Teten Masduki: Produk UMKM Kini Masuk Hotel Berbintang

Smesco dan Papandayan Hotel Bandung menandatangani MoU, dengan demikian produk UMKM bisa masuk hotel berbintang.
Smesco dan Papandayan Hotel Bandung menandatangani MoU, dengan demikian produk UMKM bisa masuk hotel berbintang. (Foto:Tagar/Kemenkop UKM

Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, saat produk UMKM bisa masuk ke hotel berbintang, ini membuktikan kualitasnya bagus dan merupakan proses mendorong produk UMKM naik kelas. Hal ini diungkapkannya pada acara penandatanganan MoU Smesco Indonesia dengan The Papandayan Hotel (Media Group), di Kota Bandung.

Dengan memasukkan produk-produk UKM ke dalam ekosistem hotel berbintang, tidak hanya untuk dipamerkan atau di-display saja, tetapi dengan dipakai langsung akan sangat membantu UKM.

"Ini juga bagus untuk mem-branding produk UMKM dan membuktikan bahwa kualitas produk UMKM tidak jelek. Apalagi kalau melihat kualitas dari produk artisan, maka brand besar pun kalah," tutur Teten Masduki berdasarkan keterangan tertulis yang dikutip Tagar, Minggu, 4 April 2021.

Semua hotel berbintang diharapkan Teten bisa memberikan tempat bagi produk UMKM untuk memperluas akses pasar mereka. Dengan itu ia yakni produk UMKM akan semakin diterima pasar. 

Adapun penandatangan MoU tersebut, sebagai bentuk nyata niat baik untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam membangkitkan serta memperkuat UKM unggulan, khususnya melalui pemasaran produk-produk UKM lokal yang telah terkurasi.

"Upaya memperjuangkan UMKM sejatinya adalah upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Itulah sebabnya kenapa bentuk kerja sama seperti ini sangat krusial. Karena, berjuang untuk UMKM Indonesia membutuhkan sinergi dari kita semua," pungkas Menkop UKM.

Teten juga meyakini, MoU ini akan dapat mendorong kualitas serta kuantitas produk UKM di Indonesia agar dapat mengakses pasar yang lebih besar dan lebih baik lagi.

"Tentu saja, dengan memasukkan produk-produk UKM ke dalam ekosistem hotel berbintang, tidak hanya untuk dipamerkan atau di-display saja, tetapi dengan dipakai langsung akan sangat membantu UKM," tegas Menkop UKM.

Dengan langkah ini, setidaknya ada dua dampak bagi UKM. Yaitu, produk UMKM dibeli serta dipakai oleh Hotel Papandayan dan Hotel Papandayan sebagai kanal pemasaran offline untuk produk UKM, terutama bagi para tamunya. Apabila skema seperti ini bisa diduplikasi oleh semua hotel berbintang di Bandung maka dampaknya akan lebih dahsyat.

Teten percaya, Hotel Papandayan pasti bersedia menjadi percontohan bagi hotel-hotel lainnya untuk segera berpartisipasi dalam skema yang sama.

“Saya turut mengapresiasi Smesco yang telah bergerak cepat untuk menangkap peluang ini dan agar terus memperluas jaringan pemasaran produk-produk UKM lokal unggulan kita," sebut Teten. []

Berita terkait
MenkopUKM Ajak IMA Bersinergi Dukung UMKM Masuk E-Commerce
Teten Masduki mengajak Indonesian Marketing Association bersinergi untuk mendukung UMKM agar dapat menguasai pasar e-commerce dalam negeri.
KemenkopUKM Rumuskan Pengembangan Peta Jalan UMKM Masa Depan
Kementerian Koperasi dan UKM tengah merancang dan merumuskan peta jalan pengembangan UMKM masa depan yang akrab dengan teknologi.
Smesco Ajak Masyarakat Belanja Produk UMKM di Sparc Live Shopping
Smesco , siap mempromosikan produk UMKM binaannya secara digital, dengan menggelar Sparc Live Shopping.
0
11 Orang Terduga Teroris Merauke, Jaringan Pengebom Gereja Makassar
Polri berhasil menangkap total 11 terduga teroris di Marauke yang merupakan anggota jaringan Anharut Daulah dan terlibat pengeboman Makassar.