Pemerintah Kota Makassar

Terlilit Utang? Begini Cara Cepat untuk Melunasinya

Jika hutang tidak segera dilunasi, akibatnya hutang anda akan semakin membengkak karena bunga dari pinjaman tersebut terus berjalan.
Uang (Foto:Tagar/Pixels/Caroline)

Jakarta – Memiliki masalah keuangan seperti besarnya biaya kebutuhan yang tidak diimbang dengan besarnya pendapatan seringkali membuat kita mencari jalan alternatif yang instan dengan meminjam uang atau berhutang. 

Jika hutang tidak segera dilunasi, akibatnya hutang anda akan semakin membengkak karena bunga dari pinjaman tersebut terus berjalan. Agar hutang anda bisa segera terlunasi, berikut tips-tips untuk membayar hutang anda.


1. Hitung semua hutang yang dimiliki

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghitung berapa total utang yang harus kita lunasi. Idealnya, pengeluaran yang digunakan untuk membayar utang tidak lebih dari 30 persen dari total penghasilan kita setiap bulannya. 

Jika melebihi 30 persen dari penghasilan, artinya kita memiliki hutang yang tidak sehat dan harus segera kita lunasi.


2. Analisis hutang

Cara melunasi hutang selanjutnya adalah dengan melakukan analisis hutang yang ada dan seperti apa kemampuan bayar kita. Analisis utang ini sebenarnya gak sulit, cukup mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

Langkah 1: Kategorikan hutang yang kita miliki, utang konsumtif, dan produktif.

Langkah 2: Berapa pengeluaran setiap bulannya yang harus dikeluarkan untuk membayar hutang konsumtif dan produktif.

Langkah 3: Cari tahu apakah suku bunga dari hutang konsumtif dan produktif tersebut bersifat flat atau meningkat.

Langkah 4: Jumlahkan total tagihan cicilan hutang konsumtif dan produktif yang harus dibayarkan setiap bulannya. Jika lebih dari 30 persen penghasilan bulanan, maka kita perlu melakukan restrukturisasi hutang. 

Restrukturisasi adalah diskusi dengan pihak pemberi hutang untuk melihat apakah ada opsi yang bisa membantu kita melunasi seluruh hutang tersebut.


3. Prioritaskan hutang dengan bunga yang paling tinggi

Kemudian urutkan hutang dari yang memiliki bunga tertinggi hingga yang berbunga rendah. Dalam perhitungan besaran cicilan hutang yang dibayarkan, kita bisa sekalian bikin urutan hutang-hutang yang berbunga tinggi tersebut. Setelah itu, prioritaskan pembayaran hutang yang bunganya paling tinggi. 

Metode ini dikenal juga dengan istilah debt stacking. Metode debt stacking adalah cara melunasi hutang dengan mendahulukan pembayaran hutang yang bunganya paling tinggi. 

Mengapa hutang berbunga tinggi yang dibayar lebih dulu? Hal ini dikarenakan, bunga tinggi menjadi sebab utama dari bengkaknya hutang yang ciptakan non-performing loan. Sementara hutang berbunga rendah, penumpukannya dalam jangka pendek masih bisa diantisipasi.


4. Jangan bayar hutang dengan hutang baru

Salah satu kesalahan yang sering kita lakukan adalah dengan melunasi hutang menggunakan utang baru. Bukannya menyelesaikan masalah, metode ini justru akan membelit kamu dalam masalah hutang yang baru. Selesaikan saja hutang yang ada tanpa harus membuat beban baru buat keuangan kamu.


5. Mencari dana tambahan

Mencari penghasilan tambahan tidak mengharuskan kita mengorbankan beberapa pengeluaran rutin kita. Misalnya, kita dapat mencari dana tambahan dengan membuka usaha katering, membuat blog, jasa desain, jual barang online, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melunasi hutang kita dengan cepat. Dalam melunasi hutang, kunci yang paling utama adalah dibutuhkan kedisiplinan dan komitmen untuk bisa melunasi seluruh hutang.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
China Salurkan Utang dan Hibah Kepada 165 Negara
China salurkan utang dan hibah Rp12 kuadriliun ke 165 negara: Pemberi pinjaman yang baik atau lintah darat?
Doa Agar Utang Cepat Lunas
Meskipun terdapat doa yang dapat membantu memudahkan seseorang dalam melunasi hutang, tetap harus diimbangi dengan usaha.
Profil Lengkap Jessica Jung, Eks SNSD yang Terlilit Hutang
Jessica menghadapi masalah gugatan denda sebanyak 8,05 miliar won atau setara dengan Rp.96 miliar karena gagal membayar pinjaman.
0
NCT 127 Rilis MV Favorite, Penjualan Pre-Oder Capai 1 Juta Copy
Boyband asal Korea Selatan kenamaan NCT 127 melanjutkan kesuksesan album "Sticker" dengan album repackage terbaru berjudul Favorite.