Tarif Investasi Otomotif, Menperin Pergi ke Jepang

Menperin Agus Gumiwang bertolak ke Jepang all-out untuk menarik investasi industri otomotif.
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto:Tagar/Kemenperin)

Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, bertolak ke Jepang untuk memenuhi undangan sejumlah principal industri otomotif, yakni Mitsubishi Motors, Honda, Toyota Motors, Suzuki, dan Mazda, dan serta beberapa rekan dari Kementerian Ekonomi dan Perdagangan Jepang (METI) dan Kantor Perdana Menteri Jepang.

"Kami akan all-out untuk menarik investasi. Kunjungan kali ini khusus untuk mengawal komitmen investasi baru sektor otomotif dan petrokimia. Dengan METI, kami akan menjajaki proses evaluasi dan tindak lanjut IJEPA dan New MIDEC," tutur Menperin di Tokyo, Rabu, 10 Maret 2021.

Agus Gumiwang, mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya mendorong realisasi komitmen investasi pada sektor manufaktur nasional. Dalam kunjungan kali ini, delegasi juga akan bertemu dengan Kaidanren, asosiasi yang beranggotakan 100 perusahaan di Jepang dan Japan Indonesia Association (Japinda).

Lebih lanjut, Menperin juga mendorong para investor Jepang untuk melakukan pengembangan kendaraan listrik atau electrified vehicles (EV) serta berupaya memperluas pasar ekspor produk otomotif Indonesia, khususnya untuk tujuan ke Australia.

Kami akan all-out untuk menarik investasi. Kunjungan kali ini khusus untuk mengawal komitmen investasi baru sektor otomotif dan petrokimia.

Yang pasti, Menperin akan menjelaskan UU Cipta Kerja pada pelaku industri, counterpart, dan menteri METI.

Kunjungan Menperin RI kali ini, adalah kunjungan kerja Menteri pertama di dunia yang diterima secara resmi oleh pemerintah Jepang semenjak negara tersebut menetapkan status State of Emergency. Ini, menunjukkan bahwa Indonesia merupakan partner bilateral yang sangat penting bagi Jepang. []

Berita terkait
Kemenperin dan BPOM Jalin Kerjasama Pacu Ekonomi Nasional
Kementerian Perindustrian menjalin kerjasama dengan BPOM. Industri pangan menjadi salah satu sektor dalam memacu pertumbuhan ekonomi nasional.
Kemenperin Jaga Pasokan Bahan Baku Garam
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya menjaga pasokan bahan baku garam yang dibutuhkan oleh berbagai subsektor industri.
Kemenperin Fasilitasi IKM Bersertifikat SNI
Kemenperin berupaya agar pelaku IKM mampu meningkatkan penjualan dengan jangkauan pasar yang lebih luas hingga ke mancanegara.
0
DPR: Bukan Salah Pemerintah Jika Pemberangkatan Haji 2021 Batal
DPR menilai, bila tahun ini pemberangkatan jemaah haji kembali batal seperti tahun lalu, bukan menjadi kesalahan pemerintah Indonesia.