Cara Mengatasi Mobil yang Mengalami Aquaplaning

Aquaplaning terjadi dalam hitungan detik sehingga bila tidak di antisipasi akan menyebabkan kecelakaan.
Saat mengalami Aquaplaning, mobil akan kehilangan kendali. (Foto: Tagar/Sunday Times Driving)

Jakarta - Fenomena Aquaplaning merupakan salah satu bahaya yang mengintai pengemudi mobil saat berkendara di musim hujan. Aquaplaning atau hydroplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan (traksi) pada permukaan jalan saat melintasi genangan air di permukaan jalan.

Saat mobil mengalami Aquaplaning, pengemudi akan kehilangan kendali sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan. Jika mengalami situasi seperti ini, ada beberapa cara untuk menimalisir terjadinya kecelakaan. Berikut Tagar berikan ulasannya, dilansir dari laman Auto2000, Senin, 23 November 2020.

1. Tetap fokus dan tenang

Meskipun aquaplaning berlangsung dalam hitungan detik, tapi semua dapat diantisipasi dengan melakukan beberapa hal. Pertama, tetap fokus dan tenang saat merasakan gejala aquaplaning saat berkendara. Jangan sampai panik yang membuat pengendara melakukan manuver mendadak seperti berpindah jalur yang dapat memperburuk situasi karena mobil sulit dikendalikan.

2. Hindari rem mendadak

Langkah selanjutnya untuk mengantisipasi aquaplaning adalah dengan tidak melakukan pengereman mendadak. Meskipun banyak mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) tapi fitur ini tidak akan berfungsi jika kondisi mobil sudah terlanjur slip.

3. Jangan injak pedal gas

Saat mobil mengalami gejala aquaplaning, segera lepaskan kaki dari pedal gas kemudian pegang kemudi lurus untuk memastikan mobil tetap mengarah kedepan, lalu biarkan hingga kecepatan mobil berkurang secara gradual hingga ban berhasil mendapatkan kembali daya cengkeramannya ke permukaan jalan.

Saat kondisi ban sudah kembali menapak di permukaan jalan, cobalah untuk kembali pedal gas secara perlahan. Lihat situasi sekitar, pastikan kondisi jalan aman dan pengendara tidak nervous atau panik berlebih, jika masih dalam keadaan panik disarankan untuk menepi terlebih dahulu sebelum kembali melanjutkan perjalanan.[]

Berita terkait
Berkendara Saat Musim Hujan, Waspada Bahaya Aquaplaning
Saat berkendara di musim hujan, sejumlah bahaya kerap kali mengintai pengendara, salah satunya adalah fenomena Aquaplaning. Berikut Penjelasannya.
Tips Terhindar dari Beli Mobil Bekas Terendam Banjir
Bagi Anda yang berminat untuk membeli mobil bekas, ada baiknya memperhatikan beberapa hal agar tidak membeli mobil bekas terendam banjir.
Tips Agar Tetap Fokus Mengendarai Mobil
Aktivitas mengemudi mobil membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kurang fokus bisa terjadi kecelakaan.
0
Carlo Ancelotti Tinggalkan Everton Kembali ke Real Madrid
Carlo Ancelotti telah meninggalkan Everton untuk menjadi pelatih kepala di Real Madrid untuk kedua kalinya