Toyota Recall Ribuan Avanza di Malaysia, Indonesia Menyusul

Toyota, merecall ribuan Avanza di malaysia lantaran masalah pompa bahan bakar. Indonesia segera menyusul.
Mobil Toyota Avanza. (Foto:Tagar/Tunas Toyota Serang)

Jakarta - Kabar kurang enak menimpa Toyota. Salah satu produk pabrikan mobil asal Jepang itu, yakni mobil sejuta umat Avanza dikabarkan harus mengikuti program recall atau penarikan kembali ribuan mobilnya di Malaysia.

Ya kami juga baru dapat infonya dari Toyota global, mereka mengumumkan adanya recall ini, di mana beberapa negara di Asia termasuk Indonesia termasuk.

Masalah yang terjadi pada Toyota Avanza, adalah pompa bahan bakar mobil dikatakan berhenti bekerja. Selain itu, indikator check engine mobil terus menyala pada panel instrumen mobil yang bisa menyebabkan terjadinya dua masalah pada mobil.

Pertama, bisa menyebabkan mesin mobil mati mendadak. Sedangkan alasan kedua, mobil bisa jadi sulit dihidupkan.

Total 3.923 unit Toyota Avanza yang diproduksi dari Oktober 2017 hingga Juni 2019 berpotensi mengalami kerusakan pompa bahan bakar di Malaysia.

Sedangkan Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia juga mengaku telah mendapat informasi serupa dari Toyota Motor Corporation (TMC). Saat ini, TAM sedangkan mengumpulkan data terkait model apa saja yang terkena dampak.

"Ya kami juga baru dapat infonya dari Toyota global, mereka mengumumkan adanya recall ini, di mana beberapa negara di Asia termasuk Indonesia termasuk ya, detailnya masih kami pelajari," turtur Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Senin, 8 Maret 2021.

"Saat ini kita sedang koordinasikan baik ke manufacturing dan juga pihak terkait seperti dealer dan principal untuk tau model apa saja yang terindikasi, berapa banyak di Indonesia, rata rata ada dimana, kesiapan partnya dan lain-lain untuk segera mengambil tindakan dan membuat program," tambahnya.

Di Malaysia, recall sudah diumumkan. Kampanye perbaikan pada ribuan Toyota Avanza di negara Jiran tersebut dilakukan secara gratis. Sejatinya, masalah pompa bahan bakar seringkali terjadi pada Toyota Avanza. Mobil ini termasuk dalam kendaraan yang masuk program kampanye lanjutan recall dari Toyota Motor Corporation (TMC).

Sebanyak 5 juta unit mobil dari Toyota mengalami recall terhitung sejak 2013-2019. Penyebabnya, masalah yang sama dengan Toyota Avanza. []   

Berita terkait
Tahun 2003-2019, Toyota Avanza Terjual 1,8 Juta Unit
Toyota Avanza hadir di Indonesia sejak 2003 atau tepatnya 16 tahun yang lalu.
Toyota Siap Boyong Mobil Listrik Murninya ke Pasar Indonesia
Nantinya PT TAM akan menghadirkan kendaraan listrik murninya lewat merek Lexus.
Toyota Yaris Dinobatkan Sebagai Car of the Year 2021
Toyota Yaris generasi empat, dinobatkan sebagai Car of the Year 2021 melalui survei oleh sedikitnya 59 jurnalis dari 22 negara di Eropa.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.