Untuk Indonesia
Suka Keju? Ayo Datang ke Gasibu Bandung
Festival makanan berbahan dasar keju digelar di Kota Bandung 7-8 September 2019, aneka kuliner berbahan keju meramaikan festival di Lapangan Gasibu
Suasana pengunjung dan pedagang di Festival Kuliner Kraft di Gasibu, Bandung 7 September 2019 (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Bandung - Ratusan pedagang kuliner menjual berbagai kreasi makanan berbahan keju di acara Festival Kuliner Kraft di Jalan Majapahit, Gasibu, Bandung, Jabar. Ada pedagang yang jual martabak dengan toping keju, sosis berbalut keju, kue balok dan kreasi makanan lainnya hingga aneka jenis minuman.

Acara bertema “Beragam Rasa Satu Keju” ini akan berlangsung selama dua hari 7-8 September 2019. Bagi yang ingin berwisata kuliner berbahan dasar atau toping serba keju, anda bisa mencoba datang ke Bandung. Tiket masuk gratis.

Salah seorang pedagang yang menyajikan kreasi makanan serba keju, Ina 35 tahun, menuturkan ia sangat senang ada acara Festival Kuliner Kraft ini. Dia menjual makanan berbahan dasar keju dan toping keju dengan nama “Keju In”. Ina berharap acara serupa bisa berlanjut lagi. Jadi tak berhenti hanya satu kali di Bandung.

“Senang ada acara ini, kita bisa berjualan di sini. Banyak pembelinya dari Bandung sampai dari kota lain yang sengaja ke sini,” Ina, Sabtu 7 September 2019.

Karena beragam dan banyak jenis makanan atau kreasi makanan keju dihidangkan dalam acara ini,  Museum Rekor Indonesia (MURI) pun memberikan anugerah untuk berbagai kuliner yang ikut acara festival.

Selain bisa berburu kuliner keju, pengunjung bisa mengikuti kegiatan kompetisi kreasi makanan. Ada juga talkshow bersama food blooger, dan menurut Panitia Acara Festival Kuliner Kraft akan ada sajian musik Rendy Pandugo pada malam harinya.

Ditemui usai acara penganugerahan dari MURI, President Director Mondelez Indonesia, Sachin Prasad, mengatakan Festival Kuliner Kraft ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus mewadahi para pedagang kuliner terutama UMKM di Jawa Barat untuk menyajikan beragam kreasi makanan berbahan dasar atau toping keju khas nusantara.

“Kraft ingin ikut berperan aktif dalam memperkaya cita rasa kuliner nusantara, dan berupaya menginspirasi masyarakat dalam memperkaya citra khas kuliner nusantara dengan kreasi makanan yang dipadukan dengan keju,” ujar Sachin.


kuliner keju2Senior Brand Manager Kraft Yelly Erawan (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Sementara itu, Senior Brand Manager Kraft, Yelly Erawan, mengatakan Bandung dipilih sebagai lokasi kota penyelenggaraan Festival Kuliner Kraft karena Bandung dinilai merepresentasikan kreativitas masyarakat yang dikenal kreatif dan Bandung juga dikenal sebagai surga wisata kuliner.

“Ini acara kali pertama kita, dan mudah-mudahan ke depan akan ada lagi. Dipilih Bandung (untuk yang pertama di Jawa Barat) karena Bandung, kota paling coock yang dikenal kota kreatif, dan kota surganya kuliner,” kata Yelly.

Selain mewadahi para pedagang kuliner festival ini juga untuk mendorong para pedagang kuliner bisa terus melakukan inovasi kreasi makanan baru terutama yang berbahan baku keju atau toping keju, termasuk dengan minumannya. “Jadi acara ini juga ada pembinaan untuk para pedagang. Kita mendorong makanan khas Indonesia bisa divariasikan dengan dicampur keju,” ujar Yelly.

Sementara itu, Nunu 20 tahun, mahasiswa salah satu universitas swasta di Bandung mengakui dia penasaran dengan acara festival. Apalagi dia penyuka jajanan yang berbahan dasar keju.

“Saya iseng ke sini karena lihat bacaan di depan ada Festival Kuliner Kraft. Saya masuk dan banyak makanan pakai keju. Saya senang, dan tadi sudah beli berbagai macam makanan yang banyak pakai toping keju,” ujarnya. []

Berita terkait
Barobbo, Kuliner Primadona dari Makassar
Salah satu yang makanan yang wajib dicoba adalah Barobbo, satu jenis penganan tradisional berbahan dasar jagung khas kota Makassar.
Enam Kuliner Maknyoss Asal Surabaya
Surabaya merupakan kota yang indah. Selain terkenal dengan sebutan kota pahlawan, kota ini juga memiliki beraneka ragam khas makanan.
Daging Kuda Kuliner Khas Jeneponto
Di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, daging kuda merupakan makanan favorit bagi masyarakat yang disajikan di setiap pesta atau acara kuliner
0
Polisi Selidiki Kebakaran TPA Sampah Makassar
Polisi dari Polrestabes Makassar saat ini sedang menyelidiki penyebab kebakaran TPA Antang Makassar