UNTUK INDONESIA
Suasana Malioboro Yogyakarta Menjelang Long Weekend
Wisatawan sudah mulai memadati Malioboro Yogyakarta saat long weekend Oktober 2020. Namun banyak wistawan yang belum patuh protokol kesehatan.
Seorang petugas Jogoboro membantu seorang wisatawan saat mengoperasikan scan QR Code di kawasan zonasi Malioboro Kota Yogyakarta. (Foto: Tagar/Instagram jogoboro_upt_malioboro)

Yogyakarta - Kawasan Malioboro mulai dipadati wisatawan seiring dengan adanya libur panjang dan cuti Maulid Nabi Muhammad SAW. Pengamanan dan pemantauan terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes) intensif dilakukan oleh petugas terkait. Sayang, dalam prakteknya masih sering ditemukan wisatawan yang tak mematuhi prokes tersebut di kawasan yang menjadi jujugan pelancong, terutama dari luar kota.

“Banyak (wisatawan) yang masih ngeyel tidak menerapkan prokes saat berada. Padahal sederhana lho, banyak yang lupa tak memakai maskernya dengan sempurna,” jelas Koordinator Lapangan Jogoboro, Endro Jatmiko, Rabu, 28 Oktober 2020.

Endro menjelaskan, saat berada di lapangan, dia dan rekan-rekannya di Jogoboro masih kerap mendapati sejumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan Malioboro tidak patuh dalam menerapkan protokol kesehetan. “Padahal di sini (Malioboro) ini kawasan wajib bermasker,” imbuh Endro.

Banyak (wisatawan) yang masih ngeyel tidak menerapkan prokes saat berada. Padahal sederhana lho.

Endro menyatakan, biasanya para pengunjung di kawasan tersebut setelah memasuki dan beraktivitas di seputaran Malioboro kerap kali lupa atau abai dengan imbauan prokes. Padahal, kepatuhan terhadap aturan itu merupakan kunci utama keberhasilan penanganan pandemi. “Alasannya macam-macam. Ya mesti sering-sering diingatkan lah,” tegas dia.

Jogoboro MalioboroSeorang petugas Jogoboro tengah menunjukkan arah kepada seorang wisatawan yang tampak kebingungan saat berada di kawasan Malioboro Kota Yogyakarta. (Foto: Tagar/instagram jogoboro_upt_malioboro)

Dia menyatakan, di masa pandemi seperti sekarang ini pihaknya akan fokus dalam mengawal penerapan protokol kesehatan di salah satu destinasi wisata favorit wisatawan tersebut. Dia menyebutkan, saat ini personel Jogoboro terdiri dari 110 orang. Sementara, petugas yang berjaga di lapangan biasanya sekirar 30 an orang di saat sore harinya. “Kami kan juga di bantu dengan teman-teman personel yang lain. Itu memang cukup terbantu,” kata Endro.

Baca Juga:

Lebih lanjut Endro juga akan memaksimalkan keberadaan pos scan QR Code yang merupakan sebuah alat untuk mendata para pengunjung yang berada di kawasan Malioboro. Peralatan ini oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dipasang di beberapa lokasi di kawasan itu.

Di masa Adaptasi Kebiasan Baru (ABK), pemerintah setempat membagi Malioboro menjadi lima zona termasuk kawasan titik nol guna membatasi jumlah pengunjung dan mencegah penyebaran Covid-19. “Fungsinya untuk pelacakan pengunjung jika terdapat temuan kasus corona,” imbuhnya.

Baca Juga:

Endro mengaku, pemkot sempat mengoperasikan pos scan QR Code sementara menyusul rusaknya peralatan tersebut imbas demonstrasi menolak Omnibus Law yang berujung ricuh pada 8 Okrober 2020. Saat ini dua dari lima zona di kawasan Malioboro telah dilengkapi peralatan tersebut. “Tapi sejak kemarin sudah dipasang lagi yang permanen,” kata dia.

Endro juga menerangkan selain belum lengkapnya fasilitas pos scan QR code di kawasan itu, petugas Jogoboro juga masih kekurangan alat pemindai suhu tubuh. Untuk mengatasi itu, pihaknya akan menggunakan alat pemindai suhu tubuh dari personel pengamana lain yang juga ikut berjaga di lapangan.

“Karena yang kemarin itu sudah rusak ada 10 alat. Karena memang tidak sanggup kalau dipakai terus-menerus. Karena memang alat itu kami pakai sejak Maret dan belum ada penambahan lagi sampai sekarang,” tandas dia. []

Berita terkait
Jukir Kota Jogja Nakal Saat Long Weekend, Hubungi Nomor Ini
Sesuai Perda tarif parkir per jam untuk motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Selanjutnya berlaku tarif progresif. Adukan jika tak sesuai ketentuan.
Beringharjo Yogyakarta Rapid Test Massal Sambut Long Weekend
Ratusan pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta mengikuti rapid test dalam menyambut long weekend yang diperkirakan dibanjiri wisatawan.
Daop 6 Yogyakarta Tambah Perjalanan KA Saat Long Weekend
Daop 6 Yogyakarta menambah perjalanan kereta api saat long weekend Oktober 2020. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi wisatawan yang membludak.
0
iPhone 13 Bakal Punya Penyimpanan Internal 1 Terabyte
Kemajuan teknologi kamera dapat menjadi acuan untuk Apple bisa menghadirkan varian penyimpanan internal 1 TB.