Survei DEEP: Popularitas Pradi-Afifah Ungguli Idris-Imam

Pasangan calon nomor urut 01, Pradi Supriatna-Afifah Alia unggul dalam hasil survei yang dirilis Democracy And Electoral Empowerment Patnership.
Pasangan calon Walikota dan Calon Wakil Walikota nomor urut 1 Pradi Supriatna-Afifah Alia. (Foto: Tagar/Depoknet)

Jakarta - Pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota nomor urut 1, Pradi Supriatna-Afifah Alia unggul dalam hasil survei yang dirilis lembaga Democracy And Electoral Empowerment Patnership (DEEP) belum lama ini. Pradi-Afifah unggul tipis atas Muhammad Idris-Imam Budi Hartono.

Dia mampu menempatkan diri di berbagai komunitas. Ulama, seniman, budayawan. Semua dirangkulnya.

Tren kenaikan popularitas dan elektabilitas Pradi-Afifah, dinilai tak mengejutkan. Selain didukung banyak partai dan ormas, narasi kampanye yang digagas Pradi-Afifah cukup cerdas dan menyentuh warga Kota Depok. Pernyataan ini disampaikan Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Kota Metropolitan (LKKM), Rahadian Wicaksana pada Rabu, 14 Oktober 2020.

Tagline “Suasana Baru, Semangat Baru”, atau hal-hal yang berbau perubahan cukup efektif menarik simpati publik. Hal ini, dibaca dengan cerdas oleh Pradi-Afifah sehingga publik makin simpatik. Selain itu, memang tak sedikit masyarakat Depok yang notabene ‘jenuh’ dengan kondisi kotanya. Baik dari sisi perkembangan kota, layanan publik, hingga inovasi kebijakan pemerintah.

“Terutama di media sosial ya. Narasi-narasi Depok butuh suasana baru, Depok stagnan, ganti rezim, itu cukup masif. Nah, pada titik ini sosok Pradi bisa mengkapitalisasinya,” ungkap Wicak. Di samping itu, sosok Pradi adalah putra asli Depok, ditambah kedekatannya dengan berbagai kalangan, mendongkrak elektabilitas dan popularitasnya.

“Dia mampu menempatkan diri di berbagai komunitas. Ulama, seniman, budayawan. Semua dirangkulnya,” tegas Wicak.

Sementara mengenai hasil survei, Direktur DEEP Indonesia, Yusfitriadi menjelaskan, metode pengambilan data dalam studi ini melalui survei dengan 12 pertanyaan sebagai instrumen pengambilan datanya. Pertanyaan survey dibuat dengan google form dan disebar melalui media sosial dan jaringan whatsapp group yang menjadi simpul sosial Kota Depok.

Dalam aspek popularitas, Pradi Supriatna lebih unggul dengan persentase 84,9 persen sedangkan pesaingnya Mohammad Idris memiliki popularitas 81,6 persen di kalangan masyarakat Kota Depok. [] 

Berita terkait
Mantan Wali Kota Depok: Pradi - Afifah Pasangan yang Pas
Mantan Wali Kota Depok Badrul Kamal berikan dukungan kepada Paslon nomor urut satu, Pradi Supriatna dan Afifah Alia.
Farabi “Putra A Rafiq”: Sosok Pradi Dibutuhkan Depok
Farabi A Rafiq mengatakan, Depok butuh pemimpin yang mampu berkomunikasi dan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
Profil Pradi dan Afifah Cawakot - Cawawakot Depok
Profil dari Pradi Supriatna dan Afifah Alia, calon pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok dengan nomor urut satu.
0
Mendagri: Belanja Pemerintah Tulang Punggung Pertumbuhan Ekonomi
Mendagri mengatakan, belanja pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan tulang punggung utama bagi pertumbuhan ekonomi nasional.