UNTUK INDONESIA
Tak Ada Pegawai, Erick Thohir Ancam Likuidasi 3 BUMN
Tiga BUMN dengan kategori dead weight atau memiliki kinerja tidak maksimal terancam ditutup. Pasalnya, Menteri BUMN Erick Thohir tengah berbenah.
BUMN (Foto: Wikipedia).

Jakarta - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan kategori dead weight atau memiliki kinerja tidak maksimal terancam likiudiasi. Pasalnya, Menteri BUMN Erick Thohir tengah bersih-bersih agar perseroan pelat merah dalam negeri fokus untuk memperbaiki kinerjanya masing-masing.

"Kondisi tidak jelas dengan keuangan merosot itu yang kita akan petakan," ucap Erick di Kompleks Parlemen, Jakarta, kemarin seperti dilansir dari Antara.

Tiga perseroan dengan kategori dead weight, di antaranya PT Industri Sandang Nusantara, PT Kertas Kraft Aceh, dan PT Pengembangan Armada Niaga Nasional (PT PANN). Ketiganya dinilai tidak berkinerja maksimal namun masih memiliki aset.

"Kalau dianggurkan akan menjadi barang tidak berharga, bahkan pegawainya tidak ada. Kertas Kraft Aceh juga sama. Ini akan diputuskan apakah disehatkan, diperbaiki," tuturnya.

Mohon kerendahan hati kalau harus dilikudiasi.

Khusus untuk PT PANN, Erick mengatakan akan melakukan penggabungan dengan BUMN yang bergerak di sektor perhotelan. "Ke depan kita perbaiki, apalagi nanti ada holding hotel, nanti bisa digabungkan," ujarnya.

Baca juga: Erick Thohir Targetkan BUMN Setor Deviden Rp 49 T

Dengan persetujuan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Erick berencana memetakan 142 BUMN satu per satu. Paling tidak, menurutnya perlu waktu satu sampai dua bulan untuk menentukan masing-masing kategori.

Menurut dia akan ada empat kategori yang dihasilkan dari pemetaan, yakni BUMN yang fokus utama di bisnis, BUMN yang fokus pada bisnis dan layanan publik, BUMN yang hanya fokus pada layanan publik serta BUMN yang tidak memiliki fokus yang jelas bisnisnya.

Setelah dikategorikan barulah akan diputuskan nasib masing-masing BUMN. Tentunya, kata Erick setelah mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk merealisasikan rencananya tersebut.

"Mohon kerendahan hati kalau harus dilikudiasi," ucap dia. []

Berita terkait
Uang Nasabah Jiwasraya, Erick Thohir: Sedang Proses
Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen untuk menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Salah satunya, kepastian pembayaran polis.
Erick Thohir Pastikan Tutup Lima Anak Usaha Garuda
Menteri BUMN Erick Thohir berencana melikuidasi lima anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk (Persero), salah satunya PT Garuda Tauberes Indonesia.
Politisi Boleh Jadi Petinggi BUMN, Begini Kata Erick
Menteri BUMN Erick Thohir tidak mempermasalahkan penunjukan kader parpol sebagai komisaris perusahaan plat merah.
0
OJK Dorong Perbankan Percepat Transmisi Cegah Corona
OJK meminta perbankan mempercepat transmisi kebijakan stimulus untuk menangkal dampak virus corona terhadap perekonomian.