UNTUK INDONESIA
Terinspirasi Jokowi, Siswa di Tegal Bikin Motor Chooper
Sepeda motor berjenis chopper yang ditunggangi Presiden Joko Widodo (Jokowi), jadi inspirasi sejumlah siswa SMK Bhakti Praja, di Tegal.
Sepeda motor bergaya chopper dan red rock karya siswa SMK Bhakti Praja Adiwerna, Kabupaten Tegal di bengkel produksi sekolah, Rabu, 11 September 2019. (Foto: Tagar/ Farid Firdaus)

Tegal - Terinsirasi oleh sepeda motor berjenis chopper yang ditunggangi Presiden Joko Widodo (Jokowi), sejumlah siswa SMK Bhakti Praja, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah untuk membuat karya berupa sepeda motor bergaya khas tersebut dengan limbah industri logam rumahan.

Kepala Program Studi Teknik Bisnis Sepeda Motor‎ (TBSM) SMK Bhakti Praja, Adi Fuju Harsono mengatakan, proses pembuatan dua unit sepeda motor berjenis chopper ‎dan red rock, bukan dengan membangun ulang atau memodifikasi sepeda motor yang sudah ada.

Siswa-siwa TBSM membuat baru sepeda motor menggunakan limbah industri rumahan logam yang banyak tersebar di lingkungan sekitar sekolah. Peralatan yang digunakan pun terbilang masih sederhana.

"Siswa membuatnya benar-benar dari nol sampai jadi sepeda motor. Tidak memodifikasi. Mereka mengolah barang bekas yang tidak terpakai," kata Adi Fuju, ‎Rabu, 11 September 2019.

Siswa membuatnya benar-benar dari nol.

‎Pemanfaatan barang-barang bekas itu antara lain untuk membuat kerangka bodi, knalpot, jok, dan tangki BBM. Sedangkan untuk mesin, siswa merakitnya dari komponen-komponen yang dibeli secara terpisah.

"Jadi bukan mesin utuh atau sudah jadi, tapi siswa juga merakit sendiri mesinnya. Sehingga mereka tahu cara membuat mesin motor seperti apa,"‎ ujar Adi.

‎Meski masih belum sempurna, sepeda motor chopper karya siswa tersebut tak kalah dengan sepeda motor yang dibuat di bengkel-bengkel pembuat sepeda motor custom profesional.

Baca juga: Inilah Motor Modifikasi Gibran dan Jokowi yang Jadi Bintang di IIMS 2018

Ciri khas sepeda motor bergaya chopper terlihat jelas, mulai stang yang tinggi, tangki, hingga posisi jok yang sangat rendah.

‎Menurut Adi, pembuatan dua sepeda motor jenis chopper dan red rock dikerjakan para siswa dalam waktu empat bulan. Biaya pembuatannya sekitar Rp 6 juta per motor.

"Sepeda motor bisa dikendarai walaupun masih perlu disempurnakan karena alat-alat untuk membuatnya juga manual, bukan alat yang digunakan di industri. Ke depan harapannya bisa membuat pesanan sepeda motor yang sama," kata dia.

ChooperSepeda motor bergaya chopper dan red rock karya siswa SMK Bhakti Praja Adiwerna, Kabupaten Tegal di bengkel produksi sekolah, Rabu, 11 September 2019. (Foto: Tagar/ Farid Firdaus)

Salah satu siswa kelas 12 TBSM, Sindoro ‎Iza mengungkapkan, pembuatan paling sulit adalah pada bagian rangka. "Untuk rangka dicari dari loakan-loakan besi. Yang masih bisa dipakai diolah," tuturnya.

Baca juga: Foto: Deretan Motor Keren Jokowi

Kepala SMK Bhakti Praja Adiwerna Erfan Suparmono mengaku bangga dengan karya sepeda motor bergaya chopper dan red rock yang dibuat siswa.

"Mereka kami ajak berinovasi menghasilkan karya dengan memanfaatkan limbah besi. Di Kecamatan Adiwerna ini kan sentra home industri logam, jadi limbah yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan," ucapnya.

Ide inovasi yang muncul kemudian, kata Erfan adalah membuat sepeda motor jenis chopper karena siswa terinspirasi dengan hobi Presiden Jokowi yang menggandrungi sepeda motor custom.

“Saat mewujudkan ide inovasi itu, para siswa juga bersemangat sekali. Jadi waktunya benar-benar untuk belajar,” kata dia.

Erfan menyebut, jumlah siswa sebanyak 1.270 orang. Tersebar di program studi TBSM, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dan akuntansi. []


Berita terkait
Sama-sama Hobi Motor Kustom, Basuki Chopper Merah, Jokowi Chopper Keemasan
Jokowi membeli sebuah motor modifikasi bergaya Chopperland berwarna keemasan, Basuki mengikuti jejaknya dengan membeli Chopperland warna merah.
Blusukan dengan Motor Trail, Chopper dan Motor Listrik, apa Maksud Jokowi?
Mobil yang sudah disiapkan kerap kali teronggok percuma ketika sang Presiden justru memilih sepeda motor. Pilihan itu kadang membuat para petugas pengamanan merasa hampir 'copot' jantungnya.
Viral, Motor Tersangkut di Bambu Karena Boncengi Hantu
Viral motor tersangkut di bambu karena boncengi hantu menyebar di grup Facebook Info Cegatan Jogja. Tidak sedikit warganet yang percaya akan mistik
0
Fakta-fakta Kampoeng Kurma di Bogor
Ratusan pembeli kavling menjadi korban dugaan penipuan invetasi bodong Kampoeng Kurma Bogor. Berikut fakta-fakta PT Kampoeng Kurma Ilegal di Bogor.