Terbaru! All New Avanza 2022 Pakai Teknologi Toyota Rize

All New Avanza diperkirakan akan dibekali dengan mesin 1.5L Dual VVT-i bensin yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis.
Ilustrasi - All New Avanza 2022. (Foto: Tagar/Dok Avanza)

Jakarta - Rumor peluncuran All New Avanza sebenarnya sudah mulai ramai sejak tahun 2020. Apalagi desain Avanza - Xenia sudah bertahan sejak tahun 2011. Artinya, sudah 10 tahun kedua mobil kembar Toyota dan Daihatsu belum melakukan major change atau perubahan mayor. 

Menurut laporan media Malaysia Wapcar, Avanza dan Xenia, tetap akan berbagi platform yang sama. Keduanya akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sama seperti yang digunakan pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. 

All New Avanza diperkirakan akan dibekali dengan mesin 1.5L Dual VVT-i bensin yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis (CVT). Menariknya, besar kemungkinan Avanza-Xenia terbaru tidak lagi menggunakan penggerak roda belakang, tapi menggantinya dengan penggerak roda depan. 

Ada kemungkinan juga Avanza dan Xenia terbaru juga akan mengusung fitur keselamatan tercanggih yang dikembangkan Toyota dan Daihatsu. Fitur tersebut adalah Toyota Safety Sense (TSS) untuk Avanza dan Advanced Safety Assist  untuk Xenia.

Fitur ini juga terdapat di Raize dan Rocky tipe tertinggi.  Fitur keselamatan canggih ini tentunya dapat menjadi modal berharga bagi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia untuk menghadapi persaingan di kelas Low MPV. Kelas ini memiliki persaingan yang ketat dengan sejumlah pemain seperti Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero S. 

Melalui TSS, Toyota mencoba untuk mengurangi potensi bahaya dalam berkendara baik untuk pengemudi maupun penumpang. Fitur ini dilengkapi teknologi kamera serta sensor laser dengan 4 sistem kerja. Keempat sistem kerja itu yakni Pre-Consillion System, Lane Departure Alert, Automatic High-beam, dan Road Sign Assist.

Pada umumnya, fitur-fitur tersebut hanya dijumpai di mobil-mobil menengah ke atas. Namun, kini sudah bisa dijumpai di mobil kelas entry level pada varian tertinggi.

Berdasarkan laman resmi Toyota Astra Motor, Selasa, 28 September 2021, setidaknya ada 5 keunggulan yang terdapat dalam 4 sistem dari fitur keselamatan TSS.

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)

Berita terkait
Trik dan Cara Mudah Hitamkan Dashboard Mobil Seperti Baru
Minyak zaitun berguna untuk membantu menyamarkan, menghilangkan goresan serta memberi kilap hitam pada dashboard mobil Anda.
Cara Merawat Mobil Usai Berkendara Libur Tahun Baru
Supaya mobil tetap sehat dan selalu dalam kondisi terbaik dibutuhkan sedikit kebiasaan perawatan, berikut cara sederhana yang bisa Anda lakukan.
Cara Mengatasi Mobil yang Mengalami Aquaplaning
Aquaplaning terjadi dalam hitungan detik sehingga bila tidak di antisipasi akan menyebabkan kecelakaan.
0
Terbaru! All New Avanza 2022 Pakai Teknologi Toyota Rize
All New Avanza diperkirakan akan dibekali dengan mesin 1.5L Dual VVT-i bensin yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis.