Trik dan Cara Mudah Hitamkan Dashboard Mobil Seperti Baru

Minyak zaitun berguna untuk membantu menyamarkan, menghilangkan goresan serta memberi kilap hitam pada dashboard mobil Anda.
Pembersihan dashboard mobil. (Foto: Antara/Shutterstock)

Jakarta - Interior mobil yang berish menjadi salah satu keharusan dalam merawat kendaraan mobil. Bagian yang cukup penting salah satunya adalah dashboard yang umumnya cenderung mudah terlihat kusam atau belang jika kabin mobil kurang terawat.

Sekarang Anda tak perlu lagi khawatir karena banyak tips dan cara agar tampilan dashboard pada mobil lebih bersih bahkan seperti terlihat baru.

Berikut cara dan tips menghitamkan kembali dashboard mobil Anda dan bisa dilakukan secara mudah dan cepat.


1. Cat ulang

Ini merupakan opsi terkahir yaitu dengan mengecat ulang keseluruhan dashboaard mobil anda, ketika semua cara diatas dirasa belum cukup berhasil mengembalikan warna kilap dashboard mobil Anda.

Tentunya dalam memakai opsi tersebut maka carilah orang yang memiliki pengalaman khusus dalam bidang ini serta gunakan cat berkualitas guna mendapatkan hasil warna dan detail dasboard yang mengkilau seperti baru.


2. Menggunakan Jasa Detailing

Jika tidak memiliki waktu untuk perawatan dalam kabin mobil, Maka Anda bisa gunakan jasa detailing terpercaya untuk menghitamkan kembali warna dashboard mobil yang kusam.

Jasa Deatailing mobil mempunyai trik jitu dalam mengkilapkan kembali warna dasboad mobil Anda.


3. Minyak zaitun

Minyak zaitun berguna untuk membantu menyamarkan, menghilangkan goresan serta memberi kilap hitam pada dashboard mobil Anda.

Caranya sangat mudah cukup dengan siapkan lap kering yang halus dan minyak zaitun, lalu sebelum memulai bersihkan dasboard mobil Anda terlebih dahulu dari debu, kotoran yang menempel.

Setelah itu baru Anda bisa tuangkan tetesan minyak zaitun ke lap tersebut dan Anda sudah bisa untuk menggosokann secara merata kedashboard mobil Anda.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa minyak zaitun mempunyai efek samping yaitu membuat dashboard mobil menjadi licin. Hal ini bisa diminimalisir dengan memakai secukupnya dan jangan berlebihan.


4. Carian rekomendasi khusus penghitam mobil

Selanjutnya Anda bisa menggunakan cairan rekomendasi khusus penghitam mobil. Cairan ini bukan pada toko detailing mobil. Sebelum membeli pastikan untuk mencari tau kandungan dan komposisi yang aman dan tidak merupsak lapisan dashboard mobil.

Penggunaanya cukup mudah, hanya dengan membersihkan terlebuh dahulu keseluruhan dasboard dengan menggunakan kanebo basah. Lalu teteskan cairan khusus itu pada lap kering yang bersih, kemudian Anda bisa menggosokannya pada keseluruhan secara merata. Lakukan hal tersebut secara berulang sampai bersih.


5. Semir sesuai rekomendasi

Selanjutnya dalam tahap menghitamkan dashboard mobil Anda bisa menggunakan semir. Pilihlah semir dengan rekomendasi khusus yang kandunganya tidak merusak lapisan jok menjadi terkelupas.

Sebelum memulainya, pastikan Anda bersihkan dahulu dashboard mobil secara menyeluruh dengan menggunakan lap chamois dalam keadaan basah.

Setelah itu Anda bisa semprotkan secara menyeluruh ke bagian dasboard kemudian menggosokan dengan menggunakan kain microfiber sangat halus. []

Baca Juga: Cara Guru SMAN 1 Subang Tingkatkan Literasi Siswa Selama PJJ

Berita terkait
Cara Memilih Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit
Memilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulit merupakan hal yang sangat penting agar riasan Anda tampak natural. berikut cara memilihnya.
Cara Pendaftaran Upacara Virtual HUT RI
Sekretariat Presiden juga akan memberikan hadiah bagi 200 orang pendaftar pertama yang akan mengikuti upacara virtual HUT ke-76 RI.
Cara Membuat Udang Telur Asin yang Bikin Ketagihan
Sebagian dari Anda mungkin bosan dengan olahan udang yang itu-itu aja, Berikut cara membuat dan bahan-bahan dalam mengolah udang telur asin.
0
Atlet Lari Belarus Dipaksa Pulang Dari Olimpiade Tokyo 2020
Atlet lari Belarus, Eropa, Krystsina Tsimanouskaya, mengaku dipaksa pulang setelah mengkritik federasinya secara terbuka