UNTUK INDONESIA
Tanah Retak di Magelang Rusak Empat Rumah Warga
Tanah retak di Magelang merusak 4 rumah warga di Dusun Sabrang, Desa Wonogiri, Kajoran. Juga mengancam 4 rumah lainnya.
Rumah warga rusak akibat tanah retak di Dusun Sabrang, Desa Wonogiri, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. (Foto: BPBD Kabupaten Magelang)

Magelang - Tanah retak sepanjang sekitar 20 meter terjadi di Dusun Sabrang, Desa Wonogiri, Kecamatan Kajoran, Selasa 18 Februari 2020. Ada sedikitnya empat rumah yang mengalami kerusakan ringan dan sedang imbas dilewati retakan tersebut.

"Selain itu, ada empat rumah lainnya yang terancam tanah retak," jelas Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edi Susanto, Kamis, 20 Februari 2020.

Retakan ini terjadi setelah sebelumnya hujan mengguyur dengan intensitas sedang-lebat.

Edi mengatakan rumah yang dilewati retakan tanah rata-rata mengalami kerusakan di bagian dinding dan lantai bangunan. Muncul retakan dengan panjang bervariasi antara 2-40 sentimeter. Empat rumah itu dihuni 14 orang. Sedangkan rumah yang terancam retakan ditinggali 13 jiwa. 

"Retakan ini terjadi setelah sebelumnya hujan mengguyur dengan intensitas sedang-lebat," ucap Edi.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Magelang, kejadian serupa sebelumnya pernah terjadi pada 17 Januari 2019 dan telah dilakukan tindakan menutup retakan menggunakan tanah. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, masyarakat diminta lebih waspada ketika terjadi hujan lebat dalam tempo lama.

Edi menambahkan sedikitnya ada 11 kejadian bencana yang terjadi selama dua hari terakhir, 18-19 Februari 2020. Terdiri dari tujuh bencana tanah longsor, atap rumah roboh, retakan tanah, pohon tumbang, dan talud ambles. "Kejadian ini tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Kajoran, Kaliangkrik, Bandongan, dan Salaman," tuturnya

Sejauh ini, BPBD telah melakukan penanganan bersama dengan masyarakat, relawan, serta pihak-pihak terkait. Termasuk pengiriman bantuan logistik untuk kerja bakti. []

Baca juga: 

Berita terkait
Kreasi Survivor Menoreh Magelang Siaga Tanah Longsor
Tinggal di kawasan rentan tanah longsor membuat warga Menoreh, Magelang berkreasi membuat EWS sederhana. Seperti apa alat itu?
Longsor Tebing di Salaman Magelang Intai 33 Jiwa
Tebing longsor di Salaman, Magelang mengancam 33 warga di bawahnya. Opsi relokasi disiapkan.
Pohon Tumbang Tutup Jalan di Tiga Kecamatan Magelang
Hujan deras disertai angin kencang tumbangkan sejumlah pohon di Magelang. Imbasnya tiga jalan desa di 3 kecamatan yang beda sempat tertutup.
0
Ricuh Eksekusi Lahan di Maluku Tengah
Eksekusi lahan di Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis 5 Maret 2020, berakhir ricuh. Dua polisi luka terkena lemparan batu