UNTUK INDONESIA
Tes Swab Tenaga Puskesmas Taput Negatif Covid-19
Seorang tenaga medis Puskesmas di Kabupaten Tapanuli Utara dinyatakan negatif Covid-19. Sebelumnya rapid test reaktif.
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Tapanuli Utara Indra Simaremare. (Foto: Tagar/Istimewa)

Tarutung - RS, 48 tahun, tenaga medis Puskesmas Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dinyatakan negatif Covid-19 setelah dilakukan tes swab metode polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara Medan.

Hasil itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tapanuli Utara Indra Sahat Simaremare. Menurut Indra hasil itu dipastikan setelah pihaknya hari ini menerima salinan hasil laboratorium atas nama RS dengan nomor laboratorium C. 39.00171.

"Hasilnya negatif, kita lega. Jadi hari ini telah kita umumkan dua hasil swab test, yakni yang pertama PDP atas nama TS dengan hasil negatif dan yang kedua hasil tracing kepada RS dan hasilnya juga negatif," kata Indra pada Rabu, 22 April 2020.

Kita dapatkan waktu lalu dan dikirim ke laboratorium Rumah Sakit USU Medan dan sore ini hasilnya telah keluar negatif Covid-19

Indra mengatakan, sebelumnya rapid test dilakukan kepada pasien TS, di mana hasilnya reaktif. Pihaknya kemudian melakukan tracing. Ditemukan tenaga medis puskesmas berinisial RS, juga reaktif dari hasil rapid test yang dilakukan pada 16 April 2020. RS kontak dengan TS pada 8 April 2020 sewaktu memberikan obat di Puskesmas Situmeang Habinsaran.

"Sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19, setelah keluar hasil rapid test reaktif, RS kita isolasi selama dua hari di rumah sakit. Tetapi karena tidak ada gejala dan dalam keadaan sehat dilanjutkan isolasi mandiri di rumah," katanya.

Kemudian hasil rapid test tersebut dilanjutkan upaya tes swab melalui pengambilan sampel.

"Kita dapatkan waktu lalu dan dikirim ke laboratorium Rumah Sakit USU Medan dan sore ini hasilnya telah keluar negatif Covid-19," kata Indra.

Diberitakan sebelumnya, perempuan berinisial TS, umur 60 tahun dinyatakan negatif sesuai hasil tes swab. TS masuk RSUD Tarutung pada 10 April 2020 dan dirujuk RSUD Pirngadi Medan pada 15 April 2020. Hasil rapid test pada 13 April 2020 dinyatakan reaktif.

"TS berobat dari IGD pada 10 April 2020 dengan keluhan nyeri ulu hati dan ada gambaran bronchitis dan pneumonia hasil thorax foto. Sebelumnya berobat di Puskesmas Situmeang Habinsaran Sipoholon pada 8 April 2020 dan bersentuhan dengan tenaga medis," kata Indra.[]

Berita terkait
Seorang PDP asal Taput Negatif Corona Hasil Tes Swab
Seorang PDP asal Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab.
Satu Petugas Puskesmas di Taput Positif Rapid Test
Seorang tenaga medis di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, positif hasil rapid test.
Anggaran Penanggulangan Covid-19 di Taput Rp 45 M
Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mengalokasikan dana senilai Rp 45 miliar dari Dana Alokasi Umum untuk penanggulangan Covid-19.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.