat terbaik.

"Tidak ada yang bisa dibuat apa-apa lagi mohon doanya, terima kasih, mohon pengertian bahwa kami dalam keadaan berduka. Terima kasih, terima kasih banyak," ujarnya. []

Berita terkait
Presiden ke-3 RI, BJ Habibie Meninggal Dunia
Presiden ke-3 Indonesia, Baharudin Jusuf Habibie dikabarkan meninggal dunia.
LAPAN Sebut BJ Habibie Sosok yang Menginspirasi
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Thomas Djamaluddin menilai Presiden ketiga Bacharuddin (BJ) Habibie sosok inspirasi bangsa.
TDK Batasi Kunjungan Tamu untuk BJ Habibie
Tim Dokter Kepresidenen yang merawat Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie tidak membolehkan semua orang menjenguk BJ Habibie.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.