Tesla Model 3 Pabrikan China Meluncur ke Pasar

Tesla mulai mendistribusikan produk sedan Tesla Model 3 buatan pabrik Shanghai, China.
Seorang staff Tesla sedang memberikan penjelasan mengenai Sedan Model 3 saat seremonial pendistribusian Tesla model 3 buatan pabrik Shanghai ke pasaran. (Foto: Reuters)

Jakarta - Pabrikan kendaraan listrik Amerika, Tesla Inc mulai mendistribusikan produk sedan Tesla Model 3 buatan pabrik Shanghai, China pada Senin, 30 Desember 2019.

"Sebanyak 15 pelanggan pertama yang mendapat mobil pada 30 Desember adalah karyawan Tesla," kata perwakilan Tesla seperti dikutip dari Reuters, Senin, 30 Desember 2019.

Tesla Model 3Seremonial pendistribusian Tesla model 3 buatan pabrik Shanghai ke pasar. (Foto: Reuters)

General Manager China untuk produsen mobil Silicon Valley, Wang Hao mengatakan Tesla berencana untuk meningkatkan pengiriman Model 3 pada Januari mendatang. Terlebih Tesla sebelumnya sudah mendapatkan pinjaman dana dari konsorsium bank di China. Tesla akan menargetkan produksi 250.000 unit mobil setahun.

"Pemerintah Cina telah mendukung pabrik tersebut, pabrik mobil yang sepenuhnya dimiliki asing pertama dan refleksi dari pergeseran Beijing yang lebih luas untuk membuka pasar mobilnya," ujar Wang.

Tesla juga berhasil membuat rekor baru untuk pembuat mobil global di China. Pasalnya Tesla mampu memenuhi permintaan pelanggan dalam 357 hari setelah pabrik Shanghai dibangun.

Pabrik Tesla di Shanghai merupakan bagian rencana produsen mobil Silicon Valley untuk mengoptimalkan pasar mobil terbesar di dunia, terlebih untuk meminimalkan dampak perang dagang AS-China.

Tesla Model 3Tesla juga membangun pusat layanan dan stasiun pengisian daya di seluruh China guna memastikan layanan purna jual yang terstandarisasi. (Foto: Reuters)

Perusahaan juga membangun pusat layanan dan stasiun pengisian daya di seluruh China guna memastikan layanan purna jual yang terstandarisasi. Tahun 2020, fasilitas tersebut akan diperbanyak lagi dari 600 menjadi 1500.

Tesla Model 3 buatan China dibanderol dengan harga 355.800 yuan atau sekitar Rp 707 juta (harga sebelum subsidi). Untuk model sedan yang lebih panjang, dihargai 439.000 yuan atau sekitar Rp 872 juta. []

Berita terkait
Tesla Dapat Suntikan Dana untuk Pabrik di China
Tesla mendapat suntikan dana sebesar 1,60 miliar dolar AS atau sekitar Rp 22.3 triliun dari konsorsium perbankan asal China.
Tesla Model 3 Turun Harga Hadapi Pasar China
Tesla Inc, tengah mempertimbangkan untuk memotong harga sedan Model 3 produksi China sebesar 20 persen pada tahun depan.
Sistem Autopilot Tesla Model 3 Kerap Picu Kecelakaan
Teknologi bantuan pengemudi autopilot (swakemudi) yang terdapat di Tesla Model 3 sering memicu kecelakaan.
0
Hari Susu Sedunia, Simak Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan
Hari Susu Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni bertujuan untuk terus memperkenalkan manfaat susu bagi kesehatan tubuh manusia.