UNTUK INDONESIA
Erick Thohir Pastikan Tutup Lima Anak Usaha Garuda
Menteri BUMN Erick Thohir berencana melikuidasi lima anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk (Persero), salah satunya PT Garuda Tauberes Indonesia.
Cabin crew Garuda Indonesia. (Foto: traveller.com.au)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana melikuidasi atau menutup lima anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk (Persero), salah satunya PT Garuda Tauberes Indonesia.

"Ada lima anak perusahaan Garuda Indonesia yang sebenarnya siap di likuidasi. Hasil rapat direksi dan komisaris dengan kami, mereka (Garuda Indonesia) sudah mengusulkan, karena tidak ada manfaatnya," ujar Erick Thohir di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 20 Februari 2020 seperti dilansir dari Antara.

Rencana tersebut kata Erick, malah telah diusulkan Kementerian BUMN kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Sedang diusulkan kepada Presiden dan Menteri Keuangan untuk mandat tambahan kita bisa memerger dan melikuidasi," ucapnya.

Garuda IndonesiaMenteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) menggelar konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Kenapa ia perlu tambahan mandat, karena kata dia tambahan mandat bisa mempermudah pengambilan keputusan. Salah satunya BUMN yang bergerak di bidang pembiayaan kapal PT Pengembangan Armada Niaga Nasional (Persero) atau PT PANN.

"Mungkin bisa merger-kan ke yang lain," kata dia.

Baca juga: Politisi Boleh Jadi Petinggi BUMN, Begini Kata Erick

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aria Bima menyampaikan rencana likuidasi tidak boleh dilakukan asal-asalan.

Pihaknya meminta Kementerian BUMN untuk berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good corporate governance) dan pedoman perilaku (code of conduct) sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di setiap BUMN. []

Berita terkait
Erick Thohir Minta BUMN Investasi Energi Terbarukan
Menteri BUMN Erick Thohir mendorong perseroan pelat merah sektor energi untuk memulai investasi pada sumber energi terbarukan.
Sentil Telkom, Erick: Sayang Database Diambil Asing
Menteri BUMN Erick Thohir menyayangkan PT Telkom Indonesia Tbk yang belum dapat mentransformasikan diri sesuai dengan perkembangan bisnis era ini.
Dikalahkan Erick Thohir, PDIP Bela Ma'ruf Amin
Politikus PDIP membela Wapres Maruf Amin setelah dikalahkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.
0
Kapolda Aceh Akan Hantam Jika Dapat Penimbun Masker
Polda Aceh akan terus mengawasi para pedagang yang menimbun masker.